Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Paling Instan

Cara mengukur tegangan backlight TV LED sekarang banyak dicari. Itu karena, tegangan tersebut tidak boleh lebih atau kurang. Jika kondisinya tidak pas, lampu led tidak akan bekerja secara normal sehingga menyebabkan TV kesulitan untuk optimal.

Kebanyakan masyarakat memang sangat awam ketika melihat bagian dalam TV. Hal tersebut menjadi alasan mengapa orang yang menjalankan usaha di bidang alat elektronik sangat banyak. Namun perlu diingat kalau mengukur tegangan adalah hal yang sangat vital.

Setidak paham apapun Anda mengenai TV LED, pastikan kemampuan mengukur tegangan ini diketahui. Ditakutkan, Anda datang ke tempat service lalu malah tertipu karena tidak memahami ilmu dasar. Untuk menghindari itu, pemahaman ini bisa dikatakan sebagai hal penting.

Baca Juga : Penyebab Backlight TV LED Mati

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED

Perlu diketahui, sekarang ada rumor yang beredar mengenai cara modif tegangan backlight TV LED. Sebenarnya jika harus dibahas, cara modif tersebut cukup sederhana.

Hanya saja, seseorang tidak akan bisa melakukan modif apabila cara pengukurannya saja tidak diketahui. Oleh sebab itu, cara mengukur ini merupakan hal pokok yang perlu dipahami.

1. Membongkar Panel

Untuk mengukur tegangan ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membongkar panel. Jika panelnya sudah dibongkar, akan terlihat beberapa lampu led.

2. Menghitung Semua Lampu LED

Disini Anda perlu menghitung semua lampu led tersebut tanpa terkecuali. Nantinya tegangan tersebut akan menyesuaikan dengan jumlah lampu yang dimiliki. sebagai contoh, TV LED 24 inch membutuhkan tegangan 33 volt.

Itu karena, TV LED 24 inch memiliki PLD 24T800. Oleh karena itu, pastikan jumlah lampu yang dihitung sudah benar ketika akan melakukan pengukuran.

Simak Juga : TV LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Hati-Hati Ketika Sedang Melakukan Pembongkaran

Perlu diketahui, salah satu penyebab backlight TV LED mati adalah karena terguncang secara terus menerus. Nantinya guncangan tersebut akan memengaruhi kualitas lampu sehingga kondisinya menjadi tidak menyala.

Oleh karena itu, pastikan pembongkaran panel ini dilakukan secara hati-hati. Jika guncangannya terlalu keras, bukan tidak mungkin lampu tersebut nantinya akan mengalami kerusakan. Ini jelas akan menjadi hal yang sangat merugikan.

Kunci utama dari perbaikan alat elektronik adalah kehati-hatian. Oleh karena itu, pastikan untuk berhati-hati ketika melakukan perbaikan. Jauhkan alat elektronik dari penyebab kerusakan seperti air dan debu yang jumlahnya terlalu banyak. (SA)

Baca Juga : TV LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala