Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E yang Tepat

Cara memperbaiki mesin cuci Samsung error 1E yang utama adalah dengan memahami kode 1E terlebih dahulu. Kode error 1E yang ditampilkan pada panel display mesin mencuci samsung ialah suatu bentuk peringatan.

Error 1E adalah kode deteksi bahwa terdapat kehancuran ataupun hambatan, terutama pada water level. Sensor air ini ialah komponen yang mengendalikan ketinggian air di dalam tabung mesin mencuci.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error DE

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E

Dari berbagai rujukan yang didapatkan, setidaknya ada tiga pemicu yang membuat mesin mencuci samsung berada pada kondisi error 1E. Bisa jadi karena kabel terputus, socket rusak ataupun mutu mesin yang menurun.

1. Putusnya Kabel Water Level

Umumnya, kehancuran kabel yang terkoneksi water level diakibatkan gigitan tikus, sehingga menimbulkan terputusnya kabel ataupun terkelupas. Dengan demikian, kabel tersebut tidak dialiri listrik secara optimal.

Dampaknya, water level tidak dapat memperoleh konsumsi dari listrik tersebut, sehingga tidak dapat mengetahui supplai air. Oleh karenanya, pada panel display bakal menunjukkan kode error 1E.

Untuk problem ini, metode memperbaiki mesin cuci Samsung lumayan gampang. Cuma butuh menyambungkan lagi kabel yang terputus dengan memakai lakban hitam namun pastikan rekatkan secara rapat.

2. Socket Rusak

Anda bisa mengetahuinya dengan membuka pintu balik drum mesin cuci terlebih dulu. Lalu, bakal ada kabel sensor air. Dalam menghubungkan kabel ke sensor air (water level) butuh peran socket.

Apabila socket tersebut dalam kondisi berkarat, secara otomatis socket tersebut tidak terhubung dengan sensor air. Bilas socket dengan meneteskan minyak putih di tiap pinnya. Kemudian, sikat pin tersebut supaya karatan yang ada di socket dapat lenyap.

Cara mengatasi mesin cuci Samsung error 1E, dalam menyambungkan kembali socket ke sensor air harus pas (tidak boleh terbalik). Hendaknya, Anda mengambil foto terlebih dulu supaya tidak terbalik apabila disambungkan lagi.

Simak Juga : Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

3. Sensor Air Eror

Begitu berartinya komponen sensor air tingkat pada mesin, hingga kala sensor air tersebut rusak maka rusaklah fungsi kerjanya. Dampaknya, tidak dapat mengetahui suplai air secara optimal. Anda wajib menggantinya dengan sensor air yang anyar.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan secara langsung untuk memperbaiki mesic cuci merk Samsung. Cara memperbaiki mesin cuci yang rusak memang sangat relatif, itu tergantung pada bagian mana kerusakannya. (ditulis oleh SA untuk Alkisahnews.com)

Kata Kunci Populer:

samsung error 1e