Jika Nilai Investasi Turun 15 Apa yang Harus Dilakukan ?
Jika Nilai Investasi Turun 15 Apa yang Harus Dilakukan ? Silahkan Simak Di Sini

Jika Nilai Investasi Turun 15 Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan panik dulu, jika nilai investasi turun 15 apa yang harus dilakukan. Anda tidak akan langsung merugi kalau nilai investasi tersebut turun tetaplah tenang agar bisa mendapatkan keputusan paling baik.

Panik hanya akan membawa Anda pada keputusan yang membuat Anda menyesal. Pertama-tama pahami dulu bagaimana sistem pasar saham bekerja. Sifat alami pasar modal sudah pasti akan mengalami naik turun.

Karena setiap orang ingin mendapatkan keuntungannya masing-masing, saat Anda akan beli saham pasti ingin harga yang murah dan pada saat akan menjualnya pasti ingin harga yang tinggi. Hal ini juga yang dipikirkan oleh orang lain jadi pastikan untuk pilih pasar modal yang memiliki likuiditasnya tinggi agar selalu ada pembelinya.

Baca Juga : Contoh Soal Investasi Jangka Pendek dan Jawabannya

Kebingungan Jika Nilai Investasi Turun 15 Apa yang Harus Dilakukan?

Nilai investasi turun sebenarnya sudah biasa terjadi, yang terpenting Anda tidak mengambil keputusan yang gegabah. Peristiwa ini merupakan risiko yang harus dihadapi berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi investasi turun.

1. Mengganti komposisi investasi

Pertama adalah mengganti komposisi investasi, dengan cara menjualnya terlebih dahulu. Setelah terjual Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk membelinya di tempat yang lebih baik dengan instrumen investasi lebih aman.

Sedang Trending :  Investasi dalam Bentuk Penanaman Modal Merupakan Kebutuhan Berdasarkan Apa?

2. Menambah investasi

Selanjutnya ketika nilai investasi tersebut turun yang bisa Anda lakukan adalah menambah investasinya. Hal ini dilakukan saat valuasi sedang murah agar nanti saat harganya sedang tinggi Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kuncinya untuk menghadapi ini adalah sabar.

Simak Juga : Contoh Soal Investasi Jangka Panjang dan Jawabannya

3. Tetap melakukan investasi secara rutin

Tips berikutnya yang bisa dilakukan jika investasinya sedang turun adalah tetap melakukan investasi secara rutin. Walaupun angka keuntungannya sedang berada di angka minus tetaplah disiplin melakukannya.

Jangan fokus pada waktu untuk masuk atau keluar dan jangan pedulikan pasar ketika sedang turun atau juga naik. Strategi tetap disiplin ini disebut juga sebagai dollar cost averaging.

Strategi ini membuat investor akan membeli lebih banyak saat nilai investasinya melepas dan ketika pasar modal sedang naik ini merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak perlu mempedulikan terlalu penyebab investasi turun karena memang sifatnya sangat fluktuatif. Yang terpenting pilihlah pasar yang memiliki likuiditas yang tinggi. (SA)

Baca Juga : Investasi Dalam Bentuk Penanaman Modal Merupakan Kebutuhan Berdasarkan Apa?

Tinggalkan Balasan