Bedakan Sistem Pembayaran Batch System dan Wholesale Payment
Mari Kita Bedakan Sistem Pembayaran Batch System dan Wholesale Payment

Bedakan Sistem Pembayaran Batch System dan Wholesale Payment

Finansial – Alkisahnews.com. Banyak orang merasa bingung ketika harus bedakan sistem pembayaran batch system dan wholesale payment. Kebingungan ini sendiri bukan muncul karena keduanya mirip. Itu karena, perbedaan dari keduanya sangat jelas.

Hanya saja kedua istilah tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat. Ketidaktahuan inilah yang membuat pemahamannya menjadi lebih sulit. Perlu diketahui, Anda sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui kedua istilah tersebut.

Itu karena, memahaminya merupakan hal yang mudah. Nantinya ini akan sangat membantu ketika ada yang meminta Anda untuk jelaskan prinsip dasar sistem pembayaran. Itu karena, hal ini merupakan sesuatu yang pokok dalam dunia sistem pembayaran.

Bingung Cara Bedakan Sistem Pembayaran Batch System dan Wholesale Payment? Ini Perbedaannya

Ada banyak hal yang bisa diulas jika ingin mengetahui perbedaan dari dua hal tersebut. namun di antara banyaknya hal yang bisa dibahas tersebut, terdapat beberapa poin yang terkesan paling pokok.

Pada kesempatan kali ini, poin pokok itulah yang akan diulas. Ini dilakukan supaya Anda lebih mudah ketika memahami perbedaan antara kedua sistem pembayaran tersebut. Oleh karena itu, berikut ulasannya secara lebih rinci.

Sedang Trending :  Uang Bayar Saku Kartu ATM ? Ini Penjelasannya

1. Batch System

Dari namanya saja, batch system merupakan konsep pembayaran yang sangat jelas. Ini biasanya terasa ketika Anda menggunakan kartu kredit. Inti dari batch system adalah pelunasan banyak tagihan dalam satu waktu.

Perlu diingat, pembayaran kartu kredit Anda sebenarnya berasal dari banyak transaksi. Pada konsep ini, Anda bisa melihat rincian dari setiap transaksi tersebut dan langsung membayarnya sekaligus. Inilah yang disebut dengan batch system.

2. Wholesale Payment

Sistem pembayaran wholesale payment sendiri adalah konsep yang lebih besar. Ini biasanya terjadi pada transaksi berskala besar seperti antar bank. Pada konsep ini, jumlah transaksi sangat besar dan harus diselesaikan sesegera mungkin.

Waktu sesegera mungkin ini sendiri biasanya sesuai dengan kesepakatan. Hanya saja, pembayaran tersebut normalnya wajib dilakukan sejak hari itu juga. Urgensi pembayaran inilah yang menjadi ciri utama dari wholesale payment.

Pahami sistem pembayaran tersebut sebelum benar-benar aktif ke dunia keuangan. Apabila anda aktif di dunia keuangan hanya saja sistem semacam ini tidak dipahami, kesulitan pasti terasa. (SA)