Cara Membuat Kerajinan dari Botol Aqua Bekas
Tutorial Cara Membuat Kerajinan dari Botol Aqua Bekas

Cara Membuat Kerajinan dari Botol Aqua Bekas

Alkisahnews.com – Banyak orang mencari cara membuat kerajinan dari botol aqua bekas. Perlu diketahui, botol aqua bekas sendiri memang bisa dibuat produktif. Karena ada banyak kerajinan yang bisa dibuat dari bahan ini.

Namun untuk membuatnya, dibutuhkan kreativitas tinggi. Jika kreativitas tinggi tidak dimiliki, mengubahnya menjadi sesuatu pasti terasa membingungkan. Sebenarnya Anda juga bisa mencari banyak informasi di internet terkait hal ini.

Baca Juga : Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana

Cara Membuat Kerajinan dari Botol Aqua Bekas

Banyak sekali ide dalam membuat kerajinan dari botol bekas. Mungkin bagi Anda yang sedang mencari ide-idenya, kami mempunyai cara membuat kerajinan dari botol bekas yang mudah dan unik. Oleh karena itu mari simak pembahasan kami berikut ini.

1. Celengan

Kerajinan pertama adalah celengan. Yang harus disiapkan adalah botol bekas, cat semprot, gunting, kertas warna warni, dan lem. Untuk membuatnya potonglah botol menjadi lebih pendek lalu satukan kembali.

Selanjutnya warnai permukaan botol tersebut dengan cat semprot yang sebelumnya sudah disiapkan. Selanjutnya gunakan juga kertas warna warni untuk menghiasnya.

Tahap terakhir tinggal melubangi botol tersebut sebagai jalan keluar masuk uang. Jika sudah dilubangi, proses pembuatan sudah selesai sepenuhnya.

2. Bunga Hias

Membuat bunga hias juga bisa dilakukan. selain botol aqua bekas, Anda juga perlu menyiapkan gunting, tangkai bunga plastik, dan lem. Untuk membuatnya, potong botol dengan mengikuti pola kelopak bunga yang ingin dibuat.

Buat potongan botol berbentuk kelopak tersebut sebanya mungkin. Gabungkan semuanya menggunakan lem hingga berbentuk seperti kelopak sungguhan. Selanjutnya, Anda bisa menggabungkan kelopak tersebut dengan tangkai plastik.

Jika tangkai plastik ini tidak ada, Anda sebenarnya bisa menggunakan sedotan. Buatlah sebanyak mungkin dan ini bisa dijadikan hiasan di berbagai tempat.

3. Mobil-mobilan

Membuat mobil-mobilan juga bisa dilakukan sebagai ide kerajinan dari botol bekas untuk anak sd. untuk membuatnya, siapkan botol plastik aqua bekas, empat tutup botol berukuran sama, cat air, lem tembak, spidol, kuas kecil, gunting, 2 batang sedotan besa, dan 2 batang sedotan kecil.

Sedang Trending :  Cara Membuat Empek-Empek dari Tepung Kanji, Wajib Coba

Dalam proses pembuatannya, gunting sedotan besar hingga sekitar 1 cm lebih panjang dari ukuran botol. Selanjutnya tempelkan memakai lem hingga kedua sedotan tersebut mengering. Pastikan keduanya ditempelkan dalam keadaan sejajar.

Selanjutnya ambil tutup botol lalu lubangi bagian tengahnya. Selanjutnya tempelkan tutup tersebut ke sedotan yang sebelumnya sudah ditempelkan. Di sini Anda bisa menggunakan lem yang sebelumnya disiapkan.

Terakhir Anda tinggal mewarnai mobil tersebut dengan spidol dan kuas kecil yang sebelumnya sudah disiapkan. Jika sudah selesai, mobil mobilan sudah bisa digunakan.

4. Tempat Pensil

Membuat tempat pensil lucu juga bisa dilakukan. Untuk membuat tempat pensil lucu, pastikan semua bahannya sudah siap. Bahannya sendiri cukup banyak antara lain botol plastik bekas, kain flanel, kardus, tali kur, lem tembak, dan gunting.

Untuk tahapan pertama, ambil kardus yang disiapkan lalu potong hingga berbentuk lingkaran. Selanjutnya lapisi potongan tersebut memakai kain flanel. Anda bisa langsung merekatkan keduanya menggunakan lem tembak.

Selanjutnya Anda bisa langsung memotong botol hingga ukurannya sesuai keinginan. Jangan lupa juga untuk menambahkan kain flanel dengan lem tembak supaya hasilnya memuaskan. Selanjutnya Anda bisa langsung menyusun kardus dan botol tersebut.

Susun keduanya hingga berbentuk layaknya tabung. Jangan lupa untuk merekatkan sisinya agar tabung tersebut tidak rusak. Tempat pensil lucu sudah selesai dan penggunaannya untuk aktivitas bisa dilakukan.

Perlu diketahui, pembuatan kerajinan memakai aqua bekas tidak berhenti sampai di sini. Itu karena ada banyak kerajinan lain yang bisa dibuat mulai dari lukisan hingga pot gantung. Penggunaan bahan ini sendiri memang tidak terbatas.

Satu-satunya pembatas yang mungkin muncul adalah kreativitas Anda. Oleh karena itu, tingkatkan kreativitas ini ketika membuatnya. (SA)

Tinggalkan Balasan