Cara Mereset Printer HP Ink Tank 315 Agar Kembali Normal
Tutorial Cara Mereset Printer HP Ink Tank 315 Agar Kembali Normal

Cara Mereset Printer HP Ink Tank 315 Agar Kembali Normal

Entah Anda pekerja kantoran atau mahasiswa yang banyak tugas, cara mereset printer HP Ink Tank 315 harus diketahui dengan baik. sebab langkah tersebut penting diketahui ketika printer mengalami suatu masalah.

Merk printer Hp memang menjadi andalan banyak orang sekarang ini. Harganya yang tidak terlalu mahal, membuat masyarakat lebih memilihnya. Apalagi fiturnya juga beragam, sebab mencetak dan mengelola dokumen akan semakin mudah.

Tapi ketika printer sedang bermasalah, Anda harus cepat mengatasinya dengan baik agar kembali dengan normal. Bagi pemula, mungkin bingung untuk mengatasinya, maka dari itu, perhatikan informasi berikut.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Cartridge HP yang Tidak Terdeteksi

Cara Mereset Printer HP Ink Tank 315 Termudah

Mungkin Anda juga heran, apa tujuan dari reset itu sebenarnya, dan kenapa harus dilakukan oleh pengguna printer. Di sini Anda akan menemukan jawabannya. Seperti yang diketahui, setiap alat yang sering diaktifkan untuk bekerja, pasti suatu saat akan mencapai batas.

Akibatnya, kinerjanya tidak maksimal seperti biasanya. Apalagi untuk printer. Alat pencetak ini memang perlu perawatan cukup ekstra. Untuk pembahasan kali ini, kita mengarah pada printer HP Ink Tank 315.

Di mana printer merk tersebut memang paling diincar oleh kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. Ketika printer satu ini mengalami masalah, biasanya printer HP Ink Tank 315 berkedip.

Hal itu menandakan bahwa alat pencetak tersebut telah mogok kerja, karena jumlah pencetakkannya sudah melebihi batas yang ditentukan oleh pabrik. Sebelum rusak sepenuhnya, lebih baik segera lakukan reset untuk kembali menjadi normal.

Malah justru lebih baik, lakukan reset sebelum overload atau lampu berkedip. Cara melakukan HP Ink Tank 315 reset sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan langkah berikut :

  1. Tekan tombol power untuk mematikan printer Hp Ink 315.
  2. Kemudian cabut kabel power dari steker, kemudian Anda perlu diamkan dulu 5 menit.
  3. Setelah menunggu 5 menit, coba hidupkan kembali.
  4. Cek kondisi perangkatnya untuk melihat apakah masih error atau tidak.
  5. Jika memang masih error, buka cover penutupnya, maka cartridge akan ke tengah.
  6. Lepaskan cartridge bagian hitam secara perlahan, kemudian cabut kabel USBnya.
  7. Bersihkan bagian konektornya dan bagian sisi bawah cartridge.
  8. Pasang kembali cartridge yang tadi sudah dibersihkan secara perlahan.
  9. Tutup kembali cover bodinya, maka printer akan ter-reset
Sedang Trending :  Cara Memperbaiki Cartridge Hp yang Tidak Terdeteksi

Simak Juga : Cara Isi Ulang Cartridge HP 680

Tips untuk Mengatasi Printer HP Ink Tank Error

Ingatlah, setiap langkah dalam reset printer itu perlu hati-hati dan jangan dilakukan secara kasar. Printer itu alat yang cukup ringkih. Terlalu penuh mengisi tinta saja, langsung tidak terdeteksi.

Bahkan ketika ada sisa tinta yang tersumbat pada selang, bisa langsung gagal mencetak dan mesin juga tidak berfungsi dengan baik.

Apalagi jika penggunaan cetaknya sudah melebihi batas, sudah pasti HP Ink Tank 315 E error. Selain melakukan reset, Anda juga perlu tahu cara mengastasi error. Ada 2 kemungkinan bila terjadi error, yaitu :

1. Masalah kertas.

Biasanya peletakkan kertas yang kurang pas, bisa saja terjadi error. Maka, perlu tekan tombol batal dan segera keluarkan kertas. Untuk kertas yang tersangkut, keluarkan secara perlahan. Pasang lagi dengan posisi benar dan kembali tekan tombol resume.

2. Masalah Pada Printhead

Lalu masalah kedua, bisa jadi karena bagian kepala printer. Anda perlu mencopotnya, kemudian bersihkan dengan tata cara yang benar.

Itulah mengapa, sebelum membeli alat pencetak, Anda harus mengetahui kinerja printer Hp seperti apa. Ditambah mempelajari juga tips penanganan pertama ketika mengalami error dan sebagainya. (SA)

Baca Juga : Cara Isi Ulang Tinta HP Officejet 7110

Tinggalkan Balasan