Kode Error Mesin Cuci Aqua Deteksi Masalah Serius
Ini Dia Kode Error Mesin Cuci Aqua Deteksi Masalah Serius

Kode Error Mesin Cuci Aqua Deteksi Masalah Serius

Kode error mesin cuci aqua berguna untuk mendeteksi kemungkinan adanya masalah serius pada perabot elektronik yang Anda gunakan. Walaupun sudah ada fitur self diagnosis, tetapi masih banyak diantara para pengguna yang belum paham dengan arti dari kode error yang ada pada mesin mencuci produk Aqua.

Dengan munculnya kode error mungkin membuat para penggunanya berpikir apa yang salah pada mesin cuci tersebut. Daripada Anda mengira-ngira tanpa tahu penyebabnya, berikut akan kami berikan informasi seputar kode error pada mesin cuci aqua.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

Pahami Arti dari Kode Error Mesin Cuci Aqua Terbaru

Bagi Anda yang masih belum mengetahui maksud dari tiap code eror mesin cuci aqua fa tidak perlu cemas. Berikut ini sudah kami rangkum beberapa kode yang error yang biasanya ditemukan pada mesin mencuci merk aqua, antara lain :

1. Kode Error E1

Untuk kode error E1 biasanya muncul disebabkan terjadinya kerusakan pada saluran masuknya air ke dalam bagian tabung mesin cuci. Bila muncul kode E1 pada papan kontrol, maka artinya adalah :

  1. Keran air yang masih belum terbuka sehingga dalam bagian tabung tidak terisi air
  2. Pada bagian jaringan filter katup tersumbat oleh air yang masuk
  3. Volume air yang kurang meskipun sudah dimasukkan air selama 30 menit

Cara mengatasinya sederhana, Anda bisa buka keran air dan pastikan selang tidak memiliki masalah. Bersihkan juga bagian filter katup masuk airnya, lalu kode E1 akan segera hilang dari layar kontrol mesin cuci.

Simak Juga : Cara Kerja Water Level Mesin Cuci

2. Kode Error E2

Kode error mesin cuci aqua top loading E2 ini memiliki arti bahwa terjadi masalah pada bagian saluran pembuangannya. Error ini pun bisa saja terjadi disebabkan air yang tidak dapat keluar dengan lancar.

Cara perbaikannya pun Anda bisa langsung cek selang pembuangan yang mungkin saja terlipat atau pun mengalami penyumbatan. Pastikan pula untuk instalasi saluran sudah sudah dengan prosedur supaya memudahkan air cucian keluar dari selang pembuangan mesin cuci.

3. Kode Error E5

Untuk code eror mesin cuci aqua E5 ini berhubungan langsung dengan pintu pada mesin mencuci. Yang mana bila kode tersebut muncul, artinya bahwa pintu mesin cuci tidak bisa tertutup disebabkan adanya fitur child lock aktif dan terjadi kerusakan pada bagian saklar. (SA)

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E

Tinggalkan Balasan