Cara Melihat Kode QR Wifi di HP Samsung dan Menggunakannya
Tutorial Cara Melihat Kode QR Wifi di HP Samsung dan Menggunakannya

Cara Melihat Kode QR Wifi di HP Samsung dan Menggunakannya

Alkisahnews.com – Mungkin tak semua orang mengetahui bagaimana cara melihat kode QR wifi di HP Samsung, namun tenang saja karena pada artikel kali ini karena akan membahasnya secara tuntas. Apalagi seiring berkembangnya teknologi sistem operasi Android semakin menarik.

Kini sistem operasi Android menghadirkan berbagai macam teknologi dan dukungan mutakhir sehingga sangat mempermudah para penggunanya saat menjalankan aktivitas pada ponselnya.

Sejumlah perusahaan teknologi bahkan sudah membekali sistem operasi terkini dan salah satunya adalah Samsung sebagai salah satu perusahaan yang memiliki nama cukup besar bahkan Samsung sudah memiliki fitur berbagi wifi melalui kode QR terlebih dahulu.

Sebelum Google menanamkan fitur tersebut bahkan Samsung sudah mendahuluinya di mana fitur kode QR tersebut tidak serta-merta melindungi kata sandi namun Anda bisa berbagi koneksi internet dengan sangat praktis.

Seputar Wifi QR yang Perlu Diketahui

Ketika bermasalah dengan koneksi internet biasanya orang-orang akan lebih memanfaatkan jaringan wi-fi karena selain bisa digunakan secara bersama-sama, wi-fi sekarang sudah memiliki wi-fi QR code scanner.

Dengan menggunakan wi-fi QR tersebut maka jaringan bisa langsung dihubungkan dengan komputer, laptop hingga ponsel pintar namun harus terlebih dahulu melakukan scan pada kode QR tersebut.

Adanya wi-fi QR ini membuat Anda bisa dengan mudah menghubungkan perangkat dengan wi-fi tanpa harus membagikan password yang cukup rumit yang terkadang banyak orang malas menginput password tersebut.

Umumnya untuk bisa menggunakan wi-fi QR code scanner adalah dengan mendownload aplikasi terlebih dahulu untuk memudahkan para penggunanya melakukan scanner, namun setiap ponsel Android dengan merek yang berbeda memiliki cara berbeda pula.

Cara Melihat Kode QR Wifi di HP Samsung

Seperti yang diketahui bahwa Anda akan menggunakan kata sandi yang cukup rumit untuk mengamankan koneksi pada jaringan wi-fi namun sayangnya ketika membagikannya ke orang yang dikehendaki tidak jarang malah kesulitan saat mengeja password tersebut.

Untuk meminimalisir hal tersebut maka Anda bisa menambahkan fitur kode QR sehingga tidak harus mendik kata sandi yang memiliki risiko kesalahan tinggi namun Anda hanya perlu memindai gambar untuk mengembalikannya.

Pada ponsel Samsung, fitur ini sudah ada sejak lama dan bisa digunakan sejak one UI berbasis Android Pie, cara menggunakannya juga sangat mudah dan pertama-tama Anda harus melihat kode QR wi-fi Samsung dengan cara berikut:

  1. Buka pengaturan atau setting melalui icon aplikasi atau status bar pada ponsel Anda
  2. Kemudian masuk ke pengaturan connection
  3. Selanjutnya pilih opsi wi-fi
  4. Ketuk icon roda gigi pada nama jaringan wi-fi yang terhubung kemudian klik pada opsi QR code
  5. Tunggu perangkat secara otomatis menampilkan kode QR dari jaringan terkait yang biasanya berisikan nama hingga pengaturan keamanan serta kata sandi

Ketika sama-sama menggunakan perangkat Samsung maka Anda bisa melakukan pemindaian dengan kamera bawaan namun jika menggunakan ponsel lain maka Anda bisa melakukan pemindaian lewat aplikasi tertentu.

Cara menggunakan kamera bawaan adalah dengan membuka aplikasi kamera pada Samsung kemudian masuk ke bagian setting dan tekan opsi scan QR codes hingga menyala. Selanjutnya kembali ke halaman utama pada aplikasi kamera.

Arahkan kamera pada kode QR yang tersedia dan secara otomatis kamera Samsung akan membaca kode QR tersebut. Atau bisa menggunakan Samsung internet dengan memperbarui aplikasi Samsung internet melalui halaman galaxy store.

Anda hanya perlu klik menu icon hamburger pada pojok kanan bawah kemudian pilih setting dan masuk ke menu useful features, pastikan tombol QR kode scanner dalam kondisi hidup lalu kembali ke halaman utama pemban dan klik icon kode QR, sangat mudah bukan? (SA)

Tinggalkan Balasan