Cara Bayar BPJS Lewat Brilink yang Memudahkan Anda
Tutorial Cara Bayar BPJS Lewat Brilink yang Memudahkan Anda

Cara Bayar BPJS Lewat Brilink yang Memudahkan Anda

Alkisahnews.com – Perlu Anda ketahui bagaimana Cara bayar BPJS lewat BRILink, yang pasti lebih fleksibel untuk Anda. PT Bank Rakyat Indonesia yang digandeng okeh BPJS Ketenagakerjaan ingin memperluas layanannya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah peserta BPJS membayar iuran.

Agen BRILink tidak hanya menyediakan layanan untuk BPJS ketenagakerjaan saja, melainkan juga untuk pemegang BPJS Kesehatan. Pertanyaan yang sering ditanyakan yaitu bagaimana cara untuk membayar melalui BRILink?

Baca Juga : Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

Cara Bayar BPJS Lewat BRILink dengan Mudah

Prosedur pembayaran BPJS melalui BRILink sangat mudah, Anda harus pergi ke agen BRILink terdekat terlebih dahulu untuk membayar iuran Anda. Boleh di mana saja yang terpenting tercatat sebagai agen. Cara selanjutnya akan kami jelaskan dibawah ini:

1. Download Aplikasi BRILink Mobile

Cara yang pertama yaitu Anda harus mendownload terlebih dahulu Aplikasi BRILink Mobile, untuk melakukan transaksi. Aplikasi ini bisa untuk membayar BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Ini sangat mudah untuk digunakan, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kesulitan. Aplikasi ini sudah terdapat fitu-fitur yang digunakan untuk melakukan pembayaran.

2. Mengetahui Kode Pembayaran BPJS

Kode ini harus Anda isi untuk bertransaksi sesuai dengan kebutuhan Anda. Kode BRILink terdapat dua jenis, yaitu

  • 88888 + 11 Digit nomor Kartu BPJS untuk pembayaran tagihan tepat waktu
  • 88881 + 11 Digit nomor Kartu BPJS untuk pembayaran denda BPJS

11 Digit nomor BPJS yang dimaksud disini adalah 11 digit yang harus dimasukkan dari belakang. Contohnya, nomer yang tertera 0002324002322, maka 00 (dua digit dari depan tidak dimasukkan).

Sehingga yang dimasukkan adalah 02324002322, contoh penulisan dengan menggunakan kodenya yaitu, 8888802324002322 bagi pembayaran tepat waktu. 8888102324002322 bagi yang mengalami keterlambatan.

3. Masuk Aplikasi BRILink

Mulai dengan masuk Aplikasi BRILink Mobile, loging dengan username dan password yang telah terdaftar. Selanjutnya Anda bisa memilih layanan yang akan digunakan yaitu BPJS Kesehatan atau BPJS ketenagakerjaan.

Sedang Trending :  Inilah Cara Bayar Home Credit Via Mobile Banking BCA

Masukkan kode sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya, ingat jangan sampai keliru karena akan terjadi kegagalan transaksi. Klik kirim, pada halaman review Anda bisa melakukan pengecekan data.

Apakah data yang sudah Anda masukkan sebelumnya telah benar atau terdapat kesalahan. Jika terdapat kesalahan, Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu, dan apabila sudah benar dapat memasukkan password.

Klik bayar, Anda akan mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil, lanjutkan pencetakan kartu struk sebagai bukti telah melakukan pembayaran. Kemudian serahkan struk kepada yang melakukan pembayaran.

Cara Bayar BPJS Lewat Mesnin EDC BRILink dan Cara Membayar Denda Lewat BRILink

Bagi Anda yang mengalami denda karena keterlambatan, sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan kode berbeda dengan yang tepat waktu. Cara yang digunakan sama dengan membayar tedapat waktu.

Pembayaran BPJS melalui mesin EDC sebenrrya adalah cara yang lama, tetapi bisa menjadi solusi untuk Anda apabila terjadi user error. Teknis pembayaran yang dilakukan tetap sama dengan memasukkan kode ditambah dengan 11 digit kartu BPJS.

Untuk melakukan pembayaran Anda harus menghidupkan mesin EDC terlebih dahulu, pilihlah mini ATM dan pilih Multipayment. Akan muncul beberapa pilihan klik pembayaran kemudian geseklah ATM Anda.

Jika sudah, Anda bisa memasukkan kode pembayaran untuk BPJS yang telah kami jelaskan sebelumnya. Pilih kode pembayaran beserta 11 digit nomer BPJS. Masukkan PIN ATM Anda dan bisa klik enter.

Anda akan ditunjukkan review pembayaran, Anda bisa mengecek apakah transaksi apakah sudah benar atau terjadi kesalahan. Akan ada nominal pembayaran beserta biaya admin BRILink.

Klik enter untuk melakukan pembayaran, akan keluar struk sebagai bukti telah melakkan transaksi. Bukti tersebut bisa diserahkan kepada orang yang membayar transaki.

Cara bayar BPJS lewat BRILink mobile sangat mudah, Anda bisa melakukan di mana saja yang terpenting terdapat BRILink untuk melakukan transaksi. Transaksi ini sudah dijamin aman karena BPJS telah bekerja sama dengan Bank Rayat Indonesia. (SA)

Tinggalkan Balasan