Cara Mengetahui PK AC dari Watt
Tips Bagaimana Cara Mengetahui PK AC dari Watt Dengan Mudah

Cara Mengetahui PK AC dari Watt dan Berbagai Tips Lainnya

Alkisahnews.com – Menggunakan pendingin ruangan di dalam rumah khususnya jika berada pada lingkungan panas sudah seperti suatu kewajiban. Cara mengetahui PK AC dari watt menjadi salah satu keharusan sebelum memasang pendingin agar sesuai dengan daya listrik serta luas ruangan.

Terdapat berbagai cara untuk mengetahui berapa PK pendingin ruangan yang Anda miliki. Besar PK atau Paard Kracht sendiri merupakan besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan suatu ruangan.

Cara Mengetahui PK AC dari Watt dengan Mudah

Biasanya, sebelum membeli Anda perlu memperhatikan daya listrik yang ada pada rumah Anda. Hal ini bertujuan agar daya pendingin ruangan tidak lebih besar dari daya rumah. Untuk mengetahui besar PK melalui watt adalah sebagai berikut, untuk besaran 400 Watt umumnya merupakan AC standar dengan 1/2PK. Sedangkan untuk daya 320 biasanya AC low watt 1/2PK.

Cara Mengetahui PK AC dengan Metode Lain

1. Mengetahui PK AC Merk Sharp

Selain mengetahui dari daya yang dimiliki, Anda juga dapat mengetahui besaran PK dari kode-kode tertentu. Misalnya, cara mengetahui PK AC Sharp dengan kode AH-A5UCY. Angka 5 pada kode tersebut dapat menunjukkan besaran tenaga pendingin ruangan yang Anda beli.

Sedang Trending :  Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi

Arti dari angka 5 tersebut menunjukkan bahwa pendingin ruangan tersebut memiliki BTU sebesar 5000 BTU/hr yang berfungsi untuk ruangan dengan luas 3×3 meter dan berkekuatan 1/2PK.

BTU atau British Termal Unit merupakan salah satu satuan juga dapat digunakan dalam mengetahui besaran PK dengan menghitung luas ruang.

2. Mengetahui PK AC Merk Panasonic

Sama halnya dengan merk Sharp, Anda juga dapat mengetahui besaran tenaga pada AC merk lain seperti Panasonic. Cara mengetahui PK AC Panasonic juga dengan melihat kode yang ada pada barang. Misalnya memiliki kode CS PC7JKJ, angka 7 tersebut menunjukkan bahwa pendingin ruangan memiliki BTU sebesar 7000 BTU/hr dan besaran 3/4PK.

3. Mengetahui PK AC Berbagai Model

Anda dapat tahu semua besaran pendingin ruangan berbagai merk dengan cara mengetahui PK AC dari model yang Anda beli. Pada dasarnya dengan melihat kode yang terselip dari model AC tersebut kemudian mengartikan angka yang ada dalam kodenya.

Misalnya, angka 9 pada kode berarti AC tersebut memiliki 9000 BTU/hr dan besaran 1PK. Selanjutnya angka 12 berarti 12000 BTU/hr dan memiliki besaran 1.5PK. (SA)

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan AC Aqua 1/2 pk

Tinggalkan Balasan