Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel
Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel

Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel

Cara memasang saklar lampu dan stop kontak 2 kabel masih jarang diketahui banyak orang meskipun keberadaannya selalu dibutuhkan. Stop kontak maupun saklar menjadi komponen harus ada di rumah atau gedung.

Mengingat stop kontak memiliki fungsi penting yaitu untuk mengendalikan aliran listrik PLN dengan perangkat elektronik. Mirip dengan saklar dengan fungsi utama mematikan dan menyalakan perangkat listrik agar lebih mudah.

Apabila Anda belum paham cara memasang dua komponen penting tersebut, tidak perlu khawatir. Dikarenakan kami akan membantu memberikan panduan lengkap cara instalasi saklar lampu serta stop kontak dengan 2 kabel.

Ingin tahu cara lengkap dalam memasang saklar lampu maupun stop kontak? Pelajari lewat ulasan ini selengkapnya. Anda harus mengikuti setiap panduan kami agar paham langkah memasangkan saklar dan stop kontak.

Baca Juga : Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Broco Dengan 2 Kabel

Cara Memasang Saklar Lampu dan Stop Kontak 2 Kabel

Sebelum memasangkan saklar maupun stop kontak, Anda harus paham rangkaian komponen ini terlebih dahulu. Saklar lampu akan disandingkan dengan stop kontak 2 kabel yang berfungsi menghubungkan sumber listrik ke perangkat elektronik.

Cara pasang saklar 2 lampu 1 colokan bisa ketahui dulu rangkaian saklar yang terdiri dari dua sambungan kabel. Sambungan kabel pada saklar yaitu terdiri dari kabel input dan output.

Lalu pahami juga rangkaian lampu yang terdapat dua sambungan kabel utama yaitu 1 kabel netral dengan output. Nantinya kabel netral dari sumber, sedangkan kabel output untuk dipasangkan ke saklar.

Sedang Trending :  Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Broco dengan 2 Kabel

Belum cukup, kenali juga rangkaian stop kontak 2 kabel yang terdiri dari 1 kabel fasa dan satu kabel netral. Keduanya akan dipasangkan sesuai dengan prosedur tepat supaya aliran listrik lancar.

Untuk mengetahui cara pasang stop kontak 2 kabel, simaklah penjelasan kami di bawah ini. Berikut kami akan jelaskan cara pemasangan stop kontak beserta saklar lampu yang mudah dicoba sendiri nantinya.

Simak Juga : Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Langkah Pasang Stop Kontak dan Saklar

Dimulai dengan memasang stop kontak, Anda harus melakukan pemasangan kedua kabel antara fasa dan netral. Kedua kabel ini harus dipasang secara rapat supaya terhindar dari risiko goyah selama dipakai.

Anda dapat memasangkan sesuai tempat yang diberikan pada stop kontak, kemudian tutup secara rapat. Dengan mudah kedua kabel pada stop kontak akan terpasang secara langsung tanpa harus menggunakan kabel ground.

Selanjutnya untuk pemasangan saklar lampu harus ditaruh di tembok terlebih dahulu. Untuk terminal tanda merah menjadi tanda kabel input masuk dari PLN, jadi harus dipasang secara tepat.

Sedangkan untuk terminal tanda putih bisa dipasangkan kabel output dengan fungsi menghidupkan atau mematikan perangkat elektronik. Setelah terpasang secara baik, maka Anda dapat menggunakan saklar lampu secara aman.

Dengan memperhatikan cara memasangkan stop kontak maupun saklar untuk lampu, kini Anda bisa mencoba langsung. Ternyata cara pasang stop kontak 2 lampu mudah dilakukan asalkan paham setiap tahapan secara benar. (SA)

Baca Juga : Cara Menggunakan Bluetooth Receiver Pada Speaker Aktif

Tinggalkan Balasan