Mengatasi TV LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala
Tips Cara Mengatasi TV LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Mengatasi TV LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Ada beberapa cara mengatasi TV LG mati total lampu indikator tidak menyala. Namun jika melihat pada kondisi sekarang, hanya sedikit orang yang berani membetulkannya sendiri. Kebanyakan lebih memilih untuk bergantung pada tukang service.

Sebenarnya keputusan tersebut bisa diwajarkan. Itu karena, datang ke tempat service adalah cara paling instan untuk melakukan perbaikan. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan perbaikan sendiri.

Bisa saja, perbaikan yang dilakukan sendiri tersebut ternyata membuahkan hasil. Ini jelas menguntungkan karena uang yang tadinya akan dikeluarkan untuk melakukan perbaikan bisa disimpan. Tentu uang tersebut bisa dipakai untuk keperluan lain.

Baca Juga : Cara Setting TV LG Agar Jernih

TV LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Ketika TV LED mati total lampu indikator tidak menyala, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan penyolderan ulang. Tentu penyolderan ulang ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pastikan melakukan penyolderan secara hati-hati.

Itu diperlukan supaya hasil soldernya tidak merusak bagi lain dari TV led. Selain itu, perlu diingat juga beberapa bagian yang memang perlu disolder ulang. Beberapa bagian tersebut seperti regulator bagian primer dan sekunder.

Jika masalahnya memang disini, TV akan langsung menyala ketika penyolderan selesai dilakukan. Namun apabila penyebab TV mati total lampu indikator tidak menyala ternyata berbeda, hal ini tidak akan memberikan efek.

Simak Juga : TV LG Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Periksa Fuse dan Ukur Tegangan

Jika cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memeriksa fuse. Fuse atau sekring memegang peran vital untuk keberlangsungan TV led. Jika fuse tersebut putus, dapat dipastikan kalau TV akan otomatis mati.

Selanjutnya Anda juga bisa mengukur tegangan yang masuk ke regulator. Normalnya tegangan yang masuk berada di angka 400 V.

Angka tersebut sangat pas untuk membuat TV bekerja secara normal. Jika ketika dicek ternyata tegangannya tidak sesuai, ini membuktikan kalau sumber tegangan tersebut perlu diperbaiki sehingga besarnya menjadi lebih pas.

Jangan sampai asal ketika melakukan perbaikan. Jika perbaikan dilakukan secara asal, bukan tidak mungkin TV malah akan mengalami kerusakan. Nantinya ini malah akan membuat Anda semakin rugi. (SA)

Baca Juga : Penyebab Backlight TV LED Mati

Tinggalkan Balasan