Butuh Pinjaman Uang Mendesak ? Ini Solusi Yang Bisa Dilakukan

Finansial – Ada berbagai cara bisa dilakukan saat sedang butuh pinjaman uang mendesak. Kebanyakan orang pasti pernah merasakan sangat membutuhkan uang tapi bingung memperoleh pinjamannya dari mana.

Beberapa kondisi mendesak dimaksud beragam. Salah satunya anggota keluarga ada yang tiba-tiba kecelakaan dan membutuhkan banyak dana untuk perawatan di rumah sakit. Kondisi mendesak lainnya seperti pasangan atau saudara melahirkan.

Tentu saja konteks kondisi mendesak setiap orang berbeda-beda. Bagi Anda yang sedang mencari solusi mengatasi butuh uang mendesak, bisa menyimak berbagai cara sebagaimana pada pembahasan berikut.

Berbagai Solusi Bisa Dilakukan Saat Butuh Uang Mendesak

Akan lebih baik bila ketika mengalami kondisi membutuhkan uang mendesak, tidak langsung meminjam ke pinjaman online atau lembaga keuangan. Ada beberapa cara bisa Anda lakukan terlebih dahulu, diantaranya:

1. Menggadaikan Barang Berharga

Pastikan Anda benar-benar butuh pinjaman uang mendesak atau ada alternatif lainnya yang bersifat lebih ringan. Salah satunya, bila memiliki barang berharga, Anda bisa menggadaikannya.

Sistem gadai dilakukan oleh seseorang yang tidak ingin menjual barangnya, tapi sangat membutuhkan dana pada situasi tersebut. Beberapa barang berharga yang biasanya digadaikan berupa emas, kendaraan, rumah, laptop dan lain-lain.

2. Menjual Barang Tidak Terpakai

Solusi berikutnya, menjual barang-barang tidak terpakai di rumah. Daripada hanya menumpuk di gudang, bukankah lebih baik menjual barang-barang tidak terpakai tersebut? Bukan hanya merapikan gudang tapi juga mendatangkan uang.

3. Meminjam Uang Saudara atau Kerabat

Bila Anda benar-benar butuh pinjaman uang mendesak untuk bayar hutang atau keperluan penting lainnya, bisa meminjam saudara atau kerabat. Biasanya meminjam pada saudara tidak akan dikenai suku bunga dan jatuh tempo.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda bisa meremehkan pembayaran hutang tersebut. Sebaiknya, tetap memiliki komitmen yang tinggi untuk sesegera mungkin melunasi pembayaran hutang tersebut.

Jadi, nantinya ketika Anda butuh pinjaman uang lagi, mereka akan dengan senang hati memberikannya karena sudah percaya. Berbeda bila hutang lama tidak segera dibayar, ada kemungkinan mereka enggan memberikan lagi.

Baca Juga : Tempat Gadai ATM Terdekat

Ke Mana Ketika Butuh Pinjaman Uang Mendesak tapi Tanpa Adanya Jaminan?

Banyak orang bertanya-tanya, ke manakah kita bisa mendapatkan pinjaman uang saat mendesak tapi tanpa perlu adanya jaminan? Sebenarnya ada banyak tempat, tapi pada pembahasan berikut akan disebutkan khusus bank.

Ada beberapa bank yang melayani program kredit tanpa jaminan, tentu dengan persyaratannya masing-masing. Istilah lainnya, menyediakan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Bagi Anda yang sedang butuh pinjaman uang mendesak tanpa jaminan, bisa mencoba beberapa opsi bank ini:

1. BNI

Opsi bank pertama adalah BNI, tepatnya BNI Fleksi. KTA varian ini hanya diberikan kepada karyawan aktif dengan pendapatan tetap. Fungsinya untuk kebutuhan konsumtif yang tidak bertentangan dengan peraturan serta UU berlaku.

2. Permata Bank

Ketika butuh pinjaman uang mendesak dan ingin mengajukan di Permata Bank, harus memiliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun saat proses pelunasan kredit. Program KTA bank ini mempunyai limit sampai 300 juta.

Syarat lainnya, harus WNI, mempunyai e-KTP serta NPWP bila pengajuan dana mencapai di atas 50 juta. Sedangkan penghasilan tetap minimumnya senilai 3 juta setiap bulannya. Domisili areanya termasuk dalam cakupan wilayah penjualan permata KTA.

3. CIMB Niaga

Ada dua jenis pinjaman KTA CIMB Niaga, yaitu reguler dan payroll. Varian reguler bisa digunakan untuk Anda yang memerlukan dana cepat dan tidak perlu menjadi nasabah bank tertentu.

Sedangkan payroll khusus untuk karyawan yang memperoleh upah bulanan dari bank penyedia pinjaman. Proses payroll lebih cepat dan pencairan dana lebih besar. Jadi, saat solutif bagi yang butuh pinjaman uang mendesak.

4. Maybank

Maybank melayani program KTA dengan limit mencapai hingga 250 juta. KTA Maybank bisa dibayarkan dengan sistem mencicil tetap pada setiap bulannya dalam kurun waktu 3 hingga 5 bulan.

5. Danamon

Dana Instan dari Danamon menyediakan limit pinjaman hingga mencapai 200 juta. Mengenai informasi lebih lengkapnya terkait biaya cicilan per bulan, bisa Anda temukan pada laman resmi Danamon.

Simak Juga : Uang Bayar Saku Kartu ATM

Beberapa Aplikasi Penghasil Uang Ketika Sedang Butuh Uang Mendesak Hari Ini

Mau pinjam uang di mana ya? Sedangkan butuhnya hari ini tapi tidak memiliki banyak waktu bila harus menuju ke tempat peminjaman tertentu. Solusinya adalah memanfaatkan aplikasi yang dapat memberikan pinjaman uang, di antaranya:

1. Kredit Pintar

Aplikasi yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang butuh pinjaman uang mendesak hari ini adalah Kredit Pintar. Aplikasi ini sudah terdaftar OJK dan berada di bawah naungan PT. Kredit Pintar Indonesia.

Hanya dengan modal KTP dan rekening bank, dana cepat bisa diperoleh. Opsi tenornya mulai dari 14 hari hingga 3 bulan. Hanya dengan mengisikan data diri, menunggu proses verifikasi sampai selesai, dana tunai bisa langsung cair menuju rekening Anda.

Bila profil pengajuan bagus, Anda bisa memperoleh pinjaman dana hingga mencapai 8 juta. Walaupun proses pengajuan untuk dananya cepat, sekitar 10 menit langsung cair bila langsung ACC, nilai bunga pinjamannya cukup besar.

2. Rupiah Cepat

Aplikasi berikutnya adalah Rupiah Cepat yang juga sudah terdaftar OJK. Perusahaan yang menerbitkannya adalah PT. Kredit Utama Fintech. Bila Anda butuh pinjaman uang mendesak tanpa jaminan, aplikasi ini bisa masuk dalam opsi.

Limitnya mencapai hingga 10 juta dengan jangka tenor mencapai 3 bulan. Walaupun proses pencairan dana cepat, aplikasi ini memiliki bunga pinjaman yang sangat tinggi. Jadi, pertimbangkan lagi bila ingin menggunakan software satu ini.

3. Julo

Aplikasi terakhir adalah Julo, bisa memberikan pinjaman hingga mencapai angka 15 juta. Sama seperti aplikasi lainnya, untuk memperoleh uang tunai perlu mengisikan data diri, menunggu proses verifikasi. Kurun waktu memperoleh uang tunai kurang dari 28 jam.

Sebagai tambahan catatan, Anda harus benar-benar memahami sistem yang diterapkan oleh setiap aplikasi peminjaman online. Tujuannya supaya tidak kaget dan mengalami penyesalan di kemudian hari karena salah pilih.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang 25 Juta Dalam Sehari

Aplikasi Penyedia Lowongan Kerja Saat Perlu Uang Mendesak Hub Siapa Kita Tidak Tahu

Sedang perlu uang mendesak hub siapa tidak tahu? Tapi ingin memperoleh uang melalui aplikasi lowongan kerja? Ada beberapa aplikasi penyedia lowongan kerja yang mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda, di antaranya:

1. Fiverr

Fiverr merupakan platform yang bisa membantu Anda memperoleh penghasilan dengan cara memposting penawaran jasa. Bila sedang butuh pinjaman uang mendesak dan memiliki skill bidang tertentu, memanfaatkan aplikasi satu ini bisa dicoba.

Klien yang merasa tertarik akan menggunakan jasa Anda. Bila mereka puas, Anda akan memperoleh bintang serta review bagus. Bahkan ada kemungkinan mereka menggunakan jasa Anda lagi.

Jenis jasa yang bisa ditawarkan meliputi editing, kepenulisan, desain, pembuatan website serta videografi. Jadi, bisa disesuaikan dengan skill atau keahlian yang dikuasai.

2. Truelancer

Berikutnya, Truelancer, aplikasi yang bisa membantu Anda memperoleh pekerjaan sesuai dengan minat dan bisa dikerjakan di rumah. Tarif dan jenis pekerjaannya beragam. Bila Anda sedang butuh pinjaman uang mendesak, mencari pekerjaan di sini bisa dicoba.

Pilih, lalu pilah informasi pekerjaan mana yang cocok dengan skill dan minat Anda serta memberikan upah secepatnya mengingat untuk kebutuhan mendesak. Untuk memanfaatkan aplikasi ini perlu mengisikan data diri dan memasukkan portofolio.

3. Freelancer

Pada Freelancer, pengguna jasa akan memasang iklan dan para freelance atau pencari kerja bisa menawarkan diri untuk pekerjaan tersebut. Untuk memperoleh pekerjaan, Anda perlu membuat pesan yang mampu meyakinkan para pencari kerja serta portofolio.

4. Upwork

Aplikasi terakhir untuk mencari pekerjaan sampingan karena butuh pinjaman uang mendesak adalah Upwork. Melalui informasi berbagai jenis pekerjaan yang masih dibuka, Anda bisa memilih opsi paling cocok.

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang menyediakan informasi pekerjaan sampingan lainnya. Seperti, Sampingan, Meesho, Bilik Kerja, Panggilin dan lain-lain. Masing-masing memiliki kenyamanan pengoperasiannya tersendiri.

Bila Anda sangat butuh pinjaman uang mendesak, tidak ada salahnya bila bergabung dengan beberapa platform. Sebab, namanya apply pekerjaan tidak bisa di prediksi mana yang akan menerima portofolio Anda dengan lebih cepat.

Aplikasi Trading yang Bisa Dipakai Saat Butuh Pinjaman Uang Sekarang

Apakah ada aplikasi trading yang bisa dipakai saat butuh pinjaman uang sekarang? Mungkin banyak yang tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan ini. Jawabannya ada, tapi memang bukan aplikasi khusus trading.

Bila Anda sedang cari orang yang bisa meminjamkan uang tapi tidak juga menemukan padahal situasinya sangat mendesak, alternatif ini bisa dipertimbangkan. Salah satu aplikasi dimaksud adalah OVO.

Melalui OVO segala jenis transaksi bisa dilakukan, termasuk trading atau melakukan investasi dan meminjam uang. Bila butuh pinjaman uang mendesak dan ingin memanfaatkan dompet digital OVO, pastikan memenuhi persyaratannya.

Pemohon pinjaman harus sudah terdaftar memakai aplikasi akun OVO Premier. Mempunyai data valid berupa identitas resmi untuk memudahkan pengisian formulir pengajuan pinjaman, memiliki penghasilan tetap, statusnya sebagai karyawan.

Memiliki rekening bank atas nama pemohon yang tentunya masih aktif. Syarat terakhir, perusahan Anda bekerja harus sudah menjalin kerja sama dengan OVO model karyawan. Tata cara peminjaman uangnya sangat mudah, dimulai dengan masuk pada menu Finance.

Setelah itu, pilih menu employee capital, lanjutkan dengan menekan menu Start. Kemudian pilih menu OVO Modal, lalu tekan Mulai dan masukkan jumlah pinjaman sesuai keinginan. Bila sudah, pilih tenor sesuai yang disanggupi, ada 1, 2 dan 3 bulan.

Walaupun sedang butuh pinjaman uang mendesak bukan berarti asal pilih tenor, pertimbangkan dengan baik sebelum membuat keputusan. Anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai besar beban biaya selama kurun waktu peminjaman tersebut.

Bila sudah, tekan bagian Ajukan Pinjaman, lalu klik Lanjutkan. Informasi ketentuan dan syarat pengajuan peminjaman uang akan ditampilan, bila setuju tekan Daftar. Kemudian masukkan seluruh data diri yang diminta dan ikuti langkah-langkahnya.

Praktik Pinjaman Uang Mendadak Tidak Sesuai Syariah Penting Diperhatikan

Pinjam uang tanpa ribet di mana? Jawabannya sudah diuraikan pada pembahasan sebelumnya. Dari keseluruhan metode tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Alangkah baiknya bila mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan memilih metode yang mana.

Tapi, apakah Anda sudah tahu bahwa praktik pinjaman uang yang menyediakan untuk kebutuhan dadakan tidak semuanya sesuai syariah? Pinjaman syariah adalah jenis pinjaman dengan sistem pengembalian dana serta batasan waktu sesuai prinsip syariah.

Bila sedang butuh pinjaman uang mendesak tapi tetap ingin yang berbasis syariah, Anda bisa meminjamnya pada lembaga keuangan syariah, seperti bank syariah. Pada sistem syariah ini tidak mengenal istilah suku bunga seperti pada bank konvensional.

Adanya bunga ini dianggap sebagai riba pada pinjaman dengan sistem syariah. Sebagai gantinya, terdapat tiga prinsip syariah yang biasanya akan dipakai, antara lain:

1. Murabahah

Akad jenis ini memakai prinsip jual beli. Jadi, ketika Anda memerlukan pinjaman sejumlah 15 juta untuk membeli sepeda motor. Lembaga penyedia jasa pinjaman berbasis syariah akan membeli motor tersebut, lalu menjual kembali kepada Anda dengan harga 16 juta.

Jadi, ketika butuh pinjaman uang mendesak dan meminjam pada lembaga keuangan syariah tetap ada biaya tambahan. Selisih harga tersebut akan menjadi keuntungan yang diperoleh penyedia pinjaman sebagai sistem bunga.

2. Musyarakah Mutanaqishah

Akad selanjutnya adalah musyarakah mutanaqishah dengan sistem antara bank dan nasabah mempunyai peran sama yaitu menaruh modal dalam pembelian barang. Sebagai contoh, bank memberikan dana dengan persentase 60%, sedangkan nasabah 40%.

Di waktu mendatang, nasabah yang butuh pinjaman uang mendesak tersebut akan membeli porsi dari 60% kepemilikan bank tersebut. Inilah penyebab biaya pinjaman yang harus dibayarkan nantinya akan lebih besar.

3. Ijarah Wa Itiqna

Akad terakhir adalah ijarah wa itiqna, prinsipnya sewa menyewa dengan status kepemilikan berubah. Ketika butuh pinjaman uang mendesak berbasis syariah, supaya tidak dianggap riba bisa memakai jenis akad ini.

Contohnya, ingin mengajukan pinjaman untuk membeli sepeda motor. Penyedia layanan pinjaman syariah akan membeli sepeda motor tersebut, lalu melakukan sewa terhadap Anda selama kurun waktu tertentu sebelum bisa membeli serta mengganti kepemilikan.

Jadi, bila peminjaman dana tidak menggunakan ketiga prinsip akad tersebut, bisa dikatakan tidak sesuai syariah. Memang diperlukan kehati-hatian karena akad akan berdampak signifikan terhadap hukumnya.

Sebenarnya dalam agama Islam, hukum mengenai pinjaman syariah ini juga masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Sebab, masih menerapkan sistem yang digunakan oleh bank konvensional. Tapi, bisa menjadi solusi bagi yang butuh pinjaman uang mendesak.

Berlandaskan hukum Islam, meminjam uang ini diperbolehkan atau halal sebagaimana perkara hutang piutang. Tapi, tidak menerapkan bunga, melainkan menggunakan sistem bagi hasil.

Inilah Doa yang Bisa Dipanjatkan Saat Butuh Uang Sekarang

Sebenarnya ada banyak doa yang bisa dipanjatkan saat butuh uang sekarang. Kondisi sedang memerlukan dana mendesak memang memerlukan usaha, entah itu dengan meminjam orang lain atau menjual barang berharga.

Tapi, supaya memberikan hasil lebih optimal, perlu diiringi dengan doa. Ketika butuh pinjaman uang mendesak dan sudah mengusahakan terbaik tapi belum juga menemukan jawaban, Anda bisa mengamalkan dzikir pelunas hutang, berikut bunyinya:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ , أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Bisa dilihat bahwa isi bacaan tersebut adalah tasbih dan istighfar. Rasulullah pernah menganjurkan sahabatnya yang sedang terlilit hutang untuk membaca bacaan tersebut antara terbit fajar serta salat subuh sebanyak 100 kali.

Dzikir berikutnya bisa diamalkan saat mengalami banyak masalah hidup, dilanda kegundahan serta impitan hidup. Jadi, ketika Anda butuh pinjaman uang mendesak yang merupakan salah satu permasalahan hidup bisa mengamalkannya. Bunyi dzikir tersebut yaitu:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Lalu, dilanjutkan dengan:

نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Dzikir tersebut memiliki makna cukuplah hanya Allah tempat berserah diri, sebaik-baiknya pelindung serta sebaik-baiknya penolong. Jadi, bisa dikatakan bahwa maknanya menunjukkan kepasrahan.

Tapi, pasrah yang dimaksud tentu saja setelah melakukan ikhtiar. Ketika sudah berikhtiar dengan maksimal dan berdoa, pasti Allah akan memberikan solusi terbaik bagi hamba-Nya.

Kesimpulannya, Anda bisa menerapkan salah satu atau lebih cara yang sudah disebutkan bila sedang membutuhkan sejumlah dana. Tapi, walaupun butuh pinjaman uang mendesak bukan berarti terburu-buru untuk membuat keputusan, pertimbangkan berbagai hal, termasuk bunga.

Tinggalkan Balasan