Cara Menghitung Simulasi Kredit Mobil Berbagai Metode
Tips Mudah Cara Menghitung Simulasi Kredit Mobil Berbagai Metode

Cara Menghitung Simulasi Kredit Mobil Berbagai Metode

Otomotif – Bagi banyak orang, mencari informasi tentang simulasi kredit mobil yang akan dibeli menjadi salah satu prioritas. Baik itu kendaraan berjenis baru atau bekas, bila dibeli dengan sistem kredit berarti pembayarannya dicicil.

Melalui sistem ini, Anda tidak harus menyiapkan budget besar secara langsung untuk memperoleh kendaraan. Tapi, proses pelunasannya dilakukan secara bertahap atau diangsur setiap bulannya.

Mengenai besarnya angsuran tergantung dari merk dan lamanya pelunasan. Bila ingin mengetahui cara menghitung simulasi kredit untuk mobil berbagai merk dengan beragam metode, Anda bisa menyimak pembahasan berikut.

Baca Juga : Bisnis Astraotoshop

Pembahasan Tentang Pengertian Simulasi Kredit Mobil

Apa sebenarnya pengertian dari simulasi kredit pada mobil? Kalkulasi biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya saat mengajukan kredit mobil, baik ke bank, perusahaan pembiayaan maupun lembaga pinjaman jenis lainnya.

Dalam simulasi ini bisa Anda temukan skema cicilan, termasuk juga sistem serta proses yang berhubungan dengan kewajiban pengeluaran biaya oleh kreditur. Bila membahas tentang simulasi, tidak hanya untuk satu atau dua merk kendaraan saja.

Ada berbagai merk bisa diketahui kalkulasi atau penghitungan biayanya. Pada intinya, melalui simulasi, kreditur dapat mensimulasikan cicilan yang harus dibayarkan pada setiap periode jatuh tempo.

Pada simulasi kredit mobil, terdapat berbagai biaya yang harus dihitung dan penting dipahami. Meliputi, harga kendaraan, besar DP atau uang muka, durasi cicilan atau tenor, nominal pokok, bunga setiap tahunnya, biaya provisi, jumlah cicilan, premi asuransi serta administrasi.

Akan semakin ringan cicilan bila semakin panjang tenor yang dipilih. Tapi, akan semakin besar total biaya yang harus dikeluarkan bila dijumlahkan dari awal proses pencicilan sampai lunas.

Sekarang ini sudah banyak website yang menyediakan fitur simulasi online kredit kendaraan. Untuk tampilan isi informasi, akan berbeda antara situs satu dengan lainnya. Walaupun demikian, sebenarnya penerapan skema penghitungannya secara umum sama.

Anda bisa memanfaatkan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan opsi produk paling tepat serta gambaran biaya yang sesuai dengan kondisi keuangan. Baik itu uang muka maupun angsuran untuk setiap bulannya.

Inilah Beberapa Syarat Pengajuan Simulasi Kredit untuk Mobil Baru

Akan berbeda tentu saja simulasi kredit mobil baru dengan bekas. Perbedaannya secara signifikan dari segi harga. Bila Anda tertarik membeli mobil baru dengan cara kredit, pastikan memenuhi beberapa syarat pengajuannya, meliputi:

1. Minimal Batas Usia 21 Tahun

Kreditur harus sudah berusia minimal 21 tahun. Jadi, tidak diperkenankan bagi seseorang dengan usia di bawah 21 tahun untuk melakukan kredit kendaraan ini. Sedangkan maksimal usia saat proses mencicil selesai yaitu 55 tahun.

2. WNI

Persyaratan pengajuan simulasi kredit mobil berikutnya, harus WNI atau Warga Negara Indonesia. Hal ini karena jangka waktu kredit bisa dikatakan cukup lama, bahkan mencapai hingga 5 tahun. Jadi, tidak diperkenankan bagi WNA yang tinggal sementara di Indonesia.

3. Memiliki Penghasilan Tetap Setiap Bulannya

Persyaratan terakhir, memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Hal ini menjadi syarat yang ditetapkan oleh para penyedia layanan kredit untuk menghindari kemacetan saat proses pembayaran.

Jadi, seseorang dengan pekerjaan tertentu yang memiliki penghasilan tidak tetap setiap bulannya tidak bisa mengajukan kredit. Misalnya seperti kontributor, freelancer atau jenis lainnya.

Bukan hanya mengetahui penghitungan atau simulasi kredit mobil saja yang penting menjadi perhatian. Anda juga perlu memahami beberapa dokumen persyaratan dalam proses pengajuan.

Diantaranya fotokopi KTP, fotokopi KK, slip gaji, fotokopi surat izin usaha bila profesinya wiraswasta, transaksi rekening tiga bulan terakhir serta fotokopi NPWP. Mengenai persyaratan dokumen lebih lengkapnya, bisa Anda tanyakan langsung kepada pihak penyedia mobil kredit.

Memahami Cara Perhitungan Kredit Mobil Sebelum Membelinya

Sangat penting memahami cara perhitungan kredit kendaraan sebelum membelinya. Dengan memahami caranya, Anda bisa memiliki persiapan matang dalam membeli mobil. Paling penting, Anda sudah tahu tipe kendaraan apa yang ingin dibeli.

Kemudian, mempertimbangkan aspek lainnya, seperti harga mobil, suku bunga dan biaya lainnya, seperti asuransi. Supaya lebih paham terkait penghitungan simulasi kredit mobil secara manual, akan diuraikan penjelasannya dalam bentuk soal cerita.

Anwar ingin membeli mobil baru yang memiliki harga Rp. 300.000.000 dengan persentase uang muka 40% dari harga kendaraan. Durasi tenor yang diambil Anwar 4 tahun, sedangkan suku bunga flatnya sebesar 3%. Berapa besar cicilan mobil yang harus dibayar Anwar setiap bulannya?

Beragam rumus yang dipakai dalam penghitungan kredit mobil diantaranya:

  1. Plafon pinjaman (jumlah yang sebenarnya harus dibayarkan) = harga mobil baru – uang DP
  2. Angsuran pokok setiap bulan = plafon pinjaman : tenor (jangka waktu peminjaman)
  3. Angsuran bunga setiap bulan = (plafon pinjaman x besar suku bunga) : 12
  4. Jumlah total cicilan setiap bulan = angsuran pokok setiap bulan + angsuran bunga setiap bulan

Dari rumus tersebut, Anda bisa melakukan penghitungan atau simulasi kredit mobil secara manual sebagai berikut:

  1. Plafon pinjaman = Rp. 300.000.000 – Rp. 120.000.000 = Rp. 180.000.000
  2. Angsuran pokok setiap bulan = Rp. 180.000.000 : 48 = Rp. 3.750.000
  3. Angsuran bunga setiap bulan = (Rp. 180.000.000 x 3%) : 12 = Rp. 5.400.000 : 12 = Rp. 450.000
  4. Jumlah total cicilan setiap bulan = Rp. 3.750.000 + Rp. 450.000 = Rp. 4.200.000

Jadi, besar cicilan mobil yang harus dibayar Anwar setiap bulannya adalah Rp. 4.200.000. Walaupun ada banyak situs simulasi kredit mobil yang bisa di akses dengan mudah lewat mesin pencarian, mengetahui metode penghitungan secara manual tidak ada salahnya.

Sebab, nantinya Anda bisa mengetahui bahwa nilai yang tertera pada website asalnya dari mana. Apalagi bagi pemula atau yang masih awam mengenai sistem pembayaran kredit, biasanya masih mempertanyakan hasil estimasi harga cicilan per bulan dari mana.

Cara Menghitung Simulasi Kredit untuk Mobil Bekas

Cara menghitung simulasi kredit mobil bekas juga menggunakan rumus seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Secara umum, terdapat tiga komponen biaya yang dihitung, meliputi cicilan pokok, bunga serta biaya lain seperti asuransi dan administrasi. Berikut uraian selengkapnya:

1. Plafon Kredit

Untuk memperoleh nilai plafon kredit, Anda perlu mengetahui uang DP dan harga mobilnya. Minimal besar uang muka biasanya 20 persen dari harga mobil. Plafon kredit merupakan selisih harga mobil dengan uang DP.

Salah satu contohnya, untuk simulasi kredit mobil yang memiliki harga Rp. 90.000.000 dengan DP 30%. Jumlah DP berarti 30% x Rp. 90.000.000 sama dengan Rp. 27.000.000. Bisa dihitung nilai plafonnya Rp. 90.000.000 – Rp. 27.000.000 = Rp. 63.000.000.

2. Bunga yang Harus Dibayarkan

Rumus bunga yang haru dibayar yaitu nilai pokok x (bunga x tenor) : 100. Bila diketahui suku bunganya untuk setiap tahun sebesar 6% dengan tenor 2 tahun atau 24 bulan, berarti jumlah bunga yang harus dibayarkan Rp. 63.000.000 x 6 x 2 : 100 = Rp. 7.560.000.

Angsuran bulanan = (plafon + bunga yang harus dibayarkan) : tenor = (Rp. 63.000.000 + Rp. 7.560.000) : 24 = Rp. 2.940.000. Jadi, angsuran yang harus dibayarkan pada setiap bulannya senilai Rp. 2.940.000.

3. Premi Asuransi serta Biaya Administrasi

Pada simulasi kredit mobil juga ada kemungkinan ada biaya premi asuransi dan biaya administrasi. Misalnya jumlah premi 8% setiap tahunnya dengan biaya administrasi sebesar Rp. 400.000.

Penghitungan premi 8% x Rp. Rp. 90.000.000 = Rp. 7.200.000. Total biaya pembayaran pertamanya menjadi uang DP + Angsuran Bulanan + Premi + Administrasi = Rp. 27.000.000 + Rp. 2.940.000 + Rp. 7.200.000 + Rp. 400.000 = Rp. 37.540.000.

Cara Mengetahui Simulasi Kredit untuk Mobil Menggunakan BCA Finance

Sangat mudah melakukan simulasi kredit mobil BCA baru maupun bekas. Anda bisa langsung mengakses laman bcafinance.co.id/simulasi-kredit. Kemudian masukkan data sesuai dengan kendaraan yang ingin dicari, cermati contoh langkah-langkah berikut supaya lebih paham:

  1. Masukkan harga kendaraan yang ingin dicari, yaitu Rp. 500.000.000.
  2. Masukkan persentase uang muka yaitu 40%, akan secara otomatis muncul nilai Rp 200.000.000.
  3. Pilih opsi jenis asuransi yang diinginkan, ada comprehensive, combine dan TLO. Pada contoh langkah kali ini akan dipilih opsi comprehensive.
  4. Pilih zona wilayah, ada Sumatra dan sekitarnya, lain-lain serta Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Sebagai contoh, memilih opsi Jakarta, Jawa Barat dan Banten.
  5. Tekan tombol Hitung Simulasi. Akan muncul berbagai pilihan, baik angsuran di muka atau di belakang. Informasi pada simulasi kredit mobil yang akan tampil berupa tenor, total DP, angsuran serta tombol apply. Salah satu contoh hasilnya, untuk angsuran di muka tenor 1 tahun, total DP Rp. 242.329.000 dengan angsuran Rp. 26.978.000.

Mengenai harga, sifatnya estimasi, sehingga bisa berubah kapanpun menyesuaikan kebijakan. Sudah dicantumkan keterangan tentang minimal persentase DP untuk kendaraan baru sebesar 20%, sedangkan varian lama 30%.

Cara Menghitung Simulasi Kredit untuk Mobil yang Ditawarkan Syariah Mandiri

Bank Mandiri Syariah atau BSM menawarkan pembayaran cicilan kendaraan berbasis syariah yang menjamin angsuran ringan. Maksimal simulasi kredit mobil angsuran yang bisa dilakukan yaitu selama 5 tahun atau 60 kali pembayaran.

Nama produk pembiayaan mobil yang ditawarkan Mandiri Syariah bernama oto berkah. Skema akad yang dipakai adalah murabahah. Untuk mengetahui simulasi kredit mobil syariah yang ditawarkan Mandiri Syariah, Anda harus mengetahui informasi terbarunya.

Seperti kita tahu bahwa harga kendaraan itu mudah berubah. Anda bisa mengakses laman bsioto.muf.co.id untuk melakukan simulasi mobil baru maupun bekas. Pilih opsi produk atau merk sesuai dengan keinginan, sesuaikan area tinggal dan pertimbangkan harga.

Masukkan informasi data yang diminta, seperti persentase DP dan domisili. Konversi dalam bentuk rupiah akan otomatis ditampilkan. Tekan tombol hitung, lalu informasi simulasi kredit mobil akan tampil, mencakup tenor, total pembayaran pertama serta angsuran per bulan.

Cara Menghitung Simulasi Kredit untuk Mobil Bekas Melalui Adira

Anda bisa mengunjungi laman www.adira.co.id bila ingin melakukan simulasi pembayaran dengan metode mencicil untuk mobil bekas melalui Adira finance. Setelah mengakses situs tersebut, akan tampil beberapa menu pilihan, tekan bagian mobil bekas.

Kemudian inputkan harga dan pilih acuan perhitungan. Mengenai harga, sudah tertera informasinya minimal Rp. 20.000.000. Sedangkan mengenai opsi acuan perhitungan, ada dua meliputi total pembayaran pertama dan angsuran perbulan.

Ketika memilih total pembayaran pertama, akan muncul kolom biaya. Anda harus mengisinya dengan catatan minimal pembayaran pertama sejumlah 30% dari harga mobil bekas. Bila sudah, pilih area dan Anda bisa menekan tombol simulasi kredit mobil tersedia.

Pada contoh kali ini akan diinputkan harga kendaraan bekasnya sejumlah Rp. 80.000.000 dengan DP 40%. Jadi, pembayaran pertamanya sejumlah Rp. 32.000.000. Akan muncul berbagai opsi dengan masing-masing informasi biayanya.

Sesuai dengan angka yang sudah diinputkan, terlihat ada 5 opsi. Semuanya memiliki nilai total pembayaran yang sama, yaitu Rp. 32.000.000. Sedangkan jangka waktu serta angsuran setiap bulannya berbeda-beda.

Jangka waktunya mulai dari 12, 24, 36, 48 hingga 60 bulan. Sedangkan angsuran per bulannya, secara berurutan sesuai dengan jangka waktu yaitu Rp 4.855.196, Rp 2.786.364, Rp 2.121.276, Rp 1.780.571, Rp 1.594.928.

Penghitungan Simulasi Kredit untuk Mobil Merk Toyota

Sebenarnya simulasi kredit mobil merk Toyota itu beragam, menyesuaikan dengan jenis layanan yang digunakan. Salah satunya, Anda bisa melakukan simulasi dengan mengakses laman finance.toyota.astra.co.id/.

Ada berbagai varian bisa dipilih, sebagai contoh sedan new vios. Masukkan informasi kota, persentase jumlah DP, coverage asuransi, pembayaran asuransi serta paket service. Untuk contoh, akan dimasukkan Jakarta Timur, 30%, comprehensive 2 tahun + TLO 4 tahun.

Opsi pembayaran asuransi dengan cara dicicil dengan paket service NO. Untuk mulai melakukan simulasi kredit mobil Toyota, Anda bisa menekan tombol calculate. Kemudian informasi untuk varian E M/T, G CVT dan G M/T akan muncul.

Informasi tertera mencakup tenor sejumlah 72 bulan, TDP serta angsuran per bulan. Bisa dilihat pada tabel menunjukkan harga antara 1-2, 3-4 dan 5-6 berbeda-beda. Biaya semakin meningkat untuk setiap dua tahun berikutnya.

Penghitungan Simulasi Kredit untuk Mobil Varian Honda

Terakhir, adalah penghitungan simulasi kredit mobil untuk varian Honda. Anda bisa melakukannya dengan cara mengakses situs hondasonic.co.id/simulasi-kredit. Bila sudah, terapkan langkah-langkah berikut:

1. Pilih jenis kendaraan, sebagi contoh akan diinputkan Honda Brio.
2. Pilih tipe kendaraan sesuai dengan yang Anda inginkan, misalnya New Brio RS MT.
3. Pilih persentase DP. Beberapa opsi tersedia mulai dari 15%, 20%, 25% hingga 30%. Misalnya, 30%, maka akan muncul nilai otomatis di bagian harga OTR yaitu Rp 217.600.000.
4. Tekan tombol hitung dan informasi simulasi kredit mobil Honda akan muncul.

Informasi yang ditampilkan berupa total DP dan cicilan bulanan sesuai dengan tenor. Durasi tenor mulai dari 12, 24, 36, 48 hingga 60 bulan. Sesuai dengan contoh data yang diinputkan, akan muncul total DP senilai Rp. 70.130.000.

Berdasarkan simulasi kredit mobil, cicilan bulanan secara berurutan dimulai dari tenor terendah yaitu Rp. 14.210.762, Rp. 7.900.630, Rp. 5.838.546, Rp. 4.848.559 dan Rp. 4.285.135. Bisa dilihat bahwa cicilan akan semakin ringan bila durasi tenor semakin panjang.

Tapi, bila di kalkulasi secara keseluruhan, tenor paling sedikit akan lebih menghemat budget. Bila ingin melakukan pengajuan, Anda bisa menekan tombol apply tersedia. Harga tertera sudah termasuk biaya administrasi serta asuransi all risk.

Terkait rincian harga yang tampil sifatnya tidak mengikat dan bisa berubah kapan saja. Ada istilah harga OTR pada langkah-langkah tersebut. OTR atau on the road merupakan jenis kendaraan yang dijual sudah dalam keadaan sudah terdaftar di berbagai pihak terkait.

Sedangkan harga OTR pada proses simulasi kredit mobil tersebut mengartikan bahwa harga kendaraan sudah termasuk pajak dan beragam dokumen. Jadi, harga OTR merupakan total harga keseluruhan yang harus dibayar untuk memperoleh kendaraan serta berbagai dokumennya.

Akan ada berbagai istilah yang mungkin asing bisa ditemukan pada sistem cicilan kendaraan ini. Alangkah baiknya bila Anda memiliki referensi mengenai istilah-istilah tersebut sebelum melakukan simulasi supaya tidak terlalu bingung.

Jangan heran bila saat melakukan proses perhitungan antara penyedia layanan sistem kredit satu dengan lainnya memberikan tarif berbeda. Walaupun simulasi kredit mobil berbeda untuk setiap penyedia layanan, tapi sama-sama memberikan informasi tentang biaya yang harus dibayarkan.

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan