Cara Membuat Topi Sekolah dari Kertas Karton
Tutorial Cara Membuat Topi Sekolah dari Kertas Karton

Cara Membuat Topi Sekolah dari Kertas Karton, Dijamin Bagus

Alkisahnews.com – Terdapat beberapa cara membuat topi sekolah dari kertas karton yang mudah dipraktikkan, dijamin keren dan unik. Siapa sangka, dengan selembar kertas karton dan sedikit kreativitas, bisa menghasilkan kreasi unik.

Bagi Anda yang mempunyai anak dan ingin mereka tampil beda di sekolah. Anda dapat membuatkannya sebuah topi keren dan unik dari hasil kreasi sendiri yang mudah dan murah tapi keren.

Alat dan bahannya tidak terlalu sulit, Anda hanya membutuhkan selembar kertas karton dan juga perekat. Namun, meskipun sederhana, hasilnya bisa dipastikan unik dan keren, cocok digunakan saat sekolah.

Cara Membuat Topi Sekolah dari Kertas Karton

Seperti telah dibahas sebelumnya, dengan selembar karton dan juga sedikit kreativitas, Anda dapat membuat topi sekolah keren. Berikut ini beberapa cara mudah dalam membuatnya, antara lain :

1. Siapkan kertasnya

Langkah pertama tentu saja siapkan dahulu bahan-bahan untuk membuat topi. Anda tidak perlu khawatir, karena bahan yang dibutuhkan cukup mudah dan juga murah. Anda hanya membutuhkan karton dan juga perekat.

Kertas karton memang bahan utama dari topi ini. Apabila tidak ada karton, Anda dapat menggunakan kertas apa saja, ukur sesuai dengan kepala. Meskipun bahannya sederhana, namun dipastikan hasilnya akan keren.

2. Lipat kertasnya

Cara membuat topi hias dari karton ini tidak hanya cocok untuk sekolah saja, namun juga bisa digunakan untuk acara karnaval. Setelah Anda menyiapkan karton yang akan digunakan untuk membuat topi.

Selanjutnya adalah melipat kertasnya, sebelum itu pastikan bahwa karton yang digunakan berukuran persegi empat. Kertas karton memang agak sedikit tebal, jadi Anda perlu sedikit tekanan untuk melipat kertasnya.

3. Lipat salah satu sudut

Lipatlah salah satu sudut kertas pada bagian atas secara diagonal ke tengah. Lipatan yang lebih pendek berada di posisi vertikal. Kini terdapat lekukan diagonal di pinggiran Karton yang sudah dilipat.

Sedang Trending :  Cara Membuat Jus Buah Bit untuk Meningkatkan HB

4. Lipat sudut lain

Lipat sudut di bagian atas lain, sehingga lipatan yang lebih pendek dapat sejajar dengan lipatan vertikal sebelumnya. Pastikan bahwa lekukan diagonal harus sama dengan lekukan diagonal sisi satunya.

5. Lipat pinggiran bawah

Cara membuat topi dari kertas karton untuk anak TK berikutnya adalah dengan melipat pinggiran bawah ke atas. Bagian yang dilipat hanya lapisan atas, lipat sepanjang 5 hingga 7,5 cm.

6. Balik kertas kartonnya

Setelah sebelumnya Anda sudah melipat pinggiran bawah bagian depan kertas ke atas. Sekarang, lipat pinggiran bawah bagian belakang kartonnya sehingga sama seperti lipatan bagian depan kertas.

7. Lipat bagian ujung luar kertasnya

Mulailah melipat ujung luar kertas dari bagian kiri. Ukurannya sama seperti tadi, lipat sepanjang 5 hingga 7,5 cm ke tengah. Lalu setelah itu, lipatlah ujung luar bagian kanan.

Lipatlah dengan lipatan yang sama seperti lipatan pinggiran sebelumnya. Jangan lupa, sesuaikan lipatan dengan ukuran kepala anak. Jarak antara ujung luar kertas dapat disesuaikan dengan kepala anak.

8. Rekatkan topi

Anda dapat merekatkan topi menggunakan perekat seperti lem untuk merekatkan lipatan di ujung luar karton. Selain perekat, bisa juga melipat pinggiran bawah belakang, sehingga ujung-ujung luar terkunci oleh lipatan itu.

9. Buka topinya

Langkah terakhir, buka topinya dari dalam dengan menggunakan tangan. Kemudian Anda bisa langsung kenakan ke kepala anak Anda. Topi sudah siap digunakan untuk sekolah, cocok juga digunakan untuk karnaval.

Untuk mempercantik tampilan topi tersebut, Anda bisa menambahkan beberapa hiasan. Anda bisa memberinya warna sesuai selera, bubuk glitter dan juga beberapa dekorasi lain untuk mempercantik tampilan topi tersebut. (SA)

Tinggalkan Balasan