TV LG Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup? Ini Penyebabnya

TV LG tidak bisa nyala tapi lampu power hidup adalah salah satu permasalahan yang sering dijumpai. Yang namanya barang elektronik semahal apapun harganya tetap saja pernah mengalami kerusakan.

TV menjadi salah satu barang elektronik yang rentan adanya kerusakan. Misalnya TV dalam keadaan mati tapi lampu power masih dalam kondisi hidup. Kondisi ini sering dikenal dengan istilah TV mati standby.

Keadaan dimana lampu power masih hidup meskipun tidak mau menyala. Hal ini karena adanya kerusakan dari komponen-komponen di dalam televisi. Sehingga, mengakibatkan sistem kerja berjalan secara abnormal. Lalu, kenapa TV LG tidak bisa menyala?

Baca Juga : Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Penyebab dari TV LG Tidak Bisa Nyala tapi lampu power hidup

Ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui untuk mengetahui lebih dalam lagi. Berikut beberapa penyebabnya yakni:

1. Terdapat masalah pada komponen Elco

Elco merupakan komponen untuk menyaing tegangan DC dan menjadikannya stabil. Elco biasanya berfungsi pada blog power suplay bagian sekunder maupun primer SMPS.

Penggunaan elco hampir digunakan pada semua rangkaian elektronik. Maka sudah biasa ketika Anda membuka perangkat elektronik biasa dijumpai elco.

Jika pada komponen elco ini bermasalah, juga akan mengakibatkan televisi mengalami gangguan. Kondisi standby dimana menyebabkan televisi dalam keadaan mati namun lampu power tetap hidup.

Simak Juga : Harga Ganti Layar LED TV Pecah

2. Tidak berfungsinya Horizontal Flyback

Horizontal flyback berfungsi untuk menaikkan tegangan dalam bentuk pulsa gelombang gigi gergaji melalui transistor horizontal. Selain itu, membuka layar ke kiri dan ke kanan melalui defleksi yoke.

Rusaknya horizontal flyback membuat televisi kurang bisa bekerja secara maksimal. Hal lain dikarenakan tidak bekerjanya antara horizontal dengan transistor horizontal short. Penyebab tidak bekerjanya horizontal karena tegangan driver tidak ada atau bahkan transistor drivernya sudah mati.

3. Tegangan pada regulator TV

Ketika Anda menjumpai TV dengan problem lampu power hidup, namun belum bisa menyala. Hal ini bisa juga bersumber dari masalah regulator atau sambungan pada televisi.

Tegangan pada regulator biasanya terjadi pada beberapa level tegangan tinggi. Pada tegangan 5 volt tidak terjadi tegangan, sehingga lampu power masih hidup meskipun TV dalam keadaan mati.

Itu dia beberapa hal yang menyebabkan TV LG tidak bisa menyala tapi lampu power hidup. Berbagai macam TV termasuk LG juga mengalami kerusakan seperti tidak bisa menyala namun lampu power masih hidup. (SA)

Baca Juga : Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote