Cara Pasang NFC di HP Non NFC
Cara Pasang NFC di HP Non NFC

Cara Pasang NFC di HP Non NFC Dalam Waktu Singkat

Sampai sekarang masih banyak pihak yang tidak mengetahui bagaimana cara pasang NFC di HP non NFC. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara pemasangannya maka mesti mengetahui apa itu NFC.

NFC merupakan near field communication yaitu merupakan salah satu teknologi yang dimanfaatkan untuk melakukan transaksi pembayaran virtual. Seperti kita ketahui teknologi seperti ini mempermudah Anda untuk melakukan transaksi online dalam waktu singkat.

Apalagi sekarang ada banyak masyarakat yang senang berbelanja online untuk memenuhi segala macam kebutuhan. Namun smartphone saat ini tidak semuanya tersedia dengan fitur NFC bawaan.

Hal inilah yang menyebabkan banyak pihak mencari informasi mengenai cara pasang NFC di HP Oppo. Walaupun NFC dibandingkan dengan teknologi bluetooth maupun wi-fi masih kalah dari tingkat kepopuleran tetapi bukan berarti tidak penting.

Sebab tidak menutup kemungkinan jika di masa yang akan mendatang NFC merupakan salah satu cara untuk melakukan transaksi. Tidak heran jika memiliki smartphone yang ada fitur NFC sangat diperlukan.

Oleh sebab itu inilah beberapa cara yang bisa Anda coba jika smartphone milik Anda tidak memiliki fitur ini apalagi cara ini sangat sederhana sehingga mudah untuk Anda praktikkan sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca Juga : Cara Mendapatkan HP Vivo v15 Gratis

Cara Pasang NFC di HP Non NFC dengan Adaptor NFC Eksternal

Jika Anda mengetahui bahwa smartphone yang digunakan tidak memiliki fitur NFC maka bisa menambahkannya menggunakan adaptor NFC eksternal Android. Cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang sangat umum karena terbukti efektif.

Serta penggunaannya juga sangat mudah di mana Anda hanya perlu memasang adaptor tersebut ke smartphone sehingga tidak perlu melakukan bongkar pasang untuk proses pemasangan fitur ini. Apalagi kegiatan bongkar pasang berpotensi untuk membuat smartphone menjadi rusak.

Jadi hanya menyambungkan adaptor ini dalam waktu singkat Anda bisa merasakan fitur ini. Bahkan adaptor ini juga memiliki kelebihan di mana bisa dilepas pasang dengan mudah. Jadi ketika Anda merasa penggunaannya tidak perlu digunakan maka bisa melepasnya.

Sedang Trending :  Cara Membuka Email Orang Lain di Gmail

Bahkan ketika Anda tidak sedang melakukan transaksi maka adaptor tersebut bisa dilepas dan disimpan di tempat yang terpisah. Jadi penggunaannya dijamin tidak akan mengganggu kenyamanan Anda dalam menggunakan Smartphone.

Simak Juga : Cara Membuat Tempat Tanda Tangan di Word

Memanfaatkan Stiker NFC yang Menarik

Perangkat eksternal lainnya yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan fitur ini ada yang berbentuk stiker. Tentunya perangkat yang satu ini sangat menarik tetapi tidak bisa digunakan secara sembarangan.

Karena stiker ini biasanya dikeluarkan oleh produsen tertentu di mana harus memiliki izin. Jadi ketika melakukan transaksi juga dilakukan secara terbatas. Alasan mengapa bisa terbatas karena terdapat kerjasama antara produsen NFC dengan tempat-tempat tertentu.

Salah satu contoh stiker NFC adalah yang dikeluarkan oleh pihak T-Cash. Stiker satu ini hanya bisa dimanfaatkan Jika Anda ingin melakukan pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran Telkomsel ataupun tempat yang bekerja sama dengan pihak Telkomsel.

Salah satu pihak yang juga melakukan pengembangan menggunakan stiker NFC Ini adalah Samsung. Bahkan stiker dari Samsung ini diklaim bisa bekerja sama dengan fitur NFC bawaan pada smartphone.

Baca Juga : Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word

Menggunakan Micro SD NFC

Wajib Anda mengetahui bahwa beberapa merek micro SD memiliki fitur tambahan NFC di dalam chip milik mereka. Jadi jika dipasang di Smartphone maka Anda bisa merasakan fitur tersebut. Salah satu merek yang menyediakan fitur ini adalah optilio, Gemalto dan masih banyak lagi.

Tentunya untuk harga dan ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pastinya semakin besar ukurannya maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Untuk penggunaannya juga sangat mudah di mana Anda hanya perlu memasang micro SD tersebut di Smartphone.

Kemudian bukalah pengaturan dan carilah menu micro SD dan lihat apakah ada fitur NSC di dalamnya atau tidak. Apabila ada maka Anda hanya perlu mengaktifkannya. Tentunya penggunaan micro SD NFC Android ini tidak kalah mudah. (SA)

Tinggalkan Balasan