Dampak Positif dan Negatif Investasi Asing di Indonesia
Dampak Positif dan Negatif Investasi Asing di Indonesia

Dampak Positif dan Negatif Investasi Asing di Indonesia

Dampak positif dan negatif investasi asing di Indonesia merupakan hal yang penting untuk diketahui. Itu karena, kebanyakan orang di masyarakat hanya mengetahui tentang dampak positifnya. Kebanyakan tidak menganggap dampak negatifnya sebagai hal penting.

Perlu diketahui, dampak positif dan negatif ini adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, masyarakat harusnya bisa menimbang kebijakan pemerintah terkait hal ini. Pernyataan kalau investasi asing seratus persen menguntungkan tidak sepenuhnya benar.

Itu karena, dampak negatif yang ada bisa saja merugikan bangsa ini. Oleh karena itu, diperlukan batas yang ditetapkan untuk mengontrol hal ini. Jangan sampai dampak negatifnya dibiarkan dan baru disadari ketika masalahnya sudah besar.

Baca Juga : Secara Garis Besar Fungsi Investasi Digolongkan Menjadi Dua Macam Yaitu Apa?

Dampak Positif dan Negatif Investasi Asing di Indonesia

Jika Anda belum mengetahui dampak positif dan negatif penanaman modal asing, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas lebih rinci mengenai dampak tersebut. Berikut ulasannya secara lebih rinci.

1. Dampak Positif

Untuk dampak positif, hal yang paling ditonjolkan pasti pemasukan untuk negara. Ketika investasi asing masuk ke Indonesia, negara akan mendapat tambahan uang yang cukup besar. Nantinya tambahan ini bisa bermanfaat untuk perkembangan Indonesia.

Sedang Trending :  4 Rekomendasi Jenis Investasi Jangka Pendek Terbaik

Tentu pembangunan yang sekarang gencar dilakukan merupakan salah satu efek dari investasi asing tersebut. Selain itu, investasi asing ini juga berefek terhadap lapangan pekerjaan. Ketika investasi asing masuk, otomatis akan membuka lapangan kerja baru.

Ini berefek baik terhadap angka pengangguran di Indonesia. Itu karena, lapangan kerja baru pasti menurunkan angka pengangguran tersebut.

Simak Juga : Bagaimana Cara Berinvestasi di Pasar Modal Agar Memperoleh Keuntungan ?

2. Dampak Negatif

Dampak negatif dari penanaman modal asing sendiri berkaitan dengan ketergantungan terhadap bangsa asing. Jika Indonesia terlalu banyak memanfaatkan investasi dari pihak luar negara ini akan kesulitan untuk berdiri sendiri.

Selain itu, investasi asing juga berpengaruh terhadap kekayaan. Itu karena, investasi tersebut pasti melakukan pemanfaatan terhadap sumber daya alam. Ini bisa membuat sumber daya alam di Indonesia menipis secara terus menerus.

Setelah memahami dampak penanaman modal asing di Indonesia, pastikan untuk menimbangkan efek positif dan negatifnya. Bijaklah dalam memberikan dukungan. Itu karena, investasi asing ini tidak bisa sepenuhnya dibenarkan dan tidak bisa juga sepenuhnya disalahkan. (SA)

Baca Juga : Jika Nilai Investasi Turun 15 Apa Yang Harus Dilakukan ?

Tinggalkan Balasan