Apa Itu Kalkulator Investasi? Bagaimana Cara Penggunaannya?

Kalkulator investasi merupakan alat yang digunakan untuk menghitung parameter tertentu pada saat merencanakan investasi. Tab mewakili parameter yang diinginkan, misalnya menghitung tingkat pengembalian demi mencapai tujuan investasi dengan input tertentu.

Berinvestasi merupakan langkah penting untuk mengamankan atau menjamin masa depan finansial Anda. Saat memilih produk investasi, banyak hal harus dipertimbangkan seperti tujuan, dan kerangka waktu yang wajib diperhitungkan untuk mencapainya.

Apakah Anda menabung untuk masa pensiun? Membeli rumah, memberikan warisan kepada anak? Semua tujuan berinvestasi harus jelas, dengan begitu Anda akan mudah dalam mencapai dan memperkirakan berapa lama waktu investasinya.

Memiliki gambaran umum tentang berapa banyak uang dan waktu berinvestasinya dapat menentukan cara Anda memilih portofolio. Itu tugas dari kalkulator investasi yakni memberikan gambaran tentang masa depan dari kehidupan investasinya.

Sebelum menginvestasikan harta tentu harus dibarengi dengan sebuah perencanaan matang. Jika salah dalam memilih dan memperhitungkan, bukan keuntungan yang didapat, tapi bisa jadi investasinya malah merugikan kehidupan masa depan Anda.

Saat ini, hampir semua orang telah berpikir bahwa dengan berinvestasi hidup akan menjadi lebih baik. ini merupakan awal yang baik, karena artinya masyarakat sudah paham dan mengerti pentingnya masa depan.

Dengan berinvestasi, Anda dapat meningkatkan atau melipat gandakan aset dan kekayaan. Meningkatnya aset kekayaan membuat kehidupan di kemudian hari lebih baik, terutama pada aspek pemenuhan tujuan finansial masa depan Anda.

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Investasi Asing di Indonesia

Mengetahui Apa Itu Kalkulator Investasi

Istilah kalkulator ini memang terdengar cukup asing di telinga, terutama investor awam. Jika Anda baru terjun dalam berinvestasi, ada baiknya memahami pengertian dari kalkulator ini lebih dulu.

Dengan begitu, Anda tidak hanya sekedar tahu alat apa ini, tapi juga mekanisme kerjanya. Selain itu, sebagai investor juga harus mengerti bagaimana bisa sebuah kalkulator mempengaruhi prosentasi keuntungan.

Kalkulator investasi merupakan sebuah alat hitung yang bekerja secara otomatis dan khusus dipergunakan bagi investor saat ingin menanamkan dananya. Pada umumnya penyelenggara menggunakan alat ini sebagai sarana perhitungan hasil investasi.

Alat tersebut memiliki fungsi sama seperti kalkulator-kalkulator umumnya yakni untuk menghitung. Alat hitung tersebut akan memberikan gambaran bagaimana dana investasi bertumbuh dan hasil yang diperoleh di masa depan.

Meskipun terlihat sangat meyakinkan, tapi terdapat catatan penting dan harus diketahui para investor yang menggunakannya. Investor perlu mengetahui serta memahami bagaimana proses perhitungan berlangsung sehingga mendapatkan hasil perhitungannya tersebut.

Intinya adalah, investor harus mengetahui bagaimana perhitungannya karena hasil perhitungan tersebut bukan merupakan nilai akurat. Memang secara matematis kalkulator investasi menggunakan rumus hitungan akurat sehingga hasilnya terlihat demikian.

Namun, setiap waktunya nilai tersebut dapat berubah-ubah, tergantung kondisi perekonomian serta seorang investor itu sendiri. Belum lagi, dengan adanya pertimbangan variabel lain seperti profil risiko yang menggunakan rerata kinerja sebelumnya.

Dengan demikian, Anda dapat memperhitungkan sendiri tanpa perlu bergantung pada alat kalkulator investasi. Hal ini jelas membuat Anda bisa berjaga-jaga apabila hasilnya tidak sesuai harapan.

Informasi ini jelas harus diketahui dan dikatakan dengan tegas oleh penyelenggara. Informasi ini dimaksudkan agar Anda tidak menjadikan sebuah alat hitung sebagai patokan pendapatan penghasilan.

Simak Juga : Secara Garis Besar Fungsi Investasi Digolongkan Menjadi Dua Macam Yaitu Apa?

Di mana Investor Dapat Menemukan Kalkulator Investasi?

Menjadi piranti penting proses penanaman modal, membuatnya semakin mudah ditemukan. Hampir seluruh penyelenggara produk penanaman modal menyediakan piranti itu untuk memberi estimasi kepada investor tentang masa depannya.

Apalagi sekarang ini hampir semua orang menganggap bahwa perhitungan cermat mengenai analisis produk sangat penting untuk dilakukan. Banyak orang menganggap jika mengabaikan hal tersebut, bukannya mendapatkan keuntungan, tapi malah merugi.

Sebab itu, kalkulator investasi seringkali digunakan investor pemula untuk mengambil instrumen yang cocok bagi dirinya. Setelah memilih produk instrumen, pihak penyelenggara akan memberikan perhitungan yang didapat jika Anda mengambilnya.

Jika Anda bertanya di mana bisa menemukan alat hitung ini, tentu tersedia pada berbagai penyelenggara penanaman modal. Bukan hanya pada bank konvensional saja, tapi juga platform penanaman modal secara online.

Bukan hanya penyelenggara saja sebenarnya, tapi Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan mencari di internet. Terdapat berbagai situs web yang memberikan proses perhitungan tersebut sebagai gambaran pribadi saja.

Namun, pada platform tersebut hanya menyediakan gambaran umum saja, tidak semua produk bisa dihitung. Sebab itu, lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi atau platform seperti bibit, ajaib, yang menyediakan kalkulator investasi.

Dengan menggunakannya, Anda bisa mencoba menghitung seluruh instrumen yang ada aplikasinya. Dari perhitungan tersebut, Anda tentu akan menemukan hasil yang lebih berpotensi untuk dijadikan bahan berinvestasi.

Namun, penting untuk memastikan apakah platform yang digunakan telah diawasi OJK atau belum. Hal ini dilakukan agar penggunanya terhindar dari masalah yang mungkin saja muncul.

Selain itu, meskipun perhitungannya tersebut hanya bersifat estimasi saja. Tapi, setidaknya perhitungan diberikan oleh penyelenggara penanaman modal yang kredibel dan legal secara hukum di Indonesia.

Baca Juga : Bagaimana Cara Berinvestasi di Pasar Modal Agar Memperoleh Keuntungan ?

Mengenal 4 Jenis Kalkulator Investasi untuk Perhitungan Dana

Saat mengetik kata alat hitung atau kalkulator di mesin pencarian, tentu akan muncul berbagai platform serta variasi hitungan. Beberapa pengamat akhirnya mengelompokkan platform tersebut untuk memudahkan para investor dalam mempelajarinya.

Hingga akhirnya menjadi 4 kalkulator yang bisa dimanfaatkan untuk perhitungan penanaman modal. Berikut di bawah ini adalah 4 jenis alat hitung yang digunakan sebagai kalkulator investasi.

1. Perhitungan Investasi Masa Depan

Beberapa platform mungkin menyebutkan jenis ini dengan nama berbeda seperti perhitungan nilai akhir, atau target investasi. Pada dasarnya, ketiga sebutan tersebut memiliki arti yang sama saja.

Kalkulatornya sama-sama memberikan perkiraan dari nilai investasi yang nantinya akan Anda peroleh. Umumnya perhitungan akan dihitung mulai dana awal, jangka waktu, serta melihat profil risiko serta mencantumkan inflasi per tahunnya.

2. Perhitungan Dana yang Wajib Dipersiapkan

Pada perhitungan kalkulator investor tersebut dilakukan untuk mencari seberapa besar dana yang harus dipersiapkan penanam modal. Siapkan sejumlah dana untuk awal penanaman modal tersebut, tidak perlu terlalu besar, tapi cukup.

Variabel hitung lain dalam perhitungan tersebut tidak berbeda dengan perhitungan-perhitungan lainnya. Nantinya penyelenggara akan menampilkan perbandingan serta nilai prosentase yang lebih besar dibandingkan investasi bulanan dari perhitungan alat tersebut.

3. Perhitungan dari Investasi Bulanan

Perhitungan secara bulanan tersebut memiliki beberapa macam dari pengertian. Pertama seperti alat perhitungan di mana mencari jumlah dari investasi bulanan. Dan lainnya adalah menggunakan pengisian variabel agar menemukan investasi akhirnya.

4. Perhitungan Periode

Jika memiliki sejumlah nilai aset dengan proyeksi nilai penanaman modal akhir, tapi belum mengetahui seberapa lama harus menginvestasikannya. Sebaiknya memilih perhitungan yang lengkap seperti kalkulator investasi harian, bulanan, atau tahunan.

Kelebihan dan Kekurangan Kalkulator Investasi

Memperkirakan kebutuhan masa depan dengan alat hitung online tersebut di mana menawarkan perkiraan dasar yang dibutuhkan. Akan tetapi, tidak semua alat hitung tersebut memiliki kegunaan dan fungsi yang sama.

Alat penghitung nilai akhir penanaman modal tersebut memang bagus untuk menentukan seberapa banyak hasil tabungan Anda. Namun, dibalik keunggulannya tersebut terdapat kekurangan yang harus diperhatikan oleh para pengguna atau investornya.

Kalkulator tersebut memiliki kelebihan sebagai alat yang efektif, berguna, dan memungkinkan Anda untuk memperlihatkan profil risiko. Bukan hanya itu, tapi kalkulator investasi juga memberikan pertimbangan variabel yang dapat mempengaruhi kondisinya.

Anda akan diberitahu berapa lama periode investasinya, sehingga investor dapat menabung sesuai perhitungan waktunya. Penyelenggara penanaman modal juga akan memberikan masukan mengenai dana serta periode waktu selama periode penyimpanan tabungannya.

Intinya, kelebihan dari alat tersebut adalah membantu penyusunan rencana investasi. Di mana kalkulatornya akan memberikan rekomendasi produk yang tepat untuk Anda. Tentunya dengan analisa dan profil risiko.

Kalkulator investasi juga akan membantu Anda mengukur tingkat kemajuan dari produk penanaman modal yang diambil. Anda bisa melihat apakah produk tersebut bekerja sesuai keinginan atau malah bergerak merugikan.

Sedangkan kekurangan dari penggunaan alat perhitungan ini adalah tidak adanya informasi terperinci untuk memproyeksikan hasilnya secara akurat. Karena memang hasil dari perhitungan tersebut hanya bersifat estimasi.

Diberlakukannya juga tarif pajak dan administrasi yang mungkin membuat keuntungan tidak terlalu besar. Namun, ini bisa dilakukan dengan memilih platform yang menggunakan biaya administrasi rendah.

Seperti diketahui tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, termasuk peralatan canggih masa kini. Meskipun sudah diberikan estimasinya, semua bisa berubah sesuai kondisi yang berlaku.

Cara Menggunakan Kalkulator Investasi BCA

Simulasi tabungan investasi bank BCA ini mampu membantu investor dalam menghitung keuntungannya. Meski begitu, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa alatnya tidak bisa digunakan sebagai patokan secara penuh.

Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba dan melihat perhitungan tersebut agar memiliki bayangan. Berikut ini Kami berikan penjelasan mengenai langkah-langkah cara menggunakan kalkulator investasi dari Bank BCA.

1. Kunjungi Tautan Kalkulatornya

Bca memiliki tautan resminya sendiri, Anda bisa memanfaatkan layanan kalkulatornya ini untuk menghitung keuntungan masa depan. Kunjungi tautan resmi dari BCA https://www.bca.co.id/id/. Pilih investasi dan asuransi.

2. Halaman Utama Website

Setelah berhasil menemukan website tersebut, pengguna akan diarahkan ke halaman di mana bertuliskan simulasi reksa dana. Terdapat beberapa perhitungan seperti target hasil, dana investasi, dan profil risiko pada halaman tersebut.

3. Jenis Perhitungan Sesuai Kebutuhan

Kalkulator investasi tersebut menyediakan beberapa jenis sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna bisa memilih hitung target, atau perhitungan dana investasinya. Perbedaan dari kedua hal tersebut sudah dijelaskan di atas.

4. Metode Penanaman Modal

Pada metode ini terdapat dua opsi di mana pengguna bisa menyesuaikan dengan rencana berinvestasi ke depannya. Opsi tersebut lump sum atau investasi dengan satu kali. Dan Investasi regular setiap bulannya.

5. Profil Risiko dan Targetnya

Pilih profil risiko sesuai keinginan, beberapa opsinya adalah agresif, konservatif, dan moderat. Tuliskan target hasil penanaman modal yang Anda inginkan sehingga bisa dihitung kalkulator investasi.

6. Tuliskan Jangka Waktu serta Estimasi Return

Pada halaman tersebut juga terdapat jangka waktu sesuai keinginan investor. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan estimasi return pertahunnya sesuai keinginan untuk melengkapi perhitungan kalkulatornya.

Cara Memakai Kalkulator Saham Bibit Online

Investor saham juga membutuhkan alat penunjang sehingga keputusannya dalam berinvestasi tidak salah langkah. Salah satu platform yang menyediakan layanan alat hitung keuntungan saham tersebut adalah Bibit.

Memiliki kegunaan yang sama seperti kalkulator perhitungan lainnya, alat hitung saham ini punya cara penggunaannya sendiri. Berikut ini adalah langkah mudah cara memakai kalkulator investasi bibit dengan produk saham.

1. Memasukkan harga saham per lembarnya

Pastikan Anda telah mengetahui perbedaan dari lembar dan lot. Karena jika belum mengetahui hal dasar seperti ini, pengguna tentu akan kesulitan dalam menggunakannya bahkan mengalami kesalahan.

2. Masukkan jumlah yang telah dibeli dengan satuan lot

Harga satuan lot dengan lembar tentu berbeda. Jika Anda membeli 2 lot maka masukkan total harga dari jumlahnya. Pada langkah ini, harap ingat bahwa yang diminta adalah satuan lot.

3. Memasukkan Fee Beli dan Jual

Seperti diketahui bahwa investasi juga merupakan proses transaksi jual beli. Jadi, pengguna bibit perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu transaksi dan fee dari kegiatan jual atau beli.

4. Memasukkan Harga Jual per lembar sahamnya

Dalam transaksi saham sendiri para pengguna bisa melakukan penjualan secara per lembar atau per lot. Namun, yang akan digunakan pada kalkulator investasi adalah harga jual per lembar sahamnya.

Cara Menggunakan Kalkulator Return Investasi Bank BRI

Penting untuk diketahui bahwa berinvestasi melalui Bank BRI sama mudahnya seperti platform lainnya. selain itu, perhitungan instrument penanaman modalnya juga bisa dilakukan secara online seperti lainnya.

Untuk langkah-langkah cara menggunakannya juga tidak berbeda seperti bank BCA. Berikut di bawah ini adalah beberapa langkah untuk melakukan perhitungan dari penanaman modal melalui bank BRI.

  1. Mengunjungi link resmi kalkulator investasi yang disediakan oleh bank bri.
  2. Pilih metode penanaman modal sesuai yang akan dilakukan agar perhitungannya bisa dilakukan lebih akurat.
  3. Pilih profil risiko sesuai keinginan dan kebutuhan target seperti agresif, moderat, atau konservatif.
  4. Sesuaikan estimasi waktu dengan profil risiko dan metode penanaman modal sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.
  5. Tuliskan target yang harus Anda capai dalam estimasi waktu tersebut.
  6. Pengguna juga bisa menambahkan estimasi return sesuai keinginannya atau mengikuti kebijakan pihak penyelenggara.
  7. Mulai menghitung estimasi keuntungan dari investasi yang dilakukan.

Cara Memahami dan Menggunakan Simulasi Investasi Reksadana

Konsep perhitungan reksadana sebenarnya cukup mudah dipahami, bahkan menjadi yang termudah dari instrument lainnya. Reksadana merupakan instrument investasi yang paling disarankan karena memiliki risiko rendah, cocok bagi pemula.

Penentuan penanaman modal pada reksadana dilakukan mengenali profil risiko serta jangka waktu investasinya. Sebelum lebih jauh, berikut ini adalah cara kerja kerja dari instrument reksadana.

  1. Dana nasabahnya akan dihimpun oleh manajer penanaman modal instrument reksadana.
  2. Himpunan dana tersebut akan dialokasikan ke berbagai pos seperti pasar uang, saham, deposito, dan lainnya berdasarkan presentase.
  3. Nasabahnya akan menerima kinerja produk berupa portofolio efek, serta komposisi asetnya.

Simulasi kalkulator investasi excel reksadana akan di proses sesuai presentase yang telah ditetapkan dan disarankan. Agar lebih memahaminya, Anda bisa mencoba melalui aplikasi seperti bibit atau ajaib.

Inti dari proses simulasi tersebut adalah pemindahan dana di mana akan ditambahkan dengan prosentase sesuai saran. Reksadana akan dikembalikan ke pemilik akun atau nasabah sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

Ketika proses pengembalian, reksadana akan ditambahkan ulang dengan prosentase dari pihak penyelenggara. Hal tersebutlah yang membuat berinvestasi dengan reksadana sangat menguntungkan untuk kehidupan masa depan Anda.

Berinvestasi saat ini sudah menjadi hal wajib bagi setiap kalangan masyarakat agar mampu merasakan hidup bahagia di hari tua. Untuk membantu menghitung seberapa untung Anda dalam berinvestasi menggunakan kalkulator investasi. (SA)

Tinggalkan Balasan