Aplikasi Catat Meter Terpusat untuk Petugas PLN
Aplikasi Catat Meter Terpusat untuk Petugas PLN

Aplikasi Catat Meter Terpusat untuk Petugas PLN

Alkisahnews.com – Sekarang proses pencatatan meteran menjadi lebih mudah karena aplikasi catat meter terpusat. Aplikasi ini digunakan untuk menggantikan metode pencatatan lama. Dulu, petuas PLN masih harus mencatatnya sehingga membutuhkan proses yang ribet dan butuh waktu lama.

Perbedaan waktu pencatatan dapat dilihat dari prosedur penerapannya. Saat menggunakan cara konvensional, petugas harus mencatat data perubahan meteran terlebih dahulu. Setelah itu, dari petugas cabang data dikirimkan ke pusat untuk di data dan mendapat bukti perhitungan.

Ketika bukti perhitungan sudah di dapat, petugas menyerahkannya pada pelanggan terkait. Dari prosedur yang ada, petugas harus melakukan pengecekan secara terus menerus. Cara ini sangat tidak efektif, sehingga digantikan dengan pencatatan aplikasi catat meter terpusat.

Dengan adanya aplikasi ini, para petugas sudah semakin cepat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Beberapa prosedur bisa dihindari sehingga pencatatan jadi semakin cepat. Proses perhitungan biaya PLN jadi lebih mudah dengan adanya aplikasi tersebut.

Mengenal Apa itu Aplikasi Catat Meter Terpusat

Aplikasi berasal dari PLN dan diterbitkan pada tahun 2020 untuk membantu petugas di lapangan. Pengguna aplikasi untuk saat ini adalah para petugas, karena pengguna harus log in terlebih dulu. Untuk mendapatkan akun, Anda harus datang ke cabang PLN dan mendaftarkan diri.

Petugas lapangan PLN ialah orang yang berkeliling mengunjungi rumah pelanggan untuk melihat meterannya. Meskipun sekarang sudah ada token, namun meteran listrik masih digunakan oleh beberapa pelanggan. Oleh sebab itu, aplikasi catat meter terpusat masih bisa digunakan.

Aplikasi Mobile ini berbeda dengan PLN Mobile yang secara keseluruhan menampilkan informasi pelanggan. Untuk catat meter terpusat, aplikasinya bisa menampilkan seluruh data pelanggan. Tidak hanya satu rumah saja, melainkan data satu kampung bisa dilihat dari aplikasi itu.

Oleh sebab itu pengguna aplikasi haruslah petugas yang sudah ter-verifikasi dari PLN. Aplikasi ini sangat efisien dalam menyimpan dan mengelola data laporan di lapangan. Dengan aplikasi catat meter terpusat, data yang sudah didapat bisa langsung dikirimkan ke pusat.

Jadi biaya pelayanan bisa langsung dikonversi berdasarkan perubahan Kwh meterannya. Bentuk sederhana aplikasi ini bisa dilihat dari PLN Mobile yang berintegrasi dengan token listrik. Secara umum, aplikasi ini digunakan untuk membantu petugas mengumpulkan data pelanggan.

Fungsi dan Manfaat Aplikasi Catat Meter Terpusat

Dilihat dari tujuan dan cara kerjanya, aplikasi ini pasti memiliki banyak manfaat. Baik bagi petugas atau pelanggan yang menikmati perkembangannya, semua pasti merasakan efeknya. Berikut ini fungsi dan manfaat aplikasi pencatatan meter terpusat bagi petugas lapangan PLN.

1. Mudah Mengelola Data

Dengan adanya aplikasi digital, proses pencatatan data menjadi lebih mudah. Efeknya terasa saat petugas mengelola informasi yang sudah terkumpul di lapangan. Pengelolaan data jadi lebih mudah karena aplikasi catat meter terpusat memiliki fitur pengolah atau filter.

Filter dapat digunakan petugas untuk mengategorikan data yang sudah terkumpul. Baik itu dari golongan 450 hingga 900 V, semua bisa dikategorikan secara terpisah. Laporan jadi lebih terstruktur dengan rapi karena pengelompokan itu dilakukan dari dalam aplikasi.

2. Akurasi Data

Aplikasi catat meter terpusat terbaru dari PLN ini sangat mendukung petugas lapangan. Hal ini disebabkan oleh informasi pelanggan yang bisa muncul dari aplikasi. Dengan nama yang sudah tersedia, akurasi pencatatan datanya jadi lebih akurat dan jelas.

Sistem aplikasi membantu petugas untuk mencatat data secara akurat. Tindakan manipulasi data tidak akan dapat dilakukan karena semua datanya akan dikonfirmasi dari data pusat. Di sini kita melihat, perkembangan PLN dalam mengelola data para pelanggannya.

3. Kolaborasi Kerja

Maksud dari kolaborasi kerja di sini ialah meminta bantuan pihak ketiga untuk mendata. Jadi, PLN cabang menyewa pihak ketiga untuk berkeliling dan mencatat informasi pelanggan. Dari petugas PLN, aplikasi catat meter terpusat bisa dijelaskan mekanismenya.

Selain kolaborasi petugas lapangan, aplikasi juga bisa disambungkan dengan swasta. Dengan kolaborasi ini, PLN bisa dapat untung karena pengelolaannya dilakukan secara bersama. Hal ini sangat bagus karena meningkatkan kualitas kerja lapangan dan dampaknya positif.

4. Memaksimalkan Digitalisasi

Era digital membuat segala aktivitas jadi lebih mudah karena adanya aplikasi. Salah satu efek digitalisasi adalah pencatatan perubahan meteran listrik. Dengan adanya digitalisasi aplikasi catat meter terpusat, semua proses pendataan pelanggan PLN jadi lebih profesional.

Dengan memakai scan barcode, petugas bisa langsung mendata meteran secara otomatis. Di sini, petugas tidak perlu menuliskan lagi data meteran listrik secara konvensional. Digitalisasi mempercepat segala urusan termasuk mendata meteran pelanggan PLN.

5. Kenyamanan Petugas Lapangan

Manfaat terakhir tentu saja untuk meningkatkan keamanan petugas yang bertugas. Semua petugas bisa bekerja lebih cepat karena pencatatannya otomatis dari aplikasi catat meter terpusat. Kesalahan bisa diminimalkan karena sudah ada bantuan aplikasi Mobile.

Ke depannya, meteran listrik lama dan token akan menjadi semakin modern dengan aplikasi digital. Pembayaran, pencatatan dan penyaluran informasi jadi lebih cepat. Manfaat aplikasi memang memberi efek positif pada aktivitas masyarakat Indonesia di era digital.

Cara Mudah Unduh Aplikasi Catat Meter Terpusat

Untuk mengunduh aplikasi, Anda harus memiliki akses terlebih dahulu. Akses tersebut bisa Anda dapatkan ketika sudah mendaftar sebagai salah satu petugas lapangan PLN. Dengan verifikasi di cabang PLN atau kantor PLN, Anda bisa buat akun untuk log in ke aplikasi itu nantinya.

Setelah sudah memiliki akun petugas lapangan PLN, Anda bisa kunjungi situs resmi portal app. Aplikasi catat meter terpusat bisa diunduh setelah log in di https://portalapp.iconpln.co.id. Lalu setelah berhasil log in, carilah opsi unduhan untuk mendapatkan apk Mobile aplikasi.

Usahakan Anda akses situs tersebut dari HP karena akan dipasang langsung setelah diunduh. Jika dari HP, Anda bisa gunakan Google Chrome agar log in akun petugas lapangan PLN mudah. Data apk yang sudah diunduh bisa langsung dipasang langsung ke HP Anda sendiri.

Perlu diingat, aplikasi ini tidak dapat ditemukan di Playstore atau Appstore. Aplikasi catat meter milik petugas lapangan terpusat hanya tersedia di situs resmi PLN. Oleh sebab itu, domain atau Link di atas harus Anda kunjungi untuk dapat mengunduh apk datanya secara langsung.

Fakta lain dari situs tersebut ialah, Anda bisa mendata pelanggan PLN dari situsnya langsung. Hal ini dikarenakan situs dan aplikasi terhubung dalam satu server yang sama. Jadi proses pendataan masih bisa terhubung ke pusat dan akurasi datanya tidak bisa diragukan lagi.

Cara Install Aplikasi Catat Meter Terpusat

ata APK yang sudah diunduh tersebut bisa dipasang ke HP android. Perlu diingat, aplikasi bisa diaktifkan jika Anda sudah memiliki akun pribadi petugas lapangan PLN. Tanpa tunggu lama, di bawah ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menginstall aplikasinya.

  1. Download aplikasi catat meter terpusat (ACMT) dari situs resmi petugas
  2. Aktifkan pemasangan aplikasi asing dari pengaturan HP Anda
  3. Pergi ke pengaturan
  4. Cari opsi pengelola aplikasi atau manajer aplikasi
  5. Pilih opsi pengaturan sumber tidak dikenal
  6. Kembali ke unduhan dan pasang APK ACMT
  7. Tunggu proses pemasangannya sampai selesai
  8. Buka aplikasi, log in dan aplikasi siap digunakan.
Sedang Trending :  Rekomendasi Aplikasi Billing Hotel Gratis

Semua prosedur di atas bisa Anda gunakan untuk menginstall apk catat meter terpusat. Data apk memang khusus digunakan untuk HP Android sehingga pemasangannya dipermudah. Aplikasi ini bisa digunakan dengan menggunakan jaringan internet, karena butuh akses data ke pusat.

Log in dengan akun petugas lapangan PLN dan cari informasi pelanggan dari aplikasinya. Petugas lapangan bisa menggunakan aplikasi untuk cek data Kwh, nama dan informasi penting lainnya. Gunakan aplikasi itu dengan bijak karena fasilitas di dalamnya lengkap untuk petugas PLN.

Penyebab Kenapa ACMT PLN Tidak Bisa Diinstal

Jika Anda mengalami kendala aplikasi tidak bisa diinstall, ada beberapa kemungkinan yang bisa jadi penyebab utama. Penyebabnya mulai dari masalah internal, data APK dan versi gadget Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut alasan yang menyebabkan Anda tidak bisa menginstall aplikasi.

1. Masalah Internal

Kondisi internal yang menyebabkan HP tidak bisa menginstall adalah pengaturan. Mungkin di tahap pemasangan Anda belum mengaktifkan opsi sumber tidak dikenal. Opsi ini harus aktif agar aplikasi luar bisa dipasang tanpa ada larangan dan batasan dari HP Anda.

Aplikasi catat meter terpusat merupakan program apk yang berasal dari luar Playstore. Jadi aplikasinya tidak resmi dan perlu perizinan agar bisa diinstall di dalam HP. Perizinan itu bisa Anda dapat dari pengaktifan sumber tidak dikenal yang letaknya di dalam pengaturan HP.

2. Beda Versi HP

Masalah selanjutnya bisa disebabkan oleh versi HP yang berbeda atau tidak mendukung. Jika versi HP berbeda, biasanya aplikasi akan menolak proses pemasangan. Kendala akan terjadi ketika aplikasi terbuka, karena fitur dan aksesnya terhenti di halaman luar saja.

Lain halnya dengan versi HP yang tidak mendukung, karena penolakan terjadi saat Anda ingin menginstallnya. Untuk mengatasi masalah, Anda bisa ganti HP dan mencari baru. Cari HP yang lebih cocok dengan apk agar bisa diinstall aplikasi catat meter terpusat Mobile.

3. Data APK Tidak Bisa

Penyebab terakhir kemungkinan berasal dari data APK yang sudah usang atau corrupt. Di sini Anda tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya Anda hanya perlu mengunduh ulang apk. Jika sudah diunduh kembali, Anda akan mendapatkan versi terbaru apk petugas PLN itu.

Pasang aplikasi ke HP Anda mengikuti prosedur yang dijelaskan di atas. Setelah proses selesai, log in menggunakan akun dan gunakan sebagaimana mestinya. Ketiga kendala instalasi apk ini bisa Anda selesaikan sendiri ketika sudah menemukan titik permasalahan utamanya.

Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Setelah aplikasi terinstall, kini Anda sudah bisa menggunakan aplikasinya. Cara memakai aplikasi mudah, Anda hanya perlu masuk ke dalam dan aktifkan fitur scan. Setelah itu arahkan pada code meteran pelanggan dan Anda akan mendapatkan data yang diperlukan petugas PLN.

Informasi fitur lain terkait penggunaan aplikasi di antaranya sebagai berikut :

1. Rekapitulasi KWH Pengguna

Aplikasi menghitung perubahan kwh yang terjadi di meteran pelanggan. Perubahan kwh itu akan langsung dikonversi dan diubah ke dalam nominal secara cepat. Datanya juga dikirim ke pusat secara langsung karena aplikasi catat meter terpusat sudah berbasis digital.

Proses perhitungan rekapitulasi KWH ini tidak membutuhkan waktu lama. Setelah scan code meteran, aplikasi akan langsung mendeteksi perubahan yang terjadi. Lalu, data kwh meter akan diperlihatkan pada petugas dan bisa dibuat ke dalam laporan.

2. Rekapitulasi Kode Pesan

Data yang sudah di dapat akan dikirim ke pusat dan direspons dengan pesan kode. Petugas bisa menggunakan kode tersebut untuk melanjutkan prosedur pemeriksaan. Hasil akhir dari laporan petugas akan menentukan nasib meteran pelanggan ke depannya.

Kode pesan petugas PLN bisa menjadi isyarat mengenai kondisi meteran, kondisi listrik dan hal-hal lainnya. Selama Anda belum mendapat peringatan atau himbauan, berarti kondisi di meteran masih aman untuk dipertahankan dan dirawat kondisinya.

3. Data Master

Aplikasi catat meter terpusat memiliki data informasi yang jelas dan menyeluruh. Semua data di dalam aplikasi terhubung dengan pusat menggunakan jaringan internet. Maka tidak heran jika data master bisa dilihat secara menyeluruh dengan hanya scan code meteran saja.

Aplikasi dapat digunakan untuk melihat data keseluruhan di dalam meteran. Baik dari nama pelanggan, ID, jatuh tempo hingga perubahan Kwh. Dengan aplikasi, data master terlihat jelas dan bisa menjadi sumber informasi petugas dalam pengecekan selanjutnya.

4. Rekap Meter

Sebagai alat pengelola data, aplikasi bisa mengecek data dan mengorganisirnya. Rekap meter ialah fitur yang sangat berguna untuk mendata seluruh kwh meter milik pelanggan. Tidak lagi pengecekan manual, semua bisa dilihat secara otomatis dengan aplikasi Mobile.

Perekapan meteran listrik merupakan perhitungan Kwh secara menyeluruh dari satu periode ke periode lainnya. Dengan menggunakan aplikasi catat meter terpusat, data rekap meteran kwh dapat diketahui secara langsung dan otomatis karena sudah berbentuk digital.

5. Data Master Kedudukan

Penyempurnaan aplikasi tidak hanya untuk pengecekan berkala saja. Melainkan juga dipakai untuk melihat riwayat meteran agar data bisa diketahui keseluruhan. Opsi ini digunakan oleh para petugas untuk mengetahui apakah pelanggan melakukan kecurangan atau tidak.

Data master kedudukan bekerja dengan mengecek aliran listrik dari waktu ke waktu. Ketika ada kejanggalan, aplikasi catat meter terpusat bisa mendeteksi. Nantinya petugas bisa cek kondisi di lapangan, apakah meteran listrik pelanggan PLN masih sehat atau tidak.

6. Informasi Tagihan

Seperti namanya, tagihan akan muncul ketika data meteran sudah dikonversi. Informasi ini sangat membantu petugas karena bisa mengetahui beban pelanggan secara langsung. Tidak perlu lagi menghitung manual karena semuanya sudah muncul secara otomatis.

Informasi tagihan bisa langsung diberikan ke pelanggan menggunakan struk. Petugas dapat menggunakan cetak kuitansi untuk mempermudah proses penagihan. Di era modern, aplikasi catat meter terpusat mulai banyak digunakan untuk memberi tagihan langsung.

7. Informasi Tunggakan

Selain tagihan, aplikasi juga dapat menginformasikan tunggakan pelanggan PLN. Hal ini tentu saja sesuai dengan rekapitulasi data yang sudah dilakukan jauh-jauh hari. Informasi ini akan terus disimpan dalam database hingga pelanggan berhasil membayarkan tagihannya.

Tunggakan bisa untuk meteran dan token listrik karena terhubung ke server yang sama. PLN selalu menggunakan data ID pelanggan untuk mendeteksi seluruh informasi di aplikasi catat meter terpusat.

8. Menampilkan Kelainan

Kelainan meteran listrik dapat ditampilkan juga dari dalam aplikasi. Token listrik contohnya yang sudah terintegrasi dengan jaringan kabel dan bisa dideteksi kendalanya. Petugas PLN bisa langsung memperbaiki kendala secara Online dengan adanya fitur ini.

Dengan mengirim kode ke pelanggan, masalah meteran bisa diselesaikan secara manual. Jika kendala masih belum selesai diperbaiki, Anda bisa panggil petugas untuk pengecekan lebih lanjut.

Berdasarkan fitur dan fasilitasnya, aplikasi memang sudah sangat membantu petugas PLN. Cara kerjanya yang mudah membuat proses pendataan jadi lebih cepat. Aplikasi catat meter terpusat merupakan salah satu bentuk perkembangan layanan PLN untuk masyarakat. (SA)

Tinggalkan Balasan