Cara Membuat Bakso Ayam dengan Tepung Terigu yang Terbaik
Tutorial Cara Membuat Bakso Ayam dengan Tepung Terigu yang Terbaik

Cara Membuat Bakso Ayam dengan Tepung Terigu yang Terbaik

Cara membuat bakso ayam dengan tepung terigu adalah hal yang banyak dicari. Pencarian terkait hal ini terjadi karena bakso tepung terigu sendiri terbilang sebagai hal unik. Dengan keberadaannya, seseorang bisa membuat bakso sendiri di rumah.

Bakso sendiri memang makanan yang cukup unik. Keberadaannya bisa ditambahkan dalam berbagai makanan. Memang penggunaannya di Indonesia sendiri sangat variatif. Seseorang bisa menggunakan ketika membuat sup, membakarnya, atau langsung menggorengnya.

Jika melihat dari cita rasa, bakso terigu dan bakso biasa sendiri merupakan dua hal yang berbeda. Jika dilihat sekarang, ada banyak orang yang jauh lebih menyukai bakso terigu dibanding yang biasa. Oleh sebab itu, pembuatannya perlu dilakukan sendiri.

Baca Juga : Cara Membuat Empek-Empek Dari Tepung Kanji

Cara Membuat Bakso Ayam dengan Tepung Terigu

Dalam membuat bakso pastikan semua poin yang dijelaskan diikuti dengan baik. Salah satu poin yang paling vital sendiri adalah bumbu yang nanti akan disebutkan. Jangan sampai ada satupun yang terlewat. Oleh karena itu, berikut ulasan mengenai cara membuat bakso menggunakan tepung terigu secara lengkap.

1. Siapkan Bahan

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan. Bahan pertama adalah 500 gram daging ayam dan tiga sendok makan tepung terigu. Jangan lupa juga untuk menyiapkan 60 gram putih telur dan 1 sendok makan merica dan garam peres.

Jangan lupa juga untuk mengambil bawang putih 5 siung dan baking powder sebanyak 1 sendok teh. Nantinya bahan pelengkap lain juga bisa ditambahkan sesuai selera.

2. Siapkan Daging

Selanjutnya adalah memasukkan daging yang sebelumnya sudah disiapkan ke dalam freezer. Ingat ini dilakukan agar daging tersebut beku dan mempermudah proses pemotongan. Oleh sebab itu, Anda bisa langsung memotong-motong daging tersebut jika sudah beku.

Potong saja daging tersebut sesuai selera lalu masukkan ke dalam blender. Perlu diketahui, sekarang cukup populer cara membuat bakso ayam dengan blender. Di sini Anda tinggal menunggu daging tersebut berubah menjadi halus.

Sedang Trending :  Resep Ayam Madu + Kedelai (Bagian Sayap)

3. Campur Bumbu

Ambil semua bumbu yang sebelumnya sudah disiapkan. Jika Anda memiliki tambahan bumbu sendiri sesuai selera, ini adalah tempat untuk menambahkannya. Jangan lupa untuk mencampurnya dengan blender hingga berubah menjadi pasta.

4. Padatkan Adonan

Padatkan adonan tersebut dengan cara menghentakkannya. Jika sudah padat, masukkan adonan tersebut ke dalam freezer selama 30 menit. Saat memadatkan adonan, pastikan daging yang sebelumnya disiapkan sudah dicampurkan.

Karena tahapan selanjutnya adalah memasak. Sering muncul kesalahan di mana daging yang sudah disiapkan lupa dimasukkan.

Simak Juga : Cara Membuat Ayam Kecap Yang Enak Dan Simple

5. Masak Adonan

elanjutnya adalah memasak adonan. Untuk memasak adonan, didihkan air hingga berada pada titik maksimal. Selanjutnya bulatkan adonan yang sebelumnya disiapkan lalu masukkan ke air mendidih.

Saat pertama kali dimasukan ke air mendidih, bakso akan tenggelam ke bawah panci. Di sini Anda tinggal menunggu hingga bakso tersebut mengambang sempurna. Jika sudah mengambang, ini membuktikan jika baksonya sudah matang dan siap dikonsumsi.

6. Angkat

Pada fase ini, Anda bisa langsung mengangkat bakso tersebut dan memasukkannya ke dalam air dingin. Ingat proses ini penting agar menghindari bakso matang sepenuhnya. Nantinya bakso akan kembali mengambang di air dingin.

Tunggu hingga bakso tersebut tenggelam yang membuktikan kalau proses pematangannya sudah berhenti. Jika sudah tenggelam, langsung saja angkat bakso tersebut dan pindahkan ke wadah yang kering. Tentunya bakso sudah sepenuhnya siap.

Pastikan untuk memperhatikan proses pencampuran bumbu. Jangan sampai bumbu yang dicampur belum pada kondisi yang benar-benar halus. Jika ini tidak diperhatikan, besar kemungkinan kematangan bakso tidak sempurna. (SA)

Baca Juga : Cara Membuat Tempe Bacem Yang Enak dan Gurih

Tinggalkan Balasan