Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator
Tips Bagaimana Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator, Cara Simpel

Alkisahnews.com – Cara menghitung harga emas dengan kalkulator menjadi kemudahan para penjual atau bagi Anda yang ingin menjualkan emas. Sekarang ini banyak masyarakat yang sudah mulai sadar akan pentingnya berinvestasi.

Saat masyarakat semakin menyadari, terutama investasi dalam barang emas. Hal ini akan meningkatkan permintaan emas itu sendiri. Perhitungan emas pun menjadi hal yang dibutuhkan bagi Anda.

Tidak seperti zaman dahulu dimana masyarakat masih takut untuk mencoba berinvestasi emas. Justru semakin berkembangnya zaman, emas menjadi salah satu barang yang diminati banyak kalangan.

Sebelum melakukan investasi alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui langkah-langkah untuk menghitung emas. Tidak semua perhitungan emas harus menggunakan alat khusus, alat sederhana juga bisa menjadi alternatif. Alat itu sendiri yaitu kalkulator.

Fungsi Pemakaian Emas yang Biasa Dilakukan

Emas bukan saja sebagai alat perhiasan untuk mempercantik tubuh Anda. Melainkan juga sebagai investasi dan alat pembayaran. Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai fungsi emas:

1. Sebagai Perhiasan

Pemakaian emas untuk konsumsi perhiasan mencapai 52%. Hal ini disebabkan emas diperkirakan sebagai metal agung yang gampang dibuat dan dibangun dan sangat kuat temperaturnya.

2. Investasi

Berikutnya digunakan sebagai investasi. Emas investasi tentunya memiliki bentuk yang lain dengan emas perhiasan. Biasnya berbentuk emas batangan ataupun kepingan.

3. Mata uang

Tidak hanya berfungsi sebagai perhiasan maupun investasi. Emas juga difungsikan sebagai mata uang yang kerap kali dipakai untuk pembayaran dalam kegiatan bisnis. Hal ini disesuaikan dengan pembayaran dan wujud emas yang diinginkan.

Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Adanya kombinasi analogi 75% emas asli dan 25% materi lain membuat bentuk emas tampil lebih menawan serta menarik. Anda pasti berpikir akan menghabiskan uang yang tidak sedikit.

Ada formula nya sendiri untuk membagi harga jual emas perhiasan. Bagaimana cara perhitungan jual emas? Berikut ini ilustrasi yang dapat diberikan untuk metode membagi emas perhiasan.

Jumlah kadar emas yang dikenal sebesar 75%. Untuk besaran berapa karat emas juga menyesuaikan ada yang 24 karat, 23 karat serta 18 karat. Sesuaikan dengan ukuran emas Anda.

Dengan cara garis besar harga emas dinilai Rp 500.000 per gram. Jadi jika dimasukkan ke perhitungan akan sebagai berikut. Rumus menghitung emas per gram.

Rp 500.000 × 75% = Rp 375.000

Menghitung harga emas tidak perlu dipikirkan secara berat. Cara menghitung harga emas menggunakan kalkulator saja sudah bisa menjadi solusi dari kebimbangan harga yang Anda alami. (SA)

Tinggalkan Balasan