Bagaimana Cara Membuat Infrared di Hp agar Bisa Menjadi Remote
Tips Bagaimana Cara Membuat Infrared di Hp agar Bisa Menjadi Remote.

Bagaimana Cara Membuat Infrared di Hp agar Bisa Menjadi Remote ?

Salah satu cara membuat infrared di hp untuk menjadi remote merupakan trik yang banyak dicari orang. Terutama untuk hp yang memang tidak memiliki infrared secara default. Berbeda dengan handphone tipe lama, saat ini tidak semua handphone memasang infrared di dalam perangkatnya.

Dalam beberapa kasus, penggunaan infrared memang masih sangat diperlukan. Salah satu fungsi yang banyak digunakan adalah agar handphone bisa dijadikan sebagai remote untuk mengatur berbagai perangkat elektronik.

Baca Juga : Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab di HP

Bagaimana Cara Membuat Infrared di Hp?

Yang perlu Anda ingat adalah cara ini bisa dilakukan untuk handphone yang tidak memiliki infrared sebagai sistem bawaan. Cara menggunakan infrared ini akan menggunakan IR Blaster.

IR blaster ini sendiri merupakan perangkat yang banyak digunakan untuk bisa mengkomunikasikan antara perangkat satu dengan lainnya dengan bantuan infrared. Cara menggunakan infrared blaster sendiri banyak digunakan ketika penggunaan bluetooth belum populer.

Berikut adalah cara install infrared di Android yang bisa Anda lakukan

  1. Langkah pertama adalah pastikan handphone Anda memiliki sistem yang bisa mengaktifkan IR blaster ini. Cara paling mudah untuk mengeceknya adalah dengan melihat spesifikasi hp Anda di internet. Cara lainnya adalah dengan melihat pada bagian pengaturan.
  2. Setelah mematikan memiliki perangkat IR blaster, maka langkah selanjutnya adalah Install IR Universal Remote app. Ini merupakan aplikasi yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mengatur berbagai perangkat elektronik dari banyak merek. Anda bisa mendapatkannya dengan mendownload dari play store
  3. Buka aplikasi IR universal remote yang telah Anda download.
  4. Setelah aplikasi terbuka, selanjutnya Anda bisa memilih jenis barang elektronik yang akan dikendalikan. Ada beberapa pilihan alat elektronik yang bisa digunakan, mulai dari TV, Set Top Box, AC, kipas angin, dan lainnya. Pada penggunaan pertama, ada beberapa settingan lain yang perlu Anda lakukan. Anda hanya tinggal mengikuti instruksinya saja.
  5. Setelah memilih jenis alat elektronik yang akan Anda atur maka langkah selanjutnya adalah memilih brand yang dari alat tersebut. Aplikasi ini juga cukup lengkap, jadi selain banyak pilihan dari jenis perangkat elektronika, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai macam brand.
  6. Ketika memilih brand, beberapa kasus juga mengharuskan ANda untuk memilih tipe atau seri dari perangkat tersebut.
  7. Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan antara perangkat hp Anda dengan perangkat yang ingin Anda kendalikan dengan menggunakan infrared. Nantinya Anda akan diminta untuk melakukan beberapa test.
  8. Beberapa tes yang diperlukan seperti menyalakan dan mematikan perangkat, menaikan dan menurunkan suhu jika ingin dikoneksikan dengan AC, menaikan dan menurunkan volume jika perangkat yang ingin dikoneksikan adalah TV atau Radio, serta memindahkan channel jika perangkat hp ingin dikoneksikan dengan TV.
  9. Proses pengaturan ini mungkin akan memakan beberapa waktu. Pada beberapa kasus juga Anda perlu melakukan tes ini secara beberapa kali.
  10. Jika perangkat sudah berhasil terhubung, maka langkah selanjutnya adalah mengecek kegunaan alat tersebut.
  11. Jika perangkat elektronik sudah berhasil diatur maka setting IR blaster pada hp Anda sudah benar.
  12. Jika mengalami masalah seperti koneksi terputus atau data perangkat hilang, maka Anda bisa melakukannya dari awal lagi.
Sedang Trending :  Kenapa Gmail Tidak Bisa Menerima Email Masuk

Anda bisa menambahkan beberapa perangkat sekaligus ke dalam hp untuk bisa diatur dengan menggunakan cara ini. Namun pada beberapa versi, Anda memiliki batasan untuk memasukan jumlah perangkat ini.

Simak Juga : Cara Menimbang Berat Badan Dengan HP

Apa Sebenarnya Kegunaan Infrared?

Saat ini sebagian orang mungkin hanya mengenal infrared sebagai alat untuk pengganti remote. Padahal, ungsi lainnya juga tidak kalah penting. Pada beberapa hp versi lama, maka penggunaan infrared ini seringkali untuk berbagi data.
Penggunaan infrared ini hampir mirip dengan bluetooth, hanya jarak jangkaunya lebih pendek Penggunaan infrared saat ini memang mulai jarang digunakan, salah satu alasannya karena penggunaan bluetooth lebih populer. (SA)

Baca Juga : Cara Mengisi Lagu di Flashdisk Lewat HP

Tinggalkan Balasan