Resep Bumbu Rawon untuk 100 Orang Khas Jawa Timur
Rahasia Resep Bumbu Rawon untuk 100 Orang Khas Jawa Timur

Resep Bumbu Rawon untuk 100 Orang Khas Jawa Timur

Alkisahnews.com – Resep bumbu rawon untuk 100 orang biasanya digunakan pada sebuah acara-acara tertentu seperti hajatan dan lain sebagainya. Membuat rawon untuk porsi besar berbeda dengan membuat rawon hanya untuk porsi yang sedikit.

Seperti yang Anda tahu bahwa rawon merupakan sebuah kuliner khas dari daerah Jawa Timur yang biasanya menggunakan bahan pokok daging sapi di campur dengan rempah-rempah pilihan sehingga rasanya sangat menggugah selera.

Resep Bumbu Rawon Untuk 100 Orang dengan Bumbu Pilihan

Membuat rawon gampang-gampang susah. Anda bisa mencoba sendiri membuat rawon khas daerah Jawa Timur dengan menyiapkan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat rawon.

Berikut ini adalah bumbu-bumbu yang harus Anda siapkan untuk membuat rawon dan cara membuat rawon dengan baik dan benar. Sebagai makanan yang di sukai oleh banyak orang, tentu bahan dasar pembuatan rawon.

Yang terdiri dari daging sapi dan rempah-rempah dapur yang bisa Anda jumpai di pasar tentu adalah barang yang bisa di dapatkan dengan mudah. Bagi Anda yang belum pernah mencicipinya maka Anda bisa membuat atau membeli rawon tersebut.

Baca Juga : Resep Kari Daging Sapi Padang

Cara yang akan kami jelaskan ini adalah resep bumbu rawon enak dan cara untuk membuat rawon untuk porsi banyak orang. Jika Anda ingin membuat rawon untuk sedikit orang, bahan-bahan yang digunakan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan untuk membuat sebuah rawon seperti yang berikut ini.

Bahan :

  • 100 gram bawang putih
  • 100 gram bawang merah
  • 100 gram jahe
  • 100 gram lengkuas
  • 25 gram kunyit
  • 1 bungkus kecil terasi
  • 1 sendok teh asam jawa
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 4 sendok makan ketumbar sangrai
  • 250 gram kluwek
  • 25 gram kencur
  • 5 sendok makan jintan sangrai
  • 1 sendok teh butir lada
  • 6 batang sereh
  • 10 lembar daun jeruk
  • 250 mili minyak goreng

Cara membuat :

  1. Pertama cuci terlebih dahulu daging sapi yang akan digunakan. Setelah di cuci bersih kemudian daging sapi di rebus terlebih dahulu hingga sedikit lunak. Lalu potong daging sapi tersebut sesuai selera.
  2. Lalu masukan penyedap rasa secukupnya dan juga garam ke dalam rebusan daging sapi yang sedang di rebus. Pastikan rasanya pas dengan selera yang Anda inginkan.
  3. Kemudian tumis bumbu halus seperti serai, lengkuas, dan jaun jeruk secara bersamaan. Tumislah ketiga bumbu halus tersebut hingga aromanya keluar dan sudah sedikit matang.
  4. Setelah itu masukan potongan daging yang sudah Anda iris tadi ke dalam tumisan bumbu yang tadi Anda lakukan. Tumislah daging tersebut hingga benar-benar meresap dengan sempurna.
  5. Setelah itu tuangkan daging dengan air kuah yang telah dibuat tadi. Setelah itu tinggal sajikan resep rawon asli bisa Anda siapkan untuk di sajikan untuk menyambut banyak orang.
Sedang Trending :  Cara Membuat Ayam Kentucky dengan Tepung Sajiku dan Telur

Simak Juga : Cara Membuat Ayam Kentucky Dengan Tepung Sajiku dan Telur

Pelengkap Hidangan Rawon Khas Jawa Timur

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan pelengkap seperti telur asin, taoge pendek atau emping yang bisa Anda santap bersamaan ketika menikmati rawon khas Jawa Timur yang Anda buat tersebut.

Tambahkan juga sambal cabai rawit hijau atau merah dan juga jeruk nipis agar rasa lebih nikmat saat dimakan. Membuat rawon menjadi salah satu alternatif yang cukup baik untuk Anda lakukan.

Karena kuliner yang satu ini sangat cocok untuk di hidangkan pada saat sedang ada acara besar atau untuk menyambut tamu dengan jumlah orang yang banyak. Apalagi dengan rasanya yang lezat di sukai oleh banyak orang.

Rawon khas daerah Jawa Timur kini juga dapat Anda temukan dengan mudah. Pasalnya kuliner lezat yang satu ini hampir ada di seluruh kota di Indonesia. Sehingga Anda bisa langsung mencicipinya dengan membeli di pedagang kaki lima atau tempat makan yang menjual kuliner rawon khas Jawa Timur. (SA)

Tinggalkan Balasan