Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek atau Belum
Tips Mudah Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek atau Belum

Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek atau Belum

Kesehatan – Kenali cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum secara tepat sebelum Anda melakukan konsultasi dengan dokter. Pengetahuan ini untuk edukasi diri, terutama sebagai seorang perempuan agar dapat secara tepat melakukan perawatan setiap hari.

Perempuan yang belum menikah maupun sudah menikah mesti memperhatikan kebersihan serta kesehatan area vagina dengan berbagai alasan. Faktor penyebab kerobekan bukan hanya akibat berhubungan intim, namun juga bisa karena faktor lain, seperti kegiatan berat.

Apa Itu Selaput Dara

Selaput dara merupakan selaput tipis di sekitar area vagina, berupa cincin dengan bukan kecil. Setiap wanita harus tahu seperti apa cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum karena bagian dari keperawanan ini pastinya dimiliki semua wanita tanpa terkecuali.

Jurnal Reproductive Health mengatakan bahwa sampai saat ini fungsi bagian pada wanita ini belum diketahui fungsi biologisnya. Zaman dulu mungkin orang menganggap bahwa bagian dari vagina ini penentu seorang wanita masih perawan atau sudah tidak perawan.

Namun, seiring berkembangnya dunia pengetahuan, menilai keperawanan dari hal tersebut nyatanya tidak akurat. Berbagai kegiatan fisik yang berat, seperti berkuda, senam, dan berbagai jenis olahraga lainnya bisa menjadi sebab rusak serta robeknya bagian intim itu.

Lantas bagaimana cara melihat selaput dara? Kami akan membahasnya secara lebih rinci melalui pembahasan setelah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Miss V Keset Saat Berhubungan

Perubahan Pada Selaput Dara Sesuai Pertumbuhan

Indikasi sobek atau tidaknya selaput dara atau hymen tergantung pada bentuk yang dimiliki tiap wanita. Karena ada juga yang bentuknya elastis, meskipun sudah berhubungan intim sekian kali, hymen akan tetap utuh dan bisa kembali seperti semua setelah meregang.

Kemudian, jika selaput dara robek, apa yang terjadi? Banyak hal, mulai dari pendarahan dalam bentuk bercak, terasa nyeri dalam beberapa waktu, hingga tidak nyaman. Namun, selama tidak menimbulkan efek berbahaya maka semua bisa ditangani dengan kompres es.

Hymen pada wanita memiliki beberapa bentuk, diantaranya bulat penuh, adanya batas pada muara vagina, tidak beraturan, dan cribiformis. Semuanya normal, kecuali jika tidak berlubang maka butuh tindakan medis, seperti operasi.

Anda dapat melakukan cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum dengan tutorial yang akan kami bahas setelah poin ini. Pastikan tidak asal klaim keperawanan seorang wanita hanya karena tidak berdarah saat malam pertama.

Penyebab Robekan Pada Selaput Dara

Berhubungan intim sudah pasti atau bisa dikatakan merupakan penyebab terbanyak sobeknya bagian kewanitaan ini. Namun, ternyata selain itu ada banyak penyebab lainnya, seperti:

  1. Mengalami cedera sebab pernah mengalami benturan di area vagina
  2. Memiliki aktivitas berat, seperti berkuda dan bersepeda lalu dilakukan rutin
  3. Anda dapat menemukan bentuk selaput dara yang masih utuh atau tidak ketika terpaksa harus menggunakan peralatan medis pada vagina
  4. Latihan peregangan yang terlalu kuat juga bisa menjadi penyebab sobeknya bagian intim organ kewanitaan tersebut

Beberapa pendapat mengatakan bahwa penggunaan tampon saat menstruasi dapat menyebabkan robekan. Namun, setelah Anda membaca cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum ini, sepertinya anggapan tersebut bisa terbantahkan.

Tanda-Tanda Robeknya Selaput Dara

Melalui berbagai faktor, bagian intim pada wanita ini bisa sobek tanpa berhubungan intim terlebih dahulu. Untuk cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum secara tepat, Anda dapat mengunjungi dokter demi mendapatkan informasi akurat.

Namun, jika ingin melakukan observasi di rumah, Anda bisa mengenali dulu tanda-tandanya. Bagian intim kewanitaan ini biasanya jika sobek maka ditandai dengan kondisi berikut:

  1. Keluarnya darah berupa bercak ringan
  2. Perasaan sakit dan cenderung tidak nyaman pada area lubang vagina
  3. Kulit sobek pada bagian selaput sepanjang 1 hingga 2 cm ke area dalam vagina

Penyebab robeknya selaput dara bisa karena apa saja dan biasanya tidak disadari oleh wanita. Jadi, wajar saja jika kerobekan tersebut disebabkan oleh waktu, tanpa penyebab khusus tertentu.

Kenapa bisa dikatakan wajar sobek seiring waktu? Karena bagian tersebut akan meregang dengan sendirinya. Pada saat meregang itu, sobekan sedikit demi sedikit akan terjadi. Kemudian akan menyusut kembali secara bertahap pula.

Ada banyak cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum, baik diagnosa sendiri maupun pemeriksaan langsung ke dokter. Hal ini mesti diketahui pria beristri juga sehingga tidak asal tuduh ketika saat malam pertama, vagina istrinya tidak mengeluarkan darah.

Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek atau Belum

Anda dapat menempuh jalan singkat dan akurat dengan menemui dokter kandungan langsung ke rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk memastikan dan meyakinkan diri terkait kondisi area vagina Anda. Namun, Anda juga bisa memeriksa diri sendiri di rumah.

Silakan memilih, menemui dokter atau mempraktikan berbagai cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum berikut ini:

  1. Terlebih dahulu cuci tangan Anda sampai benar-benar bersih
  2. Ambil dan pegang cermin berukuran kecil kemudian pegang dengan satu tangan
  3. Duduk dan buka kaki dengan posisi mengangkang
  4. Oleskan pelumas alami sebagai alat bantu agar Anda merasa nyaman saat memasukkan jari ke vagina
  5. Pegang cermin yang telah disiapkan tadi kemudian letakkan sekitar area vagina dan arahkan cermin tersebut ke atas sampai Anda dapat melihat pantulan vagina dari cermin tersebut
  6. Cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum berikutnya adalah menggunakan salah satu jari untuk membuka bibir vagina atau labia
  7. Jika terlihat selaput tipis seperti bulan sabit maka artinya bagian keperawanan Anda belum sobek

Lalu, jika ternyata setelah memasukkan jari yang terasa adalah daging tidak beraturan tanpa hambatan maka dipastikan selaputnya telah sobek. Ingat, setelah mengetahui cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum ini, Anda tidak perlu panik.

Karena merupakan hal wajar ketika ternyata area keperawanan tersebut mengalami sobek tanpa perlu berhubungan intim. Terlebih, jika Anda kerap melakukan aktivitas berat serta melelahkan. Poinnya, ketika ada bercak darah dan nyeri maka segera kompres air dingin.

Mitos Seputar Selaput Dara

Ketahui mitos paling santer dari zaman dulu terkait bagian intim kewanitaan ini. Yaitu, perawan dan tidak perawannya seseorang ditentukan dari sobek tidaknya selaput dara. Dokter Putri Deva, dokter obgyn Indonesia mengatakan mitos itu sepenuhnya salah.

Yang benar adalah fungsi dari organ kewanitaan ini untuk menyaring kotoran, seperti debu agar tidak langsung masuk ke dalam vagina. Lalu, selaput dara itu seperti warna apa? Jawabannya merah muda bahkan hampir transparan.

Untuk kalian para wanita yang belum mengetahui warnanya, bisa mengambil referensi dari sumber akurat. Bagian kewanitaan ini akan berkembang seiring usia wanitanya. Jadi, semakin berumur maka selaputnya juga akan fleksibel merenggang atau membesar.

Ada banyak mitos harus ditepis terkait keperawanan, seperti salah satunya penggunaan tampon diklaim merusak keperawanan. Hal ini juga sepenuhnya salah karena ternyata bagian keperawanan ini tidak mutlak dimiliki semua wanita.

Kemudian fungsi dari tampon ini memang dapat merenggangkan bagian kewanitaan tersebut. Namun, sama sekali tidak membuat selaputnya rusak. Ada penjelasan ilmiah terkait cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum, jangan lagi percaya mitos. (www.alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan