Andromax E2
Andromax E2

Andromax E2, HP Smartfren Android Murah Dikelasnya

Bagi Anda yang mencari HP murah tapi masih bagus di kelasnya, mungkin Smartfren Andromax E2 Indonesia bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. HP ini diunggulkan oleh Smartfren sebagai salah satu Android terbaik di kelasnya. Produk Smartfren ini dirilis pada tahun 2016 dengan versi lain.

Dilihat dari desain luarnya, HP ini sangat simpel dengan layar LCD Capacitive ukuran 4,5 inci. Dari bentuknya, Anda bisa melihat HP Android berbentuk kotak persegi. Resolusi gambar yang bisa dilihat ialah FWVGA atau 480p dan itu sudah sangat bagus dikelasnya pada tahun 2016.

Andromax E2 memiliki saudara yaitu E2+ dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi. Untuk harga keduanya, kita akan membahasnya nanti setelah mengetahui spesifikasinya. Smartfren memiliki banyak varian HP dengan spesifikasi yang berbeda-beda namun kualitas unggulan.

Tentu saja semua HP produk Smartfren ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Spesifikasi ini bisa jadi salah satu kelebihan yang tidak bisa diremehkan dari Android produksi Smartfren. Dulu, HP ini sempat viral dan dicari banyak orang karena spesifikasinya sudah mumpuni.

Baca Juga : Aplikasi Andromax Tools

Spesifikasi HP Android Smartfren Andromax E2

Sebelumnya sudah disebutkan, HP menggunakan layar LCD Capacitive 4,5 inci. Resolusi gambar 854 x 480 pixel atau 480p (FWVGA). Layarnya dapat menampilkan dukungan 16 juta warna. Anda bisa dapatkan layar berkualitas untuk menonton, karena saat itu masih bernilai tinggi.

Perlindungan layar tidak ada, hal ini sangat disayangkan untuk HP keluaran 2016. Andromax E2 menggunakan dua SimCard dengan satu slot di belakang. Baterai masih removable dan memakai Li-Ion 2000 mAh dengan daya tahan mencapai 18 jam pemakaian biasa.

Sistem operasinya Android v5 Lolipop yang pada saat itu lebih bagus dari HP dikelasnya. Chipset menggunakan Qualcomm Snapdragon 212 MSM 8909, CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 32 bit. Kualitas itu sudah melebihi ekspektasi pencinta HP Android keluaran tahun 2016.

Andromax E2 menggunakan GPU Adreno 304 dengan penyimpanan 8Gb dan Ram 1Gb. Tersedia juga tambahan memori microSD up to 32Gb di dalam. Pengecasan HP ini menggunakan Micro USB c2.0 yang pada saat itu masih umum menggunakan spesifikasi tersebut.

Spesifikasi lain seperti kamera belakang 5 Megapixel Autofokus dan kamera depan 5 Megapixel LED Flash. Sebagai Android yang terbaik di kelasnya, LED flash di depan jadi daya tarik tersendiri. Untuk spesifikasi produk buatan Smartfren lengkapnya, Anda bisa lihat data di bawah ini.

Andromax E2 Full Spesifikasi :

  1. Jenis layar : LCD, dengan dukungan 16 juta warna
  2. Bentang layar : 4.5 inch, dengan resolusi 854 x 480 pixel (FWVGA)
  3. Perlindungan layar : Tidak ada
  4. Penyimpanan Internal : 8 GB
  5. Slot Penyimpanan Eksternal : Ya, microSD hingga 32 GB
  6. GPS : Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS
  7. Sensor : Accelerometer, Light, Proximity
  8. Kamera Belakang : 5 Megapixel autofocus
  9. LED Flash Andromax E2 : Ya
  10. Kamera Depan : 5 Megapixel, dengan LED Flash
  11. Sistem operasi : Android v5 Lollipop
  12. Chipset : Qualcomm Snapdragon 212 MSM8909
  13. CPU : Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 32-bit
  14. GPU : Adreno 304
  15. RAM : 1 GB
  16. WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
  17. USB : Ya, microUSB v2.0
  18. NFC : Tidak ada
  19. Bluetooth : Ya, v4.0
  20. Radio : FM Radio
  21. Baterai : Li-Ion 2000 mAh, Removable
  22. Tipe SIM Card : Micro SIM, dengan dukungan Dual SIM
  23. Dukungan Jaringan : 2G CDMA/GSM, 3G EVDO Rev A, 4G LTE
  24. Fitur Lainnya : Smart screen, DTS Sound

Simak Juga : Download Aplikasi Andromax Tools C3 KitKat

Harga Andromax E2+ dan Versi Biasa

Selain versi biasa, produk Smartfren juga ada yang versi Pro atau lebih bagus. Versi lebih baik ini dinamakan E2+ yang spesifikasinya melebihi versi biasa. Untuk harga perbandingannya tidak jauh sehingga Anda bisa membeli versi unggulnya E2+ langsung agar dapat untung banyak.

Harga yang ditawarkan untuk produk baru Andromax E2 ialah Rp 860.000,-. Harga produk baru itu sudah sesuai dengan nilai pasar tahun 2016. Harga terbarunya bisa Rp 700.000.- dan harga bekas E2 bisa dibanderol dengan Rp 350.000,- menyesuaikan penjual HP bekas.

Lalu untuk versi plus yaitu E2+, Anda bisa dapatkan dengan harga Rp 1.200.000,-. Harga tersebut sudah net tahun 2016 keluaran baru dan saat ini mungkin harganya sudah turun. Harga terbaru bisa turun di posisi Rp 900.000,- dan harga bekas E2+ hanya Rp 500.000,- saja.

Anda bisa menentukan sendiri ingin menentukan Andromax E2 atau E2+ karena bedanya tidak terlalu jauh. Dengan perbedaan 100ribu saja, Anda sudah dapat varian yang lebih komplit dan mewah. Sebagai Hp Android terbaik di kelasnya, Andromax tidak akan mengecewakan Anda.

Varian lain yang ditawarkan Smartfren untuk Anda ialah Andromax A dengan spesifikasi di bawah. Kelebihan Smartfren ialah selalu menciptakan produk yang harganya tidak berbeda jauh. Jadi diri konsumen bebas memilih varian yang mana karena semuanya memiliki kualitasnya sendiri.

Baca Juga : Aplikasi Root Andromax A

Cara Unlock Andromax E2 untuk All Simcard

Salah satu kelebihan Andromax Smartfren ialah bisa di unlock atau dibuka dual GSM Card semua operator. Anda bisa pasang provider apa saja di HP ini dengan membuka kuncinya terlebih dulu. Untuk informasi lebih jelas mengenai cara membukanya, Anda bisa lihat keterangan di bawah ini.

1. Apa itu Unlock GSM All SimCard?

Pada dasarnya Andromax tidak bisa dipakai untuk semua GSM karena hanya untuk kartunya saja yaitu Smartfren. Namun di balik itu semua, ada cara yang bisa Anda gunakan untuk buka penghalang tersebut. Unlock GSM All SimCard Andromax E2 ialah cara yang disarankan.

Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa memasang kartu apa saja di dalam HP. Untuk bisa membuka kunci SimCard, Anda harus ikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Gunakan bahan yang dibutuhkan dan persiapkan HPnya juga untuk dimodifikasi kunci SimCard.

2. Syarat Unlock 4G GSM All SimCard

Root Andromax E2 untuk menjadikan programnya aktif dan siap modifikasi. Anda bisa unduh TWRP Andromax dan simpan ke dalam berkas modifikasi. Unduh dan install QuickShortcut di Playstore untuk membantu proses root tanpa menggunakan komputer.

Setelah diunduh, buka aplikasi QuickShortcut, pilih pembaruan dan masuk ke data modifikasi sebelumnya. Install data TWRP yang ada di folder tersebut dan proses root Anda berhasil. HP siap dimodifikasi untuk dibuka all SimCard dengan proses yang bisa dilihat di bawah.

3. Unlock 4G GSM All SimCard

Setelah memiliki TWRP, sekarang Anda bisa memodifikasi Andromax E2. Pertama unduh file Unlock GSM Andromax, lalu letakkan di memori penyimpanan eksternal. Matikan HP Anda, nyalakan dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.

Setelah itu Anda akan masuk ke recovery mode TWRP. Jika perlu Anda lakukan backup data terlebih dahulu agar berkas bisa dimunculkan kembali. Untuk melanjutkan, pilih menu install di TWRP dan cari file UnlockGSM yang sudah diunduh sebelumnya ke memori eksternal.

Tunggu sampai proses instalasi selesai dan jangan dibenahi ketika HP berada di posisi itu. Di sini Anda harus bersabar sampai file benar-benar sudah terinstall. Saat proses instalasi selesai Anda bisa nyalakan HP dan All SimCard sudah terbuka secara otomatis.

4. Penjelasan

Langkah yang sudah Anda lakukan di atas merupakan proses modifikasi sistem Andromax E2. Modifikasi itu dilakukan untuk membuka batasan yang ada di HP. Jadi, program Anda sudah diubah ke versi terbaru yaitu mengikuti data Unlock All SimCard dan tidak ikut versi resmi.

Melakukan modifikasi sebenarnya ada keuntungan dan kekurangannya. Oleh sebab itu Anda harus mempertimbangkannya dulu sebelum mulai melakukan root. HP yang sudah kena root tidak akan bisa dikaitkan dengan garansi sehingga Anda harus berhati-hati.

5. Kelebihan dan Kekurangan Modifikasi

Unlock All SimCard Andromax E2 memiliki kelebihan yaitu Anda bisa pasang banyak kartu. Di sisi lain, HP jadi lebih bermanfaat dan jaringannya bisa diubah ubah. HP juga menjadi lebih ringan karena menggunakan program modifikasi yang dibuat lebih sederhana.

Kerugiannya hanyalah Anda tidak bisa klaim garansi ketika sudah dimodifikasi. Hal itu tentu saja tidak menjadi masalah jika memang masa garansinya sudah habis. Baik itu HP lama atau HP baru, selama root itu bermanfaat maka Anda harus melakukannya langsung.

Apa Perbedaan Andromax E2+ dan Versi Biasa?

Secara garis besar, versi plus E2+ memiliki spesifikasi yang lebih gahar dibandingkan E2 biasa. Ini disebabkan oleh target pemasaran yang lebih diarahkan pada pecinta Smartfren. Ketika Anda beli HP ini di tahun 2016, pembeli akan mendapatkan bonus pulsa telepon gratis selama 1000 menit.

Tentu itu sangat menguntungkan pengguna Smartfren yang membeli HP E2+. Spesifikasi resmi dari Andromax E2 plus ialah desain sama dengan versi namun bahannya menggunakan metal. Di bagian bodi, HP sangat nyaman saat digenggam karena menggunakan bahan doff.

Selebihnya layar masih sama dengan versi E2 biasa, yaitu FWVGA resolusi 854 x 480 pixel dan 4,5 inci. Selain itu semua berbeda dari fitur VOLTE yang hanya ada di Indonesia di awal perilisannya. Perbedaan lainnya terletak di memori RAM yang mencapai 2Gb untuk sekelas Low End.

Andromax E2 plus menggunakan Android 5.1.1 Lolipop, prosesor Qualcomm Snapdragon 212. GPU Adreno 304 dengan memori internal 15Gb yang sanggup ditambah eksternal up to 32Gb. Di dalamnya terdapat Baterai Li-Ion removable 2000mAh battery dan micro USB charger.

Dengan harga Rp 1.200.000,- Anda sudah bisa mendapatkan semua fasilitas tersebut. Tentu saja jauh di atas Andromax versi biasa E2 yang hanya memiliki 1Gb Ram dan jaringan LTE. Versi E2+ memiliki 2GB ram yang membuatnya jauh lebih kuat dan mampu menyimpan banyak aplikasi.

Spesifikasi Lengkap Andromax E2+ :

  1. Jaringan 2G GSM 900, 1800 / CDMA 800
  2. Jaringan 3G CDMA 2000 1xEV-DO Rev A
  3. Jaringan 4G LTE 800 / 850 / 1800 / 2600
  4. Layar : 4.5 inches, 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
  5. Jenis layar : OCA LCD Capacitive touchscreen, 16M Colors
  6. Lain-lain : Multi-touch, Capacitive, Smart Screen gesture
  7. Memori Andromax E2+: Internal 16 GB, 2GB RAM
  8. Slot : microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  9. Kecepatan EV-Do A 3.1 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps)
  10. Wifi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi direct, hotspot, DLNA
  11. O.S : Android OS, v5.1 (Lollipop)
  12. CPU : Qualcomm Snapdragon 212, Quad Core 1.3 GHz, Cortex-A7
  13. GPU : Adreno 304
  14. Sensor : Accelerometer, Proximity, Ambient light sensor
  15. Kamera belakang : 5 MP, 2592 x 1944 pixels, LED flash,
  16. Fasilitas Kamera Belakang : Digital zoom, Face Detection, Touch Focus, Auto Focus, Panorama, BSI sensor, Geo-tagging, Video 720p@30fps
  17. Kamera depan 5 MP, LED flash
  18. GPS Yes, with A-GPS, GLONASS/ BDS
  19. Java Andromax E2 No
  20. Fitur lain : Quick Charging 1.0 Qualcomm, Predictive text input, Blackberry messenger ready, Document viewer, Organizer, SNS integration, MP4/H.264/H.263/WMV player, MP3/AAC+/AMR/eAAC+/Ogg player, Voice memo
  21. Baterai Li-Ion 2000 mAh battery

Perbandingan Andromax A vs Andromax E2

Untuk HP selanjutnya masih dari Smartfren, ada Andromax A yang keluar di awal Juni 2016. HP ini merupakan varian LTE Smartfren dengan menawarkan harga yang paling murah. Spesifikasi Andromax A adalah menggunakan konektivitas VoLTE sama seperti versi plus E2+.

Andromax A diproduksi untuk keperluan sehari-hari dengan spesifikasinya yang hampir mirip E2+ tapi dikurangi di beberapa bagian. Contohnya seperti chipset Qualcomm Snapdragon 210 Quad COre 1.1 GhZ Cortex-A7 32 bit. Chipset ini lebih rendah daripada milik Andromax E2.

Namun Andromax A dilengkapi dengan VoLTE dan tidak seperti E2 yang hanya mencapai LTE saja. Lalu masih ada juga penyimpanan 8Gb dan RAM 1GB, jauh di bawah versi plus E2+. Untuk OS, produk Smartfren ini menggunakan Android V5.1.1 Lolipop sehingga tidak ada perbedaan di sini.

Untuk foto dan merekam, kamera belakang dilengkapi dengan resolusi 5 Megapixel sama seperti Andromax E2. Sedangkan kamera depan hanya menggunakan 4.9 Megapixel tanpa flash. Informasi lengkap terkait produk Smartfren Andromax A bisa dilihat dari spesifikasi di bawah.

  1. Dimensi : 138 x 72 x 9 mm
  2. Berat : –
  3. Jenis layar : LCD TFT, dengan dukungan 16 juta warna
  4. Bentang layar : 4.5 inch, dengan resolusi 854 x 480 pixel (FWVGA) ~218 ppi
  5. Perlindungan layar : Tidak ada
  6. Penyimpanan Internal : 8 GB
  7. Slot Penyimpanan Eksternal : Ya, microSD
  8. WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
  9. Dukungan Jaringan : 2G GSM, 3G WCDMA, 4G LTE
  10. Tipe SIM Card : Micro SIM, dengan dukungan dual SIM
  11. NFC : Tidak ada
  12. Bluetooth : Ya, v4.0 dengan dukungan A2DP
  13. USB : Ya, microUSB v2.0
  14. Radio : FM Radio
  15. GPS : Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS
  16. Sensor : Accelerometer, Proximity, Light
  17. Kamera Belakang : 5 Megapixel autofocus
  18. Perekaman Video : HD
  19. LED Flash : Ya
  20. Kamera Depan : 5 Megapixel
  21. Chipset : Qualcomm Snapdragon 210 MSM8909
  22. CPU : Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7 32-bit
  23. GPU Andromax A Adreno 304
  24. RAM : 1 GB
  25. Baterai : Li-ion 1950 mAh, Removable
  26. Sistem operasi : Android v5.1.1 Lollipop
  27. Fitur Lainnya : Smart screen gesture

Spesifikasi tersebut terlihat masih di bawah E2 karena prosesornya masih 1.1 Ghz. Meski begitu Anda diberi kebebasan untuk memilih produk yang mana. Jika butuh untuk kebutuhan sehari hari saja, maka versi Andromax A jauh lebih baik dibandingkan versi E2.

Kekurangan di bagian kecepatan prosesor jadi kendala utama varian A dan E2. Anda harus tahu hal ini agar tidak salah dalam memilih produk HP ke depannya. Kecepatan itu sangat penting karena menentukan lancar tidaknya Hp saat digunakan.

Tapi jika butuh spesifikasi lebih gahar, Anda bisa gunakan versi E2 atau langsung membeli E2+. Di galeri Smartfren, Anda bisa lihat banyak spesifikasi serupa namun tidak ada yang lebih bagus dari E2+. Andromax E2 dan E2+ sangat direkomendasikan untuk mobilitas berspesifikasi bagus. (SA)

Tinggalkan Balasan