Cara Memperbaiki Cartridge Hp yang Tidak Terdeteksi
Tutorial Bagaimana Cara Memperbaiki Cartridge Hp yang Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Cartridge Hp yang Tidak Terdeteksi

Alkisahnews.com – Bingung bagaimana cara memperbaiki cartridge hp yang tidak terdeteksi? Anda sangat tepat untuk mengunjungi kami karena di sini akan ditunjukkan bagaimana caranya. Tentu saja akan dijelaskan dengan metode yang mudah dipahami.

Memang perawatan printer itu gampang-gampang sulit. Terutama ketika tinta sudah habis, diisi ulang tintanya, malah cartridge sama sekali tidak terdeteksi. Bukankah itu cukup membuat Anda jengkel saat deadline sudah dekat?

Jika cartridge mengalami masalah dengan tidak terdeteksi, memang harus diatasi dengan berbagai cara. Hal paling utama untuk Anda lakukan adalah dengan memahami kinerja printer seperti apa dan setelahnya, baru bisa memperbaiki.

Baca Juga : Cara Isi Ulang Cartridge HP 680

Cara Memperbaiki Cartridge Hp yang Tidak Terdeteksi Dengan Mudah

Jika Anda baru menggunakan printer brand Hp, pasti juga baru tahu bahwa printer tersebut menggunakan cartridge model injeksi. Jadi, jika ingin mengisi ulang tinta, memang perlu hati-hati.

Jika tidak, maka akan terjadi masalah seperti tinta yang meluber atau masalah catridge tidak terdeteksi. Ini sering sekali terjadi pada pengguna printer Hp. Alat pengisian ulang memang hanya suntikan dengan jarum, tinta dan beberapa lembar tissue.

Tapi jika isiannya tidak pas, kemungkinan low ink atau bahkan meleber. Dalam menjalankan printer sendiri, setiap penggunanya akan melalui 3 tahap, yang pertama adalah pengaturan, kedua persiapan, dan terakhir baru pencetakkan.

Tapi bagaimana jika dari awal catridge printer tidak detect? Tahapan tersebut tidak akan bisa terjadi. Segeralah perbaiki dan berikut cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan :

  1. Hidupkan dulu cartridgenya dengan menekan tombol power. Biarkan bergeser ke kana, lalu ke kiri. Tunggu hingga berhenti.
  2. Perhatikan pada layar komputer atau laptop untuk cartridge yang tidak terdeteksi. Misalnya, ada warna tinta tidak terbaca.
  3. Dari situlah nanti Anda akan tahu mana bagian cartridge yang tidak terbaca. Selanjutnya, angkatlah covernya dengan cara dicabut pada cartridge yang warnanya tidak terbaca.
  4. Kemudian, tutup covernya dan tunggu setelah ditempatkan pada tempat sesuai.
  5. Lanjut, buka cover cartridge lagi, kali ini warna hitam. Lalu kemudian pasang untuk bagian warna.
  6. Coba cek kembali ke layar monitor. Pada bagian cartridge hitam bila ada keterangan not recognized, berarti berhasil. Mulai pasang kembali.
  7. Jika sudah terpasang, lihat kembali ke monitor. Pastikan bagian warna dan hitam sudah terbaca, itu tandanya sudah berhasil.
Sedang Trending :  Cara Isi Ulang Tinta HP Officejet 7110 dengan Benar

Simak Juga : Cara Isi Ulang Tinta HP Officejet 7110

Kenapa Cartridge Bisa Tidak Terdeteksi? Ini Penyebabnya

Printer memang tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa bekerja. Nanti tinta bisa kering. Selalu cek kondisi printer pada semua warna tinta dengan melakukan print atau pencetakkan.

Ketika tinta habis, usahakan untuk mengisi sendiri. Berdasarkan cara di atas ketika cartridge sedang bermasalah, sebenarnya cukup mudah dilakukan, ketika Anda paham kinerja printer Hp.

Jadi, jika Anda telah memahami kinerjanya, dapat mendeteksi dini saat printer Hp tidak terbaca tanpa kebingungan. Selain mengetahui kinerja, Anda juga perlu pahami penyebab kenapa cartridge itu tidak bisa terbaca. Biasanya karena faktor-faktor berikut :

  1. Tinta terlalu penuh membuat cartridge tidak terdeteksi. Memang untuk mengisi dengan jumlah pas, cukup sulit dan perlu hati-hati.
  2. Jika Anda jarang melakukan pengecekkan cartridge secara berkala, sisa tinta akan mengotorinya. Maka, perlu dibersihkan pada bagian atasnya dengan tisu secara perlahan.
  3. Mungkin juga tidak terbaca karena terjadi sumbatan. Pada jalur tinta, ada bagian sisa tinta yang mengering.
  4. Dan terakhir cartridge rusak total dan ini menjadi penyebab fatal.

Memang perawatan printer cukup berat dan Anda harus sering mengeceknya secara rutin. Gunakan cara di atas termasuk pada printer hp 2135 cartridge tidak terdeteksi. Jika memang bingung, tanyakan kepada ahlinya saja. (SA)

Kata Kunci Populer:

cartridge hp tidak detek

Tinggalkan Balasan