Cara bayar BPJS lewat SMS Banking Mandiri
Tutorial Cara bayar BPJS lewat SMS Banking Mandiri

Cara Bayar BPJS Lewat SMS Banking Mandiri, Super Mudah

Alkisahnews.com – Apakah Anda sudah mengetahui cara bayar BPJS lewat SMS banking mandiri? Sekarang BPJS telah bekerja sama dengan bank Mandiri untuk melakukan kegiatan transaksi agar lebih mudah.

Kemudahan demi kemudahan diberikan kepada pengguna BPJS agar tidak mengalami keterlambatan pembayaran tagihan iuran. Sebagai catatan Anda bisa menggunakan dial UMB ke nomor P141P6# bukan via sms yang diketik.

Untuk mengetahui bagaimana caranya membayar tagihan BPJS dari sms banking mandiri, simak penjelasan kami. Untuk memudahkan Anda melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Biaya Operasi Mata Minus dengan BPJS

Bagaimana Cara Bayar BPJS Lewat SMS Banking Mandiri?

Cara ini akan mudah dipahami bagi semua kalangan, dengan mudah Anda akan paham. Untuk mengetahui bagaimana caranya, Anda bisa menyimak beberapa cara dibawa ini:

  1. Ketik pada tombol telephone dengan deret angka *141*6#, kemudian tampilan akan berubah kebeberapa menu pilihan. Klik no 4 Bayar, maka tampilan akan berubah menunjukkan layanan pembayaran lainnya, pilih nomer 7 Asuransi.
  2. Proses selanjutnya cara bayar BPJS lewat SMS Banking Bank Mandiri ini menggunakan kode pembayaran jika Anda belum menemukan bisa memilih 99 untuk membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan dengan kode 13.
  3. Langkah berikutnya Anda harus memasukkan no MVA atau disebut dengan nomor virtual account BPJS Kesehatan). Setelah memasukkan nomor, Anda bisa memasukkan jumlah uang yang harus dibayarkan.
    • Jika Anda belum mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan, maka Anda bisa mengecek melalui aplikasi JKN. Anda akan menemukan informasi mengenai berapa jumlah uang yang harus dibayarkan.
  4. Apabila proses telah selesai, akan muncul total tagihan yang harus Anda bayarkan, dan Amount Input, atau nominal yang harus Anda input. Kami sarankan untuk memilih no 1 agar tidak salah ketika hendak membayar tagihan.
  5. Proses selanjutnya Anda harus memasukkan . 2 digit PIN SMA banking Mandiri sesuai dengan perintah urutan angka. Jangan sampai keliru memasukan pin karena bisa terjadi kegagalan pembayaran.
  6. Apabila transaksi pembayaran yang Anda lakukan berhasil, maka akan mendapat pemberitahuan. Melalui SMS Banking Mandiri. Untuk memudahkan pembayaran selanjutnya maka bisa Anda pilih masukkan ke Favorit dengan menekan angka 1.
Sedang Trending :  Cara Bayar BPJS Lewat Brilink yang Memudahkan Anda

Berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan, membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan jauh lebih mudah. Cara membayar bpjs lewat sms Banking sangat direkomendasikan untuk menghemat waktu Anda.

Anda juga bisa menggunakan alternatif lain untuk membayar tagihan BPJS, yaitu dengan mendownload aplikasi mandiri mobile. Ini sangat membantu Anda dalam kesibukan atau sedang malas keluar rumah.

Simak Juga : Cara Bayar Denda BPJS lewat ATM

Dampak Menunggak BPJS Kesehatan Bagi Pelayanan

Perlu Anda ketahui bahwa menunggak iuran BPJS Kesehatan akan berdampak panjang selain tidak mendapat layanan Kesehatan, juga akan merugikan negara. Jika Anda menunggak lebih dari satu bulan, layanan BPJS akan tidak diakses.

Layanan bisa diakses lagi apabila Anda melakukan pelunasan tunggakan tagihan iuran BPJS Kesehatan. Padahal biaya iuran paling tinggi yaitu sekitar Rp. 150 ribu, dengan begitu Anda sudah mendapatkan layanan Kesehatan cuma-Cuma.

Sementara jika status Anda di non-aktifkan karena menunggak, secara otomatis Anda tidak bisa merasakan manfaat perlindungan Kesehatan tersebut. Jika Anda menunggak akan membuat Anda membayar lebih mahal dibandingkan biaya biasanya.

BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan bank Mandiri, cara bayar BPJS lewat livin Mandiri . Pelayanan ini seharusnya lebih memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS Kesehatan. Nikmati pelayanan Kesehatan dengan maksimal. (SA)

Tinggalkan Balasan