Aplikasi Komputer yang Digunakan untuk Membuat Prototype 3D Adalah
Aplikasi Komputer yang Digunakan untuk Membuat Prototype 3D

Aplikasi Komputer yang Digunakan untuk Membuat Prototype 3D Adalah Apa?

Alkisahnews.com Aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat prototype 3D adalah, jenis perangkat lunak yang digolongkan sebagai tipe modeler. Yakni membuat citra visual dari sebuah bentuk dengan desain serta proses hitung-hitungan tertentu.

Prototipe atau purwarupa tersebut, biasanya dihasilkan dengan menggunakan perangkat lunak khusus. Terutama dalam proses melakukan rendering atau pembentukan tahap akhir, untuk menciptakan sebuah tampilan visual yang terlihat nyata atau hidup.

Baca Juga : Aplikasi Beli Pulsa Bayar Bulan Depan

Aplikasi Komputer yang Digunakan untuk Membuat Prototype 3D Adalah Apa?

Beberapa dari jenis perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengerjakan proses tersebut adalah Blender 3D, AutoCAD, hingga SketchUpMake. Di mana masing-masing datang dengan keunikan dari segi fitur, operasional. hingga tampilannya.

1. Blender 3D

Berdasarkan keterangan dari situs resminya, Blender 3D merupakan perangkat lunak gratis untuk membuat gambar 3 dimensi. Penggunaannya dilindungi oleh kode sumber terbuka sehingga bisa dipakai secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya.

Meski gratis, fitur-fitur dasarnya sangat lengkap untuk menangani segala jenis proses pengolahan gambar maupun citra 3D. Mulai dari modeling, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing, motion tracking, game, dan lain sebagainya.

2. AutoCAD

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah, konsistensi dalam mempelajari sesuatu. Berbeda dengan Blender 3D, AutoCAD lebih rumit untuk pemula karena harus menggunakan perhitungan secara matematis dan ukuran tertentu.

Sedang Trending :  Pembaruan Aplikasi Tik Tok: Bisa Upload Video Dengan Kualitas Terbaik!

Selain itu, perangkat lunak ini juga berbayar sehingga segmen penggunaannya juga sangat terbatas. AutoCAD banyak digunakan oleh arsitek, manajer proyek, insinyur, desainer grafis rancang bangun, perencana kota dan profesional sejenis.

3. SketchUpMake

Perangkat lunak satu ini pernah dinobatkan oleh Grid® G2 untuk Arsitektur, Musim Panas 2022 sebagai software arsitektur terbaik. SketchUpMake secara luas digunakan untuk merancang bangunan-bangunan arsitektural seperti gedung hingga rumah.

Pengguna utamanya kebanyakan adalah arsitek profesional, manajer proyek, hingga mahasiswa arsitektur karena menyediakan versi gratis. Fitur dari perangkat lunak ini bisa ditingkatkan dengan melakukan subscribe bulanan untuk versi yang profesional.

4. Maya

Bentuk awal (contoh) atau standar ukuran dari sebuah entitas disebut dengan prototipe atau purwarupa dalam istilah 3D modelling. Anda bisa mengaturnya dengan mudah menggunakan salah satu perangkat lunak seperti Maya.

Maya atau Autodesk Maya merupakan pilihan terbaik bagi desainer profesional yang menggeluti bidang animasi. Meski di awal sangat menyulitkan bagi pemula, Maya menyediakan tutorial agar lebih mudah proses mempelajari penggunaannya. (SA)

Baca Juga : Aplikasi Colmek

Tinggalkan Balasan