Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci Sendiri di Rumah
Tutorial Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci Sendiri di Rumah

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci Sendiri di Rumah

Alkisahnews.com – Kapasitor merupakan elemen penting yang ada di dalam mesin cuci, lalu tahukah Anda bagaimana cara memasang kapasitor mesin cuci sendiri di rumah? Apabila pembaca penasaran bisa simak penjelasan berikut ini.

Pada dasarnya setiap mesin cuci memiliki kapasitor yang sangat penting untuk menjalankan dinamo pada mesin. Sama seperti halnya kipas angin, mesin cuci memiliki cara kerja memutar saat mencuci dan mengeringkan pakaian.

Sedangkan ada perbedaan antara skema kapasitor mesin cuci dengan kipas angin tersebut dan perbedaan itu juga terletak pada besarannya tegangan listrik. Meskipun begitu, cara kerjanya tetap sama, hanya proses pembongkarannya saja yang sedikit lebih rumit.

Terkait penyebab kapasitor mesin cuci rusak memang terkadang tidak disadari oleh para penggunanya. Tiba-tiba saja mesin tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga hal tersebut membuat para pengguna merasa panik.

Maka sangat disayangkan apabila hanya kapasitornya saja yang rusak, namun Anda justru memilih untuk membeli mesin cuci baru. Sedangkan pemasangan kapasitor tersebut, terbilang cukup sederhana karena dapat dilakukan sendiri.

Baca Juga : Cara Kerja Water Level Mesin Cuci

Ciri-ciri Rusaknya Kapasitor di Mesin Cuci

Sebenarnya untuk mengetahui fungsi kapasitor mesin cuci tersebut terjadi kerusakan atau tidak dapat dilihat dari ciri-cirinya. Apabila ciri-ciri tersebut terjadi pada barang Anda tersebut, maka bisa segera menggantinya di rumah.

Ciri-ciri yang paling umum terjadi yaitu saat Anda menghidupkan mesin cuci, terdengar suara dengungan di dalam mesin namun dinamo tidak menyala atau berputar. Dengungan tersebut menandakan kerusakannya tidak menyeluruh.

Dengungan mesin masih menyala merupakan tanda bahwa listrik masih tersebut dari sumber. Tidak berputarnya dinamo menandakan bahwa kapasitor di dalamnya tidak berjalan atau berfungsi sebagaimana mestinya.

Ciri-ciri lain yang menandakan bahwa kapasitor tersebut tidak berfungsi seperti sebelumnya yaitu putaran dinamonya cukup lemah. Hal ini disebabkan karena sambungan listrik ke kapasitor kurang lancar.

Masalah juga sering dialami oleh pengguna yaitu mesin cuci seperti tidak menyali dari suara maupun dinamonya. Anda jangan panik dulu, bisa jadi arah tersebut juga disebabkan oleh rusaknya kapasitor pada mesin jadi perlu ada pengecekan.

Sedang Trending :  Seperti Apa Cara Kerja Water Level Mesin Cuci ?

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci secara Mandiri

Terdapat beberapa langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memasang secara mandiri kapasitor mesin cuci di rumah. Untuk langkah-langkahnya tersebut, bisa perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Cari Kapasitor dengan Daya 450 Volt

Perlu Anda perhatikan bahwa kapasitor yang ada di dalam mesin cuci memiliki tegangan listrik cukup besar. Tentunya, Anda juga perlu mencari pengantar dinamo ke sumber listrik tersebut setidaknya sekitar 450 volt.

2. Membongkar Mesin Cuci

Apabila sudah membeli dan memilikinya, Anda bisa langsung membuka bagian belakang mesin cuci tersebut cara hati-hati. Alasan mengapa perlu hati-hati dalam membukanya karena menghindari kerusakan pada kabel.

3. Cari Kapasitor yang Sekiranya Rusak

Perlu juga Anda pahami bahwa bentuk dari kapasitor di dalam mesin tersebut yaitu silinder, di mana terdapat empat buah kabel melengkapinya. Tabung silinder itulah yang nantinya perlu dicek atau diganti.

4. Cek Tegangan

Dalam proses penggantian ini, Anda membutuhkan peralatan terkait melihat tegangan listrik pada kapasitor. Apabila sudah ditemukan masalahnya, maka bisa diputus kabel yang menyambung ke aliran listrik.

5. Ganti Kapasitor

Berikutnya yaitu, pasang kapasitor yang baru tersebut sumber masalah sebelumnya. Pastikan dalam memasang jangan sampai terbalik karena usaha ini nantinya akan menjadi sia-sia, di mana benda tersebut jadi tidak berfungsi.

Disarankan sebelum melakukan pembongkaran lihat terlebih dahulu mesin cucinya berjenis dua tabung atau empat tabung karena hal ini sangatlah penting. Penanganan juga jelas berbeda namun dasar-dasarnya tetap sama.

Jadi, kalau peralatan rumah tangga ini tiba-tiba tidak berfungsi seperti sebelumnya, Anda tidak perlu panik lagi. Dengan menerapkan cara-cara di atas, maka masalah kapasitor dapat teratasi segera. (SA)

Tinggalkan Balasan