Mengetahui Cara Setting TV LG agar Jernih Warnanya

Masyarakat mulai mencari cara setting TV LG agar jernih, dari televisi analog hingga ke siaran digital untuk mendapatkan kenyamanan saat menonton acara. Teknologi sekarang menawarkan gambar dan warna yang jernih.

Sebagian orang membeli televisi baru karena model lama sudah tidak mendukung digital. Cara setting ulang TV LG menjadi solusi mendapatkan warna yang jernih.

Mengenai hal tersebut, Anda sebagai pengguna televisi jenis ini perlu memperbaiki pengaturannya agar menonton atau menyaksikan siaran berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan lain dan bisa saja warna TV banyak penyebabnya.

Baca Juga : TV LG Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Perlu Diketahui Cara Setting TV LG Agar Jernih

Warna pada televisi yang tidak normal akan cenderung berwarna hijau , merah atau orange sangat mengganggu. Untuk mengatasi warna tersebut, pemilik televisi jenis ini perlu mengetahui cara setting agar menjadi jernih.

1. Atur Ulang Kecerahan

Permasalahan yang terjadi disebabkan karena pengaturan kurang tepat, solusinya adalah setting ulang kecerahannya. Silakan masuk ke menu pengaturan kemudian masuk opsi gambar lalu pilih standar. Lanjut dengan atur ulang warna kemudian tekan oke.

2. Mengganti RGB

Penyebab lainnya karena RGB yang mati, maka cara memperbaiki warna TV LG perlu dilakukan dengan pengukuran disetiap terminal tabung untuk mengetahui tegangan. Dalam kondisi normal tegangan pada tiga terminal katoda akan diukur sama.

Simak Juga : Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual

3. Mengganti IC Chroma

Sama halnya dengan mengganti RGB, pada saat komponen rusak dan menjadikan TV LG berubah warna tertentu. Dalam mengganti IC Chroma, pastikan Anda mengganti dengan jenis sesuai televisi sehingga hasilnya akan normal.

4. Bersihkan Bagian yang Berkarat

Apabila permasalahan terjadi karena ada karatan pada soket penghubung, silakan bersihkan dengan cara melepas soketnya. Soket tabung yang berkarat dan tidak dapat dibersihkan maka menyebabkan warna TV LG menghilang.

5. Mengecek Kondisi Tabung

Bagian terakhi adalah cara setting warna TV tabung LG dengan mengecek apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk mengeceknya bisa dilakukan secara manual yaitu melepas tabung terminal katoda dengan PCB.

Gunakan multimeter kemudian atur ke mode pengukuran tegangan DC 250V. tetapi jika tampilan warna di layar TV LG ada yang redup berarti katoda tabung sudah melemah dan saatnya untuk mengganti tabung tersebut. (SA)

Baca Juga : Cara Mencari Siaran TV Digital Polytron

Tinggalkan Balasan