Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual dengan Mudah
Tips Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual dengan Mudah

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual dengan Mudah

Cara mencari siaran TV digital secara manual bisa Anda lakukan dengan mudah. Pemerintah memberhentikan penyiaran TV Analog dengan teknologi baru berupa TV digital.

Masyarakat yang ingin mendapat saluran digital bisa membeli Set Top Box digital atau mengganti televisi menjadi LED dengan tuner DVBT2 dan mengetahui cara mencari siaran DVBT2.

Pilihan tersebut berlaku untuk pengguna TV analog dengan teknologi sadah lama. Meski harus mengeluarkan biaya, namun pemerintah sudah menjamin saluran bersifat gratis.

Baca Juga : Kode TV Sharp Tabung 21 Inchi

Beberapa Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual

Proses pencarian saluran TV digital secara manual sering dilakukan untuk proses mencari sinyal. Dengan mengetahui nomor yang ada pada MUX pemancar, Anda dapat mengatur antena UHF paling ideal.

Selanjutnya pastikan unit televisi sudah terpasang dengan baik untuk cara menyetel siaran TV digital. Hidupkan televisi dan set top box secara opsional untuk memulai mencari siaran

Tekan tombol yang ada pada remote TV untuk masuk ke pengaturan. Setelah itu, tekan opsi saluran dan pilih untuk pencarian saluran DTV, gunakan opsi metode mencari secara manual

Masukkan nomor parameter MUX dari tower pemancar, setelahnya akan terlihat beberapa indikator sinyal pada layat televisi. Untuk memperkuat sinyal televisi digital, silahkan putar antena tersebut.

Setelah itu, tekan tombol start untuk dapat memindai saluran yang dicari. Tunggu beberapa saat hingga semua proses pencarian selesai dan bisa langsing memilih channel untuk menonton.

Simak Juga : Kelebihan dan Kekurangan Tv Led Sharp Aquos 24 Inch

Cara Mencari untuk Channel Set Top Box

Sebagian orang belum mengetahui cara mencari siaran channel Set Top Box paling mudah. Terlepas dari jenis televisi atau Set Top Box yang digunakan, metode scan sama.

Bila terdapat AV pada televisi maka sesuaikan dengan koneksi dari STB apakah AV1 atau AV2. Setelah ditentukan, selanjutnya nyalakan STB dengan menekan tombol menu pada remote.

Selanjutnya mencari menu pencarian saluran dan lakukan pencarian secara otomatis sampai muncul daftar channel. Jika sudah selesai tekan tombol simpan untuk menyimpan saluran.

Untuk menikmati siaran TV digital, televisi harus dalam keadaan dan juga perlu diketahui bahwa tampilan dan tata letak menu bisa saja berbeda tergantung setiap merek televisi atau STB.

Siaran TV digital memuat gambar yang jernih dan tersedia beragam channel. Siaran tersebut dapat dinikmati bagi seluruh masyarakat tanpa perlu berlangganan atau secara gratis. (SA)

Baca Juga : Cara Mencari Siaran TV Digital Polytron

Tinggalkan Balasan