Tips dan Trik Belajar Saham dari Nol Bagi Pemula
Tips dan Trik Belajar Saham dari Nol Bagi Pemula

Tips dan Trik Belajar Saham dari Nol Bagi Pemula

Alkisahnews.com – Saham digadang-gadang menjadi salah satu instrumen pasar keuangan yang akan memberikan keuntungan menjanjikan bagi para pemainnya. Tak heran, bahwa saat ini seiring berkembangnya tren investasi, masyarakat Indonesia sudah melek dan mulai belajar saham dari nol. Apa saja tips dan triknya? Simak paparan berikut.

1. Belajar Saham Otodidak

Saat ini, belajar saham bagi pemula bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Mulai dari aplikasi, buku belajar saham dari nol, hingga website, sudah banyak yang menyediakan materi hingga pelatihan khusus yang dapat Anda untuk memahami pengetahuan dasar terkait investasi, mulai dari jenis, tujuan, hingga resiko investasi.

2. Tentukan Tujuan dengan Matang

Setelah mengetahui cara belajar saham dari nol, dan ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi, khusunya saham, Anda harus memikirkan apakah tujuan atau target dari investasi yang Anda tanam tersebut. Apakah untuk tujuan jangka panjang atau jangka pendek? Lalu, tujuan ini ada baiknya Anda buat rinci atau spesifik, misalnya untuk tabungan hari tua, tabungan biaya Pendidikan, biaya pernikahan, membeli rumah atau properti, hingga liburan.

Anda harus memikirkan tujuan tersebut dengan baik agar investasi yang Anda jalankan terarah dan mendapatkan hasil atau keuntungan yang sesuai.

3. Pilih Sekuritas Terpercaya

Sekuritas sebagai perusahaan atau pihak yang memperdagangkan efek, memiliki peranan yang cukup krusial bagi Anda yang ingin melakukan investasi. Saat belajar saham bagi pemula, pastikan bahwa perusahaan atau sekuritas yang Anda pilih sudah terdaftar dan memiliki izin dari lembaga keuangan seperti OJK dan lain sebagainya. Hal tersebut untuk menghindari adanya kasus penipuan.

Sedang Trending :  4 Rekomendasi Saham Hari Ini di Ajaib yang Berpotensi Menguntungkan

4. Belajar Saham yang Diperdagangkan

Ketika Anda memasuki dunia investasi saham, Anda harus tahu dan paham terkait jenis saham yang Anda perdagangkan hingga jenis yang Anda gunakan. Hal ini penting sebagai strategi dan membantu Anda menganalisis keberjalanan trading saham Anda.

5. Konsisten

Tips lain bagi Anda yang ingin belajar saham dari nol adalah konsisten. Salah satu faktor penting dalam investasi adalah waktu. Anda harus secara konsisten memantau pergerakan saham Anda agar dapat mengambil Tindakan jika sewaktu-waktu mengalami resiko.

Selain itu, dalam investasi Anda juga harus konsisten dalam pengalokasian uang. Pastikan bahwa uang yang Anda gunakan untuk investasi adalah uang pribadi dan memang sudah terencana agar tidak mengganggu keuangan harian Anda.

Sesuaikan dana investasi Anda dengan pendapatan, bagi pemula, tidak perlu muluk-muluk, Anda dapat menyisihkan 10% hingga 30% dari total pendapatan Anda untuk dana investasi saham.

Itulah lima tips dan trik bagi Anda yang ingin belajar saham dari nol. Jangan ragu dan jangan khawatir, sudah saatnya Anda masuki dunia investasi saham. Asal konsisten, seiring berjalannya waktu pasti tujuan investasi Anda akan tercapai. Semoga bermanfaat. (PC)

Tinggalkan Balasan