Bagaimana Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Hp
Bagaimana Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Hp

Bagaimana Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Hp?

Tidak semua orang mengetahui cara memberi harakat pada tulisan arab di hp. Bahkan mungkin tidak semua hp bisa digunakan untuk menggunakan tulisan Arab. Jika hp yang kamu gunakan tidak bisa melakukan ini, maka yang muncul hanya kotak-kotak saja.

Penggunaan tulisan Arab ini memang sedikit unik. Di beberapa perangkat, perlu settingan khusus agar bisa menggunakannya. Bahkan di beberapa perangkat lainnya kamu perlu mendownload aplikasi tertentu untuk bisa menggunakannya.

Baca Juga : Cara Menimbang Berat Badan Dengan HP

Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Hp

Selain harus hafal dengan penggunaan tiap hurufnya, pemakaian huruf Arab juga harus dibarengi dengan penggunaan harakat seperti fathah, kasrah, dhammah, sukun, atau tanwin Cara ini dilakukan agar pesan dalam tulisan Arab menjadi lebih mudah terbaca.

Namun masalahnya, baik di hp ataupun cara memberi harakat pada tulisan arab di laptop ini tidaklah semudah memberi tanda baca jika menggunakan huruf latin. Ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan untuk bisa menggunakannya.

1. Cara Menambahkan Harakat dengan Mengatur Settingan Bahasa

Cara pertama yang bisa Anda gunakan ketika akan menambahkan harakat di hp adalah dengan melakukan pengaturan bahasa. Yang perlu diingat adalah cara ini hanya berlaku jika handphone atau perangkat kamu sudah mendukung penggunaan bahasa Arab.

Berikut adalah langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Lakukan pengaturan bahasa untuk input keyboard, caranya juga cukup mudah cukup buka aplikasi keyboard lalu pencet tombol spasi agak lama hingga muncul pilihan bahasa. Nantinya akan muncul berbagai pilihan bahasa yang kamu gunakan, maka pilih bahasa Arab.
  2. Setelah itu, maka huruf pada keyboard Anda akan berubah menjadi huruf hijaiyah.
  3. Jika ingin menggunakan harakat, maka cara yang bisa kamu lakukan adalah tekan tombol titik agak lama. Di situlah nantinya akan muncul pilihan berbagai harakat yang bisa Anda gunakan sebagai cara menulis tulisan arab di handphone.

Simak Juga : Cara Mengisi Lagu di Flashdisk Lewat HP

Sedang Trending :  Cara Mencari Sinyal Parabola Menggunakan HP dengan Mudah

2. Cara Menambahkan Harakat dengan Menggunakan Aplikasi

Jika Handphone atau perangkat kamu tidak mendukung penggunaan tulisan Arab maka cara lain untuk Anda gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi. Hal ini juga berlaku untuk cara menulis arab di word, baik pada pc ataupun perangkat mobile.

Ada beberapa aplikasi yang mendukung hal ini dan bisa kamu gunakan. Namun paling mudah dan umum digunakan adalah dengan menggunakan Google Keyboard. Berikut adalah langkah yang diperlukan.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload Google Keyboard di Play store. Tunggu hingga proses download dan install selesai.
  2. Setelah pemasangan selesai, buka aplikasi Google Keyboard atau Gboard lalu lakukan pengaturan bahasa dan masukan. Dalam langkah ini juga pastikan jika Google Keyboard menjadi input keyboard utama, menggantikan keyboard default.
  3. Selanjutnya pada pengaturan bahasa, pilih bahasa Arab.
  4. Jika muncul Menu Konfigurasi Bahasa Tambahan maka pastikan Anda memilih bahasa Arab dan nonaktifkan penggunaan bahasa system.
  5. Langkah selanjutnya adalah buka Google Keyboard, maka huru yang ada pada Google Keyboard sudah berubah menjadi huruf hijaiyah.
  6. Untuk penambahan harakat maka cukup dengan menekan tanda titik beberapa detik lalu akan muncul pilihan harakat yang bisa Anda gunakan.
  7. Jika Ingin kembali menggunakan bahasa latin. maka langkah yang diperlukan adalah menekan tombol spasi agak lama. Lalu akan masuk ke setelah bahasa, tinggal pilih bahasa Indonesia atau Inggris.

Baca Juga : Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Dengan HP

Manfaat Menggunakan Harakat pada Tulisan Arab

ntuk mereka yang sudah terbiasa, menggunakan bahasa Arab tanpa harakat bukanlah masalah. Mereka tetap akan paham maksud dan juga arti dari pesan yang tertulis. Tujuan penggunaan harakat sendiri sebagai alat bantu.

Tujuan utamanya adalah memudahkan orang yang ingin menulis dan juga akan membacanya nanti. Inilah mengapa jika kamu ingin mengirim pesan dengan menggunakan bahasa Arab maka cara menggunakan harakat di handphone perlu Anda biasakan. (SA)

Tinggalkan Balasan