Bisnis Astraotoshop
Review Bisnis Astraotoshop

Bisnis Astraotoshop, Rekomendasi Usaha Suku Cadang kendaraan

Otomotif – Pernahkah Anda mendengar tentang bisnis Astraotoshop? Bisnis ini mengusung konsep online di mana mengikuti perkembangan aktivitas jual beli yang mulai menggunakan perangkat gadget.

Banyak sekali jenis produk yang dibeli oleh masyarakat melalui cara online. Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari sampai suku cadang kendaraan atau spare parts. Berkembangnya kebutuhan masyarakat membuat banyak perusahaan turut melakukan inovasi.

Salah satu inovasi yang memenuhi kebutuhan masyarakat untuk belanja suku cadang kendaraan secara online ialah Astraotoshop. Terobosan baru ini bukan sekedar membantu memenuhi keperluan namun juga bisa menjadi peluang bisnis.

Apa yang dimaksud dengan Bisnis Astraotoshop ?

Seperti yang Anda tahu, aktivitas belanja sekarang ini banyak menggunakan gadget. Cukup melakukan belanja online, produk yang diperlukan akan diantar sebagai paket. Pelanggan hanya perlu menunggu produk sampai di rumah.

Kehadiran online shop dan e-commerce membuat masyarakat semakin dimudahkan dalam memenuhi keperluan sehari-hari. Misalnya saja membeli pakaian, minuman, makanan, aksesoris rumahan, dan lain sebagainya.

Bahkan, membeli suku cadang kendaraan atau spare parts juga dapat dilakukan secara online melalui Bisnis Astraotoshop. Astraotoshop sendiri ialah salah satu bisnis yang menawarkan beragam onderdil kendaraan.

Anda bisa memperoleh beragam jenis suku cadang, baik itu untuk motor maupun mobil. Produknya sendiri dikeluarkan oleh Astra Otoparts yang sudah terkenal akan kualitasnya. Fasilitas ini mampu menghadirkan kemudahan bagi para konsumen Astra Otoparts.

Bisnis Astraotoshop terdekat ini diluncurkan sebagai langkah dalam mengikuti perkembangan zaman di mana hampir seluruh aktivitas manusia dijalankan secara online. Pihak yang menaungi bisnis ini ialah PT Ardendi Jaya Sentosa.

PT Ardendi Jaya Sentosa ialah anak perusahaan dari PT Astra Otoparts (AOP) yang bergerak dalam bidang manufaktur dan distribusi suku cadang kendaraan di tanah air. Mungkin Anda sendiri sudah kerap mendengar nama perusahaan tersebut.

PT Astra Otoparts Tbk ialah grup perusahaan populer di tanah air yang sudah ada sejak tahun 1976. Sejak berdirinya, perusahaan ini fokus pada produksi dan distribusi beragam spare parts kendaraan.

Perusahaan besar ini membidik pasar pabrikan otomotif (OEM) dan pasar suku cadang pengganti (REM). Mengingat sudah lamanya perusahaan berdiri, dapat dipastikan kualitas produknya.

Perusahaan yang mempunyai Astra Otoparts website ini tentu berkemampuan engineering handal. Bahkan, nama perusahaan ini sudah masuk dalam Bursa Efek Jakarta. Hal ini juga menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap merek tersebut.

PT Astra Otoparts Tbk mempunyai jaringan distribusi luas. Tersedia 2 kantor penjualan, 52 dealer utama di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian ada 12.000 pengecer yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Astraotoshop

Setiap e-commerce pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. Begitu pula dengan e-commerce besutan PT Ardendi Jaya Sentosa. Berikut ini beberapa kelebihan dari aplikasi penyedia beragam onderdil kendaraan.

1. Mempunyai Dua Fitur Unggulan

Bisnis Astraotoshop menyediakan dua fitur unggulan yang menarik untuk dicoba. Fitur pertama ialah penjualan suku cadang. Jadi, konsumen bisa dengan mudah menemukan beragam onderdil yang diperlukan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Fitur lainnya ialah pembelian dan pemasangan suku cadang sekaligus melalui 730 outlet shop & drive yang ada di seluruh Indonesia. Jadi, konsumen hanya perlu melakukan pemesanan dan waktu pemasangan onderdil secara online.

Astra Otoparts Shop & Drive ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh end user atau konsumen. Namun, juga oleh pihak lain seperti bengkel, distributor dan penyedia kebutuhan spare parts melalui program B2B (business to business).

2. Pilihan Produk Lengkap dan Berkualitas

Keunggulan berikutnya ialah tersedia beragam pilihan suku cadang kendaraan, misalnya saja ban, aki, kampas rem, filter, shock absorber dan lain sebagainya. Seluruhnya merupakan produk dengan kualitas terbaik.

Anda bisa memperoleh produk dari merek populer. Misalnya saja ASPIRA, Aspira Exposio, Aspira Premio, Federal Parts, Shell Helix Astra, GS Astra, Akebono, Incoe, KYB dan Pirelli.

3. Sederhana, Mudah dan Nyaman

Keunggulan selanjutnya ialah kemudahan dalam memperoleh produk. Cukup mencari melalui ponsel tanpa perlu pergi ke berbagai toko untuk mendapatkan suku cadang yang diperlukan.

4. Harga Bersaing

Anda tidak hanya bisa memperoleh harga standar untuk suku cadang. Namun juga ada harga promo bisnis Astraotoshop hingga flash sale. Bahkan ongkos kirim juga dapat disesuaikan. Jadi, harganya tidak akan memberatkan konsumen.

5. Tersedia Informasi Produk

Aplikasi ini juga menyediakan informasi lengkap terkait produknya. Jadi, konsumen bisa memahami dengan jelas terkait suku cadang yang ingin dibeli. Tidak hanya menawarkan informasi melalui deskripsi produk, namun juga dari link website.

6. Pilihan Metode Pembayaran

Astraotoshop menyediakan pilihan pembayaran dengan mengikuti perkembangan teknologi. Tersedia pembayaran melalui sistem cashless, misalnya saja debit, kredit dan gopay. Apabila ingin membayar melalui Alfamart atau transfer ATM juga bisa.

Lantas, adakah kelemahan dari Astraotoshop ini? Kelemahannya ialah hanya tersedia produk genuine dari PT Astra. Tidak tersedia produk dari perusahaan atau brand lainnya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Harga Pasaran Mobil Bekas

Panduan Memulai Bisnis Astraotoshop

Hampir mirip dengan e-commerce lain, Astraotoshop juga mempunyai sistem tersendiri. Namun, cara untuk memulai bisnis ini tergolong mudah. Anda dapat mengikuti sejumlah langkahnya di bawah ini.

1. Mengunjungi Situs Resmi

Langkah paling awal dari tutorial ini ialah mengunjungi situs resmi dari e-commerce tersebut. Yakni dengan mengunjungi astraotoshop.com. Jangan sampai keliru ketika memasukkan alamat e-commerce. Namun bisa melihat informasi di instagram Astraotoshop.

2. Membuat Akun dan Log In

Lanjutkan tutorial ini dengan membuat akun. Hal ini dilakukan jika Anda baru pertama kali menggunakan e-commerce ini. Nantinya perlu mengisi identitas secara lengkap dan benar.

Pastikan untuk tidak mengarang terkait identitas ini. Pastikan hanya menggunakan identitas asli Anda. Ketika mengisi identitas di dalam website jangan lupa untuk cek kembali untuk menghindari kesalahan pengetikan.

Apabila Anda sudah pernah menggunakan layanan ini sebelumnya, maka tidak perlu membuat akun lagi. Cukup melakukan bisnis Astraotoshop log in menggunakan akun yang sudah ada.

3. Menuju Halaman Khusus Produk

Apabila akun sudah diverifikasi oleh e-commerce dan aktif, maka Anda dapat melanjutkan tutorial dengan menuju halaman www.astraotoshop.com/spare-parts. Anda bisa memilih suku cadang yang diperlukan.

4. Memanfaatkan Fitur Filter

Apabila Anda ingin lebih mudah lagi dalam menemukan suku cadang, manfaatkan saja fitur filter yang tersedia. Silahkan sesuaikan filternya dengan keperluan Anda.

5. Check Out

Apabila sudah memilih seluruh suku cadang yang diperlukan, Anda bisa melakukan check out. Cara akhir ini mirip dengan e-commerce lainnya. Mungkin Anda tidak akan merasa asing jika sudah pernah mencoba e-commerce lainnya.

Ketika membeli suku cadang di bisnis Astraotoshop, Anda tidak hanya bisa memanfaatkannya untuk diri sendiri. Anda dapat menjualnya kembali kepada konsumen sehingga menghadirkan keuntungan tersendiri.

Jadi, e-commerce ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan suku cadang Anda sendiri. Namun dapat menjadi fasilitas untuk membeli suku cadang secara mudah dan praktis lantas menjualnya kembali.

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Astraotoshop

Mengingat kembali penjelasan di atas, ada banyak sekali keuntungan apabila menggunakan Astarotoshop. Baik itu untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun menjadikannya ladang bisnis.

Meskipun memulai bisnis Astraotoshop tergolong mudah, cepat dan praktis, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jadi, tidak langsung memulainya begitu saja. Ini beberapa poin yang wajib diperhatikan terlebih dahulu.

1. Mempelajari Jenis Produk

Ketika ingin memulai bisnis apa saja, Anda wajib mempelajari produknya terlebih dahulu. Tentu sangat tidak disarankan apabila seorang penjual belum mengenal produk yang dijualnya.

Produk Astra sendiri sebenarnya sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, Anda juga perlu mempelajari produknya secara lebih detail. Sehingga dapat menyampaikan informasi yang diperlukan oleh pembeli.

Informasi penting terkait produk biasanya berupa keunggulan dan kelemahannya. Jadi, pembeli dapat mempertimbangkan ingin membeli produk mana sesuai dengan keperluan. Pembeli pasti juga akan merasa lebih nyaman jika bisa berkonsultasi dengan penjual.

Selain itu, tatkala mengetahui informasi detail mengenai produk, Anda bisa memberi saran tambahan kepada pembeli. Misalnya terkait suku cadang tambahan yang sebaiknya dibeli.

2. Mempelajari Syarat dan Ketentuan Pembelian

Hal lain yang wajib diperhatikan sebelum memulai bisnis Astraotoshop ialah mempelajari syarat dan ketentuan terkait pembelian produk di e-commerce tersebut. Sehingga proses pembeliannya nanti berjalan dengan lancar.

Terutama ketika ingin menjadi distributor. Jangan sampai proses pemesanan maupun pembelian suku cadang terhambat hanya karena tidak mempelajari syarat dan ketentuan pembeliannya.

3. Merancang Promosi

Setiap bisnis pasti akan memerlukan promosi. Bisa berupa promosi offline maupun online. Melalui promosi, Anda dapat mengenalkan ke calon pembeli mengenai suku cadang yang dijual.

Tanpa adanya promosi, tentu tidak banyak orang yang tahu bahwa Anda sedang menjalankan bisnis Astraotoshop. Akan tetapi, promosinya juga jangan dilakukan secara sembarangan. Karena nantinya jadi kurang efektif.

Anda dapat mempelajari berbagai jenis promosi yang sedang populer. Misalnya saja promosi melalui media sosial. Jadi, lebih mudah untuk menarik minat calon pembeli.

Aspek Hukum yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Astraotoshop

Mirip dengan e-commerce lain, Astraotoshop juga mempunyai aspek hukum tersendiri. E-commerce ini tergolong salah satu bentuk perjanjian waralaba. Perjanjian waralaba sudah diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007.

Waralaba sendiri ialah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha mengenai sistem bisnis. Ciri khas dari perjanjian ini ialah usahanya berupa memasarkan barang atau jasa di mana sudah terbukti sukses.

Perjanjian waralaba disepakati oleh dua pihak, yakni pihak pemberi dan penerima waralaba. Setiap pihak dalam perjanjian waralaba ini mempunyai hak dan kewajibannya masing-masing.

Ketika berkaitan dengan bisnis Astraotoshop, pihak pemberi waralaba ialah PT. Astra Otoshop. Lantas, apa kewajiban dari perusahaan pemberi waralaba ini? Kewajibannya cukup banyak.

Yakni menghadirkan prospektus penawaran waralaba. Kemudian juga menyediakan pelatihan dan bimbingan operasional kepada pihak penerima waralaba. Jadi, pihak penerima bisa menjalankan bisnisnya sesuai harapan pihak pemberi waralaba.

Lantas, apa saja kewajiban dari penerima waralaba? Kewajiban utamanya ialah membayar biaya waralaba kepada pihak pemberi waralaba. Besaran biaya ini bisa berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Jadi, ketika ingin memulai bisnis Astraotoshop, Anda wajib mempertimbangkan aspek hukum terkait waralaba ini. Karena hukumnya tentu berbeda dengan membeli produk biasa dari perusahaan lantas menjualnya kepada masyarakat.

Pastikan Anda membaca perjanjian waralaba secara teliti. Sehingga bisa tahu apa saja hak yang akan diperoleh dari pihak pemberi waralaba. Kemudian juga dapat memenuhi kewajiban sebagai penerima waralaba.

Perjanjian yang dibutuhkan Terkait Bisnis Astraotoshop

Karena menjalin kerja sama dengan Astraotoshop berupa perjanjian waralaba, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Beberapa hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007.

1. Nama dan Alamat Para Pihak

Ketika ingin memulai usaha waralaba, maka perlu menyiapkan nama dan alamat para pihak, baik itu pihak pemberi waralaba maupun pihak penerimanya. Sehingga terdapat kejelasan mengenai identitas kedua pihak.

2. Jenis HKI

Selanjutnya perlu menyiapkan jenis HKI. HKI ialah Hak Kekayaan Intelektual misalnya terkait merek dagang. HKI ini dilindungi secara hukum, sehingga pihak pemberi maupun penerima waralaba tidak akan ada yang menyalahgunakannya.

3. Kegiatan Usaha

Kegiatan usaha dalam perjanjian waralaba harus jelas. Ketika melihat penjelasan di atas, sepertinya sudah tampak cukup jelas mengenai kegiatan usaha dalam bisnis Astraotoshop

4. Hak dan Kewajiban Para Pihak

Hak dan kewajiban para pihak harus ada dalam setiap perjanjian waralaba. Sehingga masing-masing pihak mempunyai panduan dalam menjalankan waralaba. Apabila salah satunya melanggar hak atau kewajiban, maka bisa dilakukan tindak lanjut.

5. Bantuan, Fasilitas, Bimbingan Operasional, Pelatihan dan Pemasaran yang berikan oleh Pihak Pemberi Waralaba kepada Pihak Penerima Waralaba

Seperti sudah disebutkan di atas, pihak pemberi waralaba wajib memberikan bantuan, fasilitas, bimbingan operasional, pelatihan dan pemasaran kepada pihak penerima waralaba. Kewajiban ini wajib dipatuhi.

6. Wilayah Usaha

Ketika memulai bisnis Astraotoshop, Anda juga perlu menyiapkan wilayah usahanya. Setiap bentuk wirausaha juga pasti mempunyai cakupan wilayah tersendiri. Tentu tidak bisa memulai usaha dengan langsung menjangkau wilayah sangat luas.

7. Jangka Waktu Perjanjian

Sebuah perjanjian memang umumnya mempunyai jangka waktu, bisa beberapa bulan sampai beberapa tahun. Begitu pula dengan perjanjian waralaba dengan PT Astra Otoparts.

8. Tata Cara dalam Pembayaran Imbalan

Setiap perusahaan umumnya menghadirkan tata cara tersendiri terkait tata cara pembayaran imbalannya. Ketika menjalin perjanjian waralaba, maka harus jelas seperti apa tata cara pembayaran imbalannya.

Masih ada beberapa poin penting lainnya seperti kepemilikan, perubahan kepemilikan dan hak ahli waris. Kemudian ada pula poin penyelesaian sengketa. Terakhir ialah poin tata cara perpanjangan, pengakhiran dan pemutusan perjanjian.

Cara Download dan Instal Astra Otoshop Bisnis APK

Bisnis Astraotoshop merupakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Astra Otoparts untuk menghadirkan pengalaman belanja online bagi pelanggan. Sehingga tidak harus keluar rumah untuk memperoleh produk original dan berkualitas tinggi.

Bisnis yang lebih fokus pada suku cadang ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menemukan produk. Tidak tercampur dengan produk jenis lainnya seperti pakaian, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Bisnis Astraotoshop tergolong aplikasi resmi yang tersedia di Google Play Store. Jadi, cara instal aplikasi ini tergolong mudah untuk dilakukan. Ikuti saja tutorial untuk mengunduh dan menginstall aplikasinya berikut ini.

1. Mengunjungi Google Play Store

Pertama-tama, Anda dapat mengunjungi aplikasi Google Play Store pada smartphone. Lantas, temukan aplikasi dari Astra Otoparts ini. Anda bisa memasukkan kata kunci pada kolom pencarian.

Sebelum mulai mengakses Google Play Store, ada baiknya cek jaringan internet terlebih dahulu. Pastikan sinyalnya kuat, lancar dan stabil. Jadi, nanti prosesnya bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

2. Unduh

Apabila sudah menemukan aplikasi bisnis Astraotoshop, maka langsung saja klik “unduh” seperti biasa. Tidak jauh berbeda dengan cara mengunduh aplikasi android lainnya. Tunggu sampai proses unduhan aplikasinya selesai.

3. Install

Langkah selanjutnya ialah langsung saja klik “Install”. Pastikan proses unduhannya sudah selesai ketika ingin klik pilihan “Install”. Nantinya aplikasi akan terpasang pada perangkat begitu selesai proses install.

4. Cek di Menu

Anda bisa cek aplikasinya pada menu smartphone. Apabila sudah tersedia pada smartphone, Anda dapat mulai menggunakan aplikasinya di mana saja dan kapan saja.

Biasanya ketika ingin membeli suku cadang kendaraan perlu mengunjungi toko khusus. Namun, tidak jarang stok sedang kosong sehingga mencari lagi ke toko lainnya. Namun, sekarang bisa mengandalkan aplikasi bisnis Astraotoshop. (SA)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan