Salah Satu Kegunaan IMEI Adalah Apa? Simak Di Sini!

Tahukah Anda apa sih salah satu kegunaan IMEI adalah sebagai identitas khusus untuk menerangkan atau identifikasi terhadap sebuah ponsel atau smartphone. Mungkin informasi ini masih sangat asing di pandangan beberapa masyarakat.

Nomor dari IMEI tersebut biasanya memiliki 14 digit dan masih ditambahkan lagi satu digit yang memiliki kegunaan sebagai proses verifikasi ulang dari keseluruhan nomor atau digit sebelumnya.

Sedangkan nomor digit tersebut seringkali digunakan untuk memeriksa sejumlah informasi dari masing-masing ponsel itu sendiri. Tentu saja ponsel tersebut harus asli seperti buatan pabrik sebelumnya.

Bisa dikatakan bahwa IMEI tersebut merupakan identitas rersmi yang dipunyai oleh beberapa ponsel. Sedangan nomor tersebut juga seringkali digunaakn sebagai GSM untuk memberikan identifikasi perangkat.

Oleh sebab itu, IMEI ini tidak hanya berguna sebagai cara mengidetifikasi saja, melainkan juga dapat digunakan sebagai cara melakukan bloor kepada ponsel yang telagh hilang. Sehingga tidak tersambung ke jaringan manapun.

Baca Juga : HP Dengan Stylus Pen Murah

Salah Satu Kegunaan IMEI adalah Cara Identifikasi Ponsel, Bagaimana Cara Ceknya?

Jika Anda sudah mengetahui apa itu kegunaan IMEI, alangkah baiknya harus mengetahui tentang bagaimana melakukan ceknya. Dengan begitu, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Apabila cek ini menggunakan dealer, maka pengguna hanya perlu memasukan kode *#06#. Begitu sudah tekan, maka akan muncul apa yang sedang menjadi tujuan Anda. Nomor tersebut adalah nomor IMEI ponsel pengguna.

Menggunakan cara seperti ini merupakan langkah paling mudah dan umum di kalangan pengguna sebelumnya. Jadi, sebagian pengguna yang paham tentang EMEI kerap menggunakan langkah seperti ini.

Selain itu, Anda juga dapat memerikan nomor EMEI tersebut melalui sistem pengaturan pada ponsel. Langkahnya sendiri begitu mudah, di mana pengguna hanya perlu membuka menu setting, lalu mencari tentang telepon.

Biasanya menu tersebut bisa Anda temukan di urutan paling bawah halaman pengaturan. Begitu sudah masuk ke menu tersebut, maka bukan phone statur dan cari tentang informasi nomor IMEI tersebut.

Alasan mengapa banyak terdapat nomor IMEI tersebut pada sebuah ponsel dikarenakan banyaknya penjualan ponsel ilegal di pasar gelap. Pengguna pasti pernah mendengar istilah blabk market, ya sejenis itu.

Dengan adanya nomor IMEI tersebut, setidaknya calon konsumen sudah mengetahui terlebih dahulu apakah ponselnya lagal atau tidak. Apabila sudah diketahui legal, maka Anda boleh langsung membeli dan memilikinya. (SA)

Simak Juga : Cara Menerima SMS Tanpa Kartu Sim