Cara Mengendapkan Emas Dalam Larutan Aqua Regia
Langkah Bagaimana Cara Mengendapkan Emas Dalam Larutan Aqua Regia

Cara Mengendapkan Emas Dalam Larutan Aqua Regia (Air Raja)

Alkisahnews.com – Cara mengendapkan emas dalam larutan aqua regia atau pun air raja ini menjadi salah satu dari metode pengujian kandungan emas yang terbilang sangat sederhana dan murah biayanya. Akan tetapi, tidak perlu khawatir dari segi sensitivitas yang sudah cukup maksimal.

Melarut emas dengan kaporit atau pun aqua regia biasa dilakukan. Secara sederhananya, aqua regia atau air raja ini merupakan campuran dari asam klorida dan juga asam nitrat dengan perbandingan volumenya 3 : 1. Pencampuran dari kedua senyawa tersebut bisa menghasilkan sejumlah unsur baru yang dapat Anda lihat dari gas yang telah dikeluarkan oleh larutan tersebut.

Tahapan dan Cara Mengendapkan Emas Dalam Larutan Aqua Regia

Tahapan dalam melebur emas dengan aqua regia air raja ini ada beberapa komponen bahan utama yang mesti Anda persiapkan, antara lain :

  1. 1. Urea sebesar 1 kilo
  2. Sodium metabisulfite sekitar 1 kilo
  3. Aqua regia air raja 4 : 1
  4. Ember/ baskom plastik serta kain penyaring berbahan katun

Setelah mempersiapkan beberapa bahan utama di atas, Anda bisa langsung coba cara pengolahan kimia pengendap emas seperti :

  1. Bersihkan seluruh komponen di atas
  2. Bakar seluruh PCB HP hingga meleleh, dan pastikan seluruh plastiknya terbakar
  3. Anda bisa menumpuk seluruh barang yang akan dibakar dengan gunakan tungku besi
  4. Tuangkan seluruh PCB ke dalam ember yang sudah disediakan, lalu masukkan larutan air aqua regia air raja.
Sedang Trending :  Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana

Untuk peragakan cara di atas, sebaiknya dilakukan diluar ruangan serta jauh dari permukiman. Anda bisa diamkan larutan di atas selama 1 malam, dan keesokan harinya tuangkan cairan ke bagian ember yang terdapat kain penyaring.

Bisa dengan cuci sampai benar – benar bersih bagian ember di atas memakai air bersih sebelum menambahkan ember yang kedua. Lalu, tidak lupa Anda masukkan urea putih ke dalam cairan ember kedua sampai busa tidak tampak lagi. Jika masih ada busa maka pengendapan emas tidak bisa dilakukan.

Jika selesai, masukkan bubuk SMB ke dalam air mendidih dan aduk sampai benar – benar larut keseluruhan. Tuangkan juga ke dalam air regia yang telah dinetralkan menggunakan urea. Anda bisa menyimpan selama 24 jam dan disaring untuk mendapatkan emas murni. (SA)

Tinggalkan Balasan