Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan Bisa Diterapkan di Rumah
Tutorial Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan Bisa Diterapkan di Rumah

Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan Bisa Diterapkan di Rumah

Bagi Anda yang ingin hemat listrik, sedangkan kerap lupa mematikannya, maka informasi cara pasang otomatis lampu jalan ini sangat dibutuhkan. Apalagi kalau sampai lampu tersebut digunakan untuk di taman.

Memasang lampu untuk menerangi taman atau jalanan di dekat rumah memiliki manfaat cukup besar bagi diri Anda dan orang lain. Namun, pemakaian listriknya juga perlu diperhatikan demi menghemat energi.

Oleh sebab itu, solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu memasang saklar otomatis. Sebenarnya memasang rangkaian saklar otomatis lampu jalan cukuplah mudah dan Anda tidak membutuhkan bantuan orang lain.

Sedangkan untuk dapat memiliki alat sensor lampu otomatis tersebut terbilang cukup mudah karena dapat ditemukan di marketplace. Begitu juga harganya terbilang cukup terjangkau dan tidak membebani para penggunannya.

Baca Juga : Cara Pemasangan Penghisap Asap Dapur

Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang cara pasang sensor lampu, maka perlu memahami beberapa poin di bawah ini. Untuk langkah-langkahnya sendiri sangatlah mudah yaitu dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Perhatikan Proses Pemasangannya

Untuk menghindari keadaan berbahaya dalam melakukan pemasangan lampu otomatis ini, Anda perlu memastikan bahwa sumber tegangan tersebut terputus terlebih dahulu. Hal ini terkadang sering di lupakan dilupakan oleh beberapa pelakunya.

2. Menyesuaikan Sensor Cahaya dengan Benar

Menyesuaikan sensor cahaya dalam posisi yang benar merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh para teknisi. Alasannya, agar sensor tersebut dapat berfungsi secara efektif ketika sudah digunakan oleh Anda.

Pastikan bahwa pemasangan sensor tersebut terkena sinar matahari secara langsung. Sebisa mungkin tidak ada halangan dalam bentuk apapun yang menutupi sensor ini. Hal ini sangat mempengaruhi cara kerja sensor untuk mengidentifikasi siang dan malam.

Dalam pemasangan sensor lampu tersebut juga perlu berjauhan dengan sumber cahaya lampu lainnya. Terkadang sensor tersebut justru mengidentifikasi cahaya dari lampu tersebut, sehingga dianggap bersumber dari matahari.

3. Memasang Kabel Sesuai Rangkaian

Berikutnya yaitu memasang kabel sesuai rangkaian yang sudah ditentukan. Dalam menentukan jenis kabel setidaknya para teknisi perlu memahami standar terkait syarat instalasi. Apalagi hal ini juga sangat mempengaruhi keamanan dalam penggunaannya.

Sedang Trending :  Cara Pasang NFC di HP Non NFC Dalam Waktu Singkat

Terdapat tiga kabel yang akan digunakan dalam pemasangan sensor photocontrol atau lampu otomatis ini. Setiap warna perlu dihubungkan ke arus listriknya masing-masing yang terdapat di sensor photocontrol tersebut.

Jika Anda menemukan kabel berwarn hitam maka perlu disambungkan ke kabel fasa sumber arus listrik yang ada di sensor photocontrol. Dalam proses ini jangan sampai salah menyambungkan ke sumber listrik lain karena dapat menyulitkan fase selanjutnya.

Sedangkan untuk kabel berwarna putih harus disambungkan ke kabel netral sumber listrik menuju ke lampu. Kabel warna merah pada sensor photo control, harus disambungkan ke kabel fasa yang mengarah kepada beban lampu.

Simak Juga : Cara Pasang Filter Air Sumur Bor

Manfaat Penggunaan Alat Sensor Lampu yang Otomatis

Setelah mengetahui bagaimana cara memasang alat sensor pada lampu di atas, Anda juga perlu mengetahui manfaat seperti apa yang bisa dirasakan. Sedangkan manfaat ini bisa dirasakan sendiri maupun dirasakan orang lain.

Manfaat yang bisa dirasakan sendiri yaitu Anda dapat menghemat biaya pengeluaran uang untuk membayar listrik. Apalagi Penghematan energi ini juga sudah dicanangkan oleh pemerintah untuk masa depan.

Meskipun, banyak orang sudah menerapkan penghematan energi, sifat lupa terkadang masih ada pada diri manusia. Sebab itu, pemasangan sensor otomatis ini bisa menjadi solusi efektif bagi masyarakat saat ini.

Bagi Anda yang bertempat tinggal di pedesaan atau gang-gang pinggir kota, terkadang penerangan jalannya masih belum cukup baik. Dari hal tersebut, masyarakat perlu berinisiatif untuk memasangnya sendiri di rumahnya masing-masing.

Sedangkan penggunaan lampu otomatis akan membantu mereka agar tidak bolak-balik setiap kali ingin menghidupkan lampu. Maka dari itu, manfaat penggunaan alat sensor ini benar-benar berarti bagi masyarakat secara tidak langsung. (SA)

Baca Juga : Cara Menggunakan Magic Com YongMa Digital

Tinggalkan Balasan