Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Broco dengan 2 Kabel
Tutorial Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Broco dengan 2 Kabel

Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Broco dengan 2 Kabel

Alkisahnews.com – Cara memasang stop kontak dan saklar Broco dengan 2 kabel kerja dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Ketika memutuskan untuk memasang stop kontak dan saklar sepertinya harus dilakukan dengan hati-hati supaya nantinya bisa terpasang dengan baik dan tidak membahayakan.

Untuk memasang stop kontak dan saklar Broco sendiri itu sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar nantinya tidak melakukan kesalahan ketika melakukan pemasangan sendiri.

Sebelum memasang stop kontak dan saklar sendiri sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa perbedaan stop kontak dan saklar. Fungsi keduanya bisa dikatakan sama yaitu untuk memutus dan juga menyambungkan arus listrik.

Salah satu perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya yaitu saklar memiliki tombol pencair sedangkan stop kontak tidak memilikinya. Stop kontak adalah sebuah terminal yang biasanya digunakan untuk menghubungkan aliran listrik ke perangkat elektronik.

Baca Juga : Cara Menggunakan Bluetooth Receiver Pada Speaker Aktif

Kabel Apa Saja yang Digunakan Dalam Pemasangan Stop Kontak dan Saklar?

Salah satu hal yang biasanya membuat orang orang kebingungan ketika akan memasang stop kontak dan saklar yaitu adalah kabel yang digunakan. Secara umum biasanya terdapat tiga kabel yang digunakan dalam pemasangan stop kontak dan saklar.

Tiga kabel yang digunakan yaitu adalah kabel fasa. Kabel grounding, dan kabel netral. Sedap apel memiliki fungsinya masing-masing. Kabel fasa biasanya akan dilabeli dengan huruf L dan ini merupakan kabel yang memiliki tegangan.

Jika Lakukan pengecekan menggunakan tespen nantinya akan membuat lampu tersebut menyala. Sementara itu, kabel netral merupakan kabel yang tidak akan membuat Anda tersengat arus listrik walaupun memegangnya.

Karana kabel netral ini tidak memiliki tegangan, Jadi ketika Anda melakukan pengecekan menggunakan tespen tidak akan menyalakan lampu tespen. Kabel grounding merupakan salah satu bagian yang sangat penting di dalam sebuah instalasi kelistrikan. Fungsi kabel grounding untuk mengatasi kebocoran listrik yang mungkin terjadi.

Sedang Trending :  Cara Membuka Email Orang Lain di Gmail

Simak Juga : Cara Agar Speaker Bluetooth Tidak Lagi Menggunakan Baterai

Cara Memasang Stop Kontak dan Saklar Broco dengan 2 Kabel

Cara memasang kemarin komponen kelistrikan memang harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut langkah-langkah cara memasang stop kontak dan saklar dengan menggunakan dua kabel.

1. Matikan sumber listrik terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu adalah dengan memastikan sumber arus listrik terlebih dahulu. Ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melakukan pemasangan komponen kelistrikan tanpa mematikan sumber arus listrik sangat berbahaya. Jangan pernah mencobanya karena ini dapat berakibat sangat fatal.

2. Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan

Siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memasang stop kontak dan saklar. Sangat penting untuk menggunakan alat-alat yang berkualitas Sehingga nantinya tidak merusak komponen dan memudahkan Anda untuk melakukan pemasangan.

Cara pasang saklar Broco disarankan juga menggunakan beberapa alat pelindung seperti sarung tangan karet dan juga memakai sandal yang memiliki karet pada bagian bawahnya.

3. Lakukan proses pemasangan

Untuk memasangkan saklar sepertinya tidak akan menjadi masalah karena hanya terdapat satu jalur jadi Anda bisa menggunakan aliran listrik DC atau AC. Caranya sangat mudah Anda tinggal menghubungkan kabel sumber arus listrik ke terminal yang sudah disediakan.

Untuk pemasangan stop kontak sendiri agak sedikit berbeda karena memang fungsinya juga berbeda. Ada tiga kabel yang digunakan yaitu adalah kabel fasa kabel netral dan juga kabel grounding. Pasangkan kepada masing-masing terminal stop kontak dengan tepat.

Setelah mengetahui cara memasang stop kontak dan saklar sendiri sepertinya Anda tidak perlu memanggil tukang ketika ingin memasang di rumah. Pastikan untuk melakukan segala sesuatunya dengan hati-hati karena ini menyangkut komponen kelistrikan. (SA)

Tinggalkan Balasan