Cara Membuat Lampu Lampion dari Botol Aqua Paling Mudah
Tutorial Cara Membuat Lampu Lampion dari Botol Aqua Paling Mudah

Cara Membuat Lampu Lampion dari Botol Aqua Paling Mudah

Alkisahnews.com – Cara membuat lampu lampion dari botol aqua sekarang semakin umum. Itu karena, prosesnya bisa sangat berguna. Ketika imlek tiba, seseorang menjadi tidak perlu lagi membeli lampion tersebut. cukup dengan membuatnya dan seseorang bisa memilikinya.

Perlu diingat, penggunaan lampion sendiri tidak hanya dilakukan saat imlek. Saat hari besar seperti 17 Agustus, penggunaannya sering ditambahkan. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai tata cara pembuatannya menjadi sesuatu yang sangat penting.

Perlu diingat, ada banyak orang menganggap kalau proses pembuatannya rumit. Itu merupakan kesalahan besar karena pembuatannya sendiri sebenarnya sangat mudah. Jadi pastikan Anda mencermati pembahasan tentang cara membuat lampion dari botol bekas dan balon.

Baca Juga : Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Aqua Bekas

Cara Membuat Lampu Lampion dari Botol Aqua

Ada beberapa cara dalam pembuatan lampion dari botol aqua. Pastinya cara ini mudah untuk dilakukan sendiri. Oleh karena itu, berikut ulasannya secara lebih lengkap untuk Anda.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Dalam membuat lampu lampion, tahapan pertama yang perlu dilalui adalah menyiapkan bahan-bahannya.
Dalam menyiapkan alat dan bahan membuat lampion dari botol bekas, proses yang dilalui cukup mudah. Anda tinggal membawa beberapa botol aqua bekas dengan cat kayu merah dan putih.

Jangan lupa juga untuk membawa balon putih polos, cutter, gunting, dan kuas. Mungkin beberapa dari Anda kebingungan mengenai fungsi balon putih polos. Nantinya pertanyaan itu akan terjawab di poin berikutnya.

2. Cat Botol

Ambil terlebih dahulu 2 botol aqua bekas lalu bersihkan seluruhnya. Jika sudah bersih, hilangkan label yang mengganggu pada botol tersebut. Anda bisa langsung mengecat kedua botol tersebut.

Perlu diketahui, jangan cat kedua botol tersebut menggunakan warna yang sama. Cat satu botol dengan warna merah dan cat botol lain dengan warna putih. Tinggal sampai semua bagian cat mengering lalu buka tutup botolnya.

Sedang Trending :  Cara Membuat Miss V Keset Saat Berhubungan Agar Selalu Harmonis

3. Potong Botol

Jika cat sudah mengering, kamu bisa langsung memotong botol tersebut hingga polanya menyerupai lampion. Untuk lebih mudah, buatlah pola menggunakan spidol. Nantinya pemotongan bisa mengikuti pola ini.

Saat memotong sendiri, pastikan alat yang digunakan sepenuhnya tajam. Jika alatnya tidak tajam, bukan tidak mungkin botol tersebut malah rusak saat pemotongan. Dalam proses pemotongan sendiri, akan lebih mudah jika cutter digunakan terlebih dahulu.

Nantinya cutter sendiri bermanfaat untuk membuat pola. Jika pola cutter sudah dibuat, gunakan gunting untuk memotongnya secara keseluruhan.

4. Masukkan Balon

Selanjutnya Anda tinggal memasukkan balon ke dalam botol. Ingat tempatkan mulut balon tersebut di luar mulut botol. Anda bisa langsung meniupnya hingga botol yang digunting polanya mengikuti balon.

Dalam proses meniup, tenaga manusia sebenarnya sudah cukup. Namun jika balon yang ditiup berjumlah banyak, memakai mesin memang lebih mudah. Namun ingat, berhati-hatilah saat memakai mesin.

Jangan sampai kekuatannya terlalu besar hingga ukuran balon tidak terkontrol. Perlu diingat kalau balon perlu ditiup hingga ukurannya sama dengan botol. Jika peniupan dilakukan terlalu besar, bentuknya akan terlihat lebih aneh.

5. Lubangi Tutup Botol

Ambil tutup botolnya lalu lubangi bagian tengah tutup botol tersebut. Anda bisa membuat gantungan dengan menggunakan tali. Nantinya tali ini akan mempermudah ketika lampion tersebut akan digantung.

Sebelumnya sudah dijelaskan kalau benang yang perlu disiapkan adalah benang wol. Keberadaan benang wol ini sangat penting karena ukurannya lebih besar. Ini membuat kekuatan benang tersebut berada pada titik yang lebih baik.

Kesalahan utama yang sering dilakukan saat pembuatan lampion adalah pemotongan pola. Itu karena pemotongan sering dilakukan secara asal hingga setiap bagiannya tidak simetris. Nantinya hal tersebut membuat lampion yang tercipta terkesan kurang menarik. (SA)

Simak Juga : Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana

Tinggalkan Balasan