Cara Mencari Sinyal Parabola Menggunakan HP dengan Mudah
Tutorial Bagaimana Cara Mencari Sinyal Parabola Menggunakan HP dengan Mudah

Cara Mencari Sinyal Parabola Menggunakan HP dengan Mudah

Alkisahnews.com – Ada banyak orang yang belum tahu cara mencari sinyal parabola menggunakan HP di mana ini semakin banyak orang-orang yang memilih menggunakan parabola namun sayangnya banyak yang kebingungan mencari sinyal yang tiba-tiba hilang.

Seperti yang diketahui bahwa hilangnya sinyal parabola bisa dikarenakan berbagai faktor misalnya faktor cuaca atau kesalahan teknis lainnya. Kelebihan dari parabola adalah pemasangannya sangat mudah dan praktis serta memiliki pilihan saluran channel beragam.

Meskipun sering diklaim jarang mengalami gangguan namun terkadang terjadi problem seperti kehilangan sinyal dan Anda hanya perlu mencarinya menggunakan ponsel agar lebih praktis tanpa harus memanggil bantuan tim teknisi.

Jadi mencari sinyal parabola yang hilang ternyata bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan tentu ada bisa mempelajarinya dan menerapkan beberapa cara-cara yang sangat praktis berikut.

Baca Juga : Cara Pasang NFC di HP Non NFC

Cara Mencari Sinyal Parabola dengan Cara Basic

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek sinyal parabola bahkan cara-caranya cukup praktis dan simple. Tentu pertama Anda harus mencoba mengecek kabel yang terhubung antara parabola dengan receiver TV.

Anda perlu memastikan tidak ada kabel yang terlepas dan putus agar sinyal parabola tetap aman, namun bagaimana jika sudah melakukan pengecekan dan terlihat aman namun sinyal masih saja hilang?

1. Bersihkan LNB parabola terlebih dahulu

Cobalah untuk melakukan pemeriksaan terhadap LNB parabola yang biasanya terletak di atas antena parabola, karena komponen ini berfungsi untuk menerima dan mengolah sinyal serta mengirimkannya ke receiver.

2. Perbarui frekuensi dan satelit

jangan lupa pulang memperbarui data frekuensi layanan TV yaitu dengan menghubungi layanan perangkat TV untuk mengetahui informasi tentang perubahan frekuensi atau satelit.

3. Program ulang receiver

Periksa receiver yang berfungsi untuk menangkap jaringan sinyal dari parabola itu sendiri kemudian perbarui perangkat lunak receiver yang menghubungkan antara TV dengan parabola.

Sedang Trending :  HP Dengan Stylus Pen Dibawah 2 Juta Kualitas Terbaik

Simak Juga : Cara Mendapatkan HP Vivo v15 Gratis

Cara Mencari Sinyal Parabola Menggunakan HP

Selain melakukan pengecekan dengan cara-cara basic yang sudah disembuhkan di atas maka Anda juga bisa melakukan pengecekan menggunakan ponsel di mana ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari sinyal televisi.

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda download salah satunya adalah satfinder di mana aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang cukup memadai atau canggih yaitu sudut LNB, elevasi dan pencarian lokasi menggunakan GPS, caranya juga mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Pastikan ponsel Anda sudah versi 4.0 ke atas, aplikasi ini hanya kompatibel untuk layar ponsel berukuran 4,5-5”, memiliki kamera belakang dan terkoneksi internet
  2. Kemudian buka fitur play store untuk mencari satfinder dan melakukan pengunduhan serta instalasi
  3. Setelah diunduh dan diinstal maka izinkan aplikasi ini mengakses lokasi perangkat dan klik menu pencarian atau icon bergambar kaca pembesar
  4. Lalu aku nantinya akan muncul fitur azimuth, elevasi serta sudut LNB dan Anda bisa melakukan pengaturan pada azimuth terlebih dahulu dan setelah itu barulah bisa memperhatikan fitur copas
  5. Atur pula elevasinya dengan memastikan antena parabola menghadap ke atas atau setidaknya berada pada kemiringan 90°
  6. Atur sudut lmb di mana jika ada tanda positif akan diputar searah jarum jam sedangkan tanda negatif maka diputar berlawanan arah jarum jam
  7. Semuanya perlu diatur menggunakan kamera belakang untuk mencari sinyal parabola dan sesudah itu tinggal klik menu showar
  8. Ketika kamera aktif secara otomatis maka akan ada sebuah lingkaran berwarna merah lalu arahkan kamera pada lingkaran tersebut hingga menjadi berubah warna berwarna hijau

Cara-cara di atas adalah cara yang cukup praktis, jadi Anda hanya perlu mengikuti step by step-nya saja. Bahkan masih banyak pula aplikasi mencari sinyal parabola hanya menggunakan ponsel pintar.

Tinggalkan Balasan