Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol
Tutorial Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol. Apalagi kini merek mesin cuci dua tabung, memiliki berbagai fitur yang unik. Mereka berbagi sistem kerja yang serupa secara umum, meskipun komponen atau suku cadang merek lain berbeda.

Setiap bagian pendukung mesin cuci 2 tabung, termasuk pulsator, gearbox, vanbelt, dan seal knalpot, memiliki berbagai ukuran.

Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk menggantinya dengan ukuran yang sama jika ada kerusakan. Desain mesin cuci dua tabung ini bervariasi, dan beberapa memiliki tata letak yang pas sehingga memudahkan perawatan.

Selain itu, alat ini menggunakan desain yang tangguh mulai dari bagian hingga bodi dengan bahan yang kokoh dan menambahkan banyak baut untuk memperkuat mesin cuci.

Baca Juga : Cara Kerja Water Level Mesin Cuci

Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

Ada beberapa kerusakan yang dialami mesin cuci, sehingga cara memperbaikinya juga berbeda. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci

Saat mesin cuci dihidupkan untuk pertama kalinya, kapasitor melepaskan listrik untuk memberikan daya putaran yang lebih besar pada motor drum.

Anda harus menentukan apakah kapasitor penyebab mesin cuci tidak berputar sebelum mengganti knop putaran mesin cuci. Kabel ohm-meter harus dihubungkan ke kapasitor mesin cuci untuk mengujinya. Kapasitor rusak jika jarum tidak bergerak.

Teknik penggantian kapasitor mesin cuci kemudian dilanjutkan setelah dipastikan kapasitor rusak.

Kapasitor biasanya ditahan di tempatnya oleh perangkat logam atau plastik yang terpasang pada dinamo saat Anda membuka kabinet di bagian belakang mesin cuci. Ganti kapasitor lama dengan yang baru dan tutup kabinet mesin cuci tersebut.

2. Mesin Cuci Air Keluar Terus Menerus

Katup air yang kotor atau tombol level air yang rusak adalah dua penyebab aliran air terus menerus. Saat mesin cuci dimatikan, jika air mulai bocor, maka katup air rusak dan perlu diganti.

Sedang Trending :  Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci Sendiri di Rumah

Namun, jika air berhenti mengalir saat tombol dimatikan, berarti ada masalah dengan saklar kadar air. Katup air atau sakelar tersebut dapat diganti dengan yang baru.

3. Seal Mesin Cuci Bocor

Baik segel pintu mesin cuci maupun segel tabung dapat digunakan untuk menentukan sumber kebocoran dan cara memperbaiki mesin cuci. Jika air bocor saat mengaduk atau mengisi air, segel tabung adalah penyebabnya.

Segel pintu, bagaimanapun, adalah masalah jika air bocor dari area pintu mesin cuci karena robek atau tersumbat kotoran dan tidak dapat ditutup rapat.

Saat Anda menemukan mesin cuci yang rusak, Anda akan langsung mengantisipasi biaya perbaikan yang tinggi, apalagi jika garansi sudah habis. Namun semua itu bisa dihindari jika Anda memperbaikinya sendiri.

Simak Juga : Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Beberapa Penyebab Mesin Cuci Rusak

Ada beberapa penyebab mengapa mesin cuci rusak yang harus di ketahui. Di antaranya adalah:

  1. Kebanyakan Muatan: Bak mesin cuci akan macet dan tidak bisa bergerak jika terlalu banyak pakaian di dalamnya.
  2. Dinamo Tidak Berfungsi: Dengan menggunakan dinamo, bak mesin cuci dihidupkan. Mesin tidak mau hidup karena kabel berjumbai, tali dinamo kendor, dan as roda tidak bersih.
  3. Saklar Tutup nya Rusak: Saklar tutup atau door switch berfungsi sebagai pendeteksi pintu mesin cuci. Tabung akan berhenti berputar jika pintu dibiarkan terbuka. Masalahnya adalah sakelar tutup yang rusak akan mencegah tabung berputar.

Itulah penyebab dan beberapa cara memperbaiki mesin cuci yang rusak dengan mudah yang bisa diterapkan. (ditulis oleh SA untuk Alkisahnews.com)

Tinggalkan Balasan