Cara Membuat Inverter Backlight TV LED yang Cukup Mudah

Cara membuat inverter backlight TV LED merupakan hal yang cukup mudah dan bagusnya skema ini dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan yang terjadi pada sebuah TV digital biasanya pada layar menjadi gelap atau mati total.

Cara memperbaiki inverter backlight, seperti gambar tidak ada namun suara masih normal, gambar bergaris, dan banyak lagi jenis kerusakannya. Dilihat dari gejala kerusakan pada gambar, kemungkinan kerusakan ada pada backlight televisi digital. Untuk bisa memperbaikinya, berikut cara membuat konverter daya listrik pada TV LED.

Baca Juga : Harga Ganti Layar LED TV Pecah

Berbagai Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Untuk membuat daya pencahayaan untuk TV digital bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa pusing mencarinya, berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Gunakan Skema

Sebagai langkah awal pembuatan, perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah memahami skema konverter pencahayaan TV yang ada sesuai merek televisi masing-masing. Setelah memahami, Anda bisa mencari komponennya di toko setempat.

2. Merakit Sesuai Skema

Tahap membuat inverter backlight pada TV LED berikutnya yaitu dengan merakit komponen sesuai skema tersebut. Nama dari sekema adalah Voltage Doubler, menggunakan IC 555 yang sederhana dan mudah di dapat. Anda bisa mencoba dahulu pada project board, kemudian merakit secara langsung.

Simak Juga : Cara Memilih TV LED yang Bagus dan Awet

3. Alat dan bahan

Sebelum memulai membuatnya, Anda perlu mempersiapkan beberapa alat serta bahan untuk digunakan nantinya sebagai cara memasang inverter backlight LED universal yang telah disiapkan. Alat dan bahan berupa 1 mesin lampu 3 watt, 1 relay 8 kaki, 1 PCB, serta 2 resistor.

4. Cara Kerja

Merangkai semua jalur mengikuti skema, yaitu dari USB, voltase 5 Volt untuk menyuplai induksi yang bersumber dari output USB. Lalui mesin lampu suplai backlight LED diperoleh dari output mesin lampu. Saat televisi dalam keadaan standby, lampu LED akan menyala berwarna merah.

5. Memastikan Keadaan Inverter LED Bekerja

Apabila tegangan pada titik B sama tegangan di titik A dan sama dengan VIN, maka berarti pencahayaan inverter belum bekerja. Ketika backlight telah bekerja, tegangan pada titik B akan lebih tinggi dibanding tegangan VIN.

Di sisi lain, apabila lampu pencahayaan normal dan inverter belum bekerja, maka cek tegangan VIN. Cek tegangan pada pin-Vcc IC inverter, cek pin- kontrol ON/OFF apakah sekitar 2 volt atau lebih, cek diode apakah terjadi short, dan cek elco filter pada tegangan backlight. (SA)

Baca Juga : Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote