Cara Membuat Rekening untuk Anak Dibawah 17 Tahun
Tips Cara Membuat Rekening untuk Anak Dibawah 17 Tahun

Cara Membuat Rekening untuk Anak Dibawah 17 Tahun

Alkisahnews.com – Cara membuat rekening untuk anak dibawah 17 tahun sebenarnya sangat mudah. Jika mau sedikit belajar, seseorang pasti bisa mempraktikannya sendiri. Namun masalahnya, pengetahuan akan hal ini bisa dikatakan sangat kurang.

Normalnya seseorang akan menunggu hingga usia 17 tahun dan baru bisa membuat rekening sendiri. Ada satu alasan yang menyebabkan ketidaktahuan tersebut. alasan tersebut berhubungan dengan informasi yang tidak sampai ke masyarakat.

Terlebih lagi kebutuhan rekening pada anak di bawah 17 tahun sendiri masih kurang. Dengan kurangnya kebutuhan tersebut, informasi yang tersebar terkait hal ini masih kurang. Namun ingat, sedikitnya informasi bukan berarti prosesnya tidak bisa dilakukan.

Cara Membuat Rekening untuk Anak Dibawah 17 Tahun

BRI adalah salah satu bank yang bisa membuat rekening untuk anak di bawah 17 tahun. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan cara membuat rekening di bank BRI. Perlu diketahui, proses pembuatannya sendiri terbagi dua.

Pertama adalah proses untuk anak berusia 0-12 tahun dan kedua adalah proses untuk anak berusia 12-17 tahun. Nantinya Anda bisa menyesuaikan teknik pembuatan sesuai usia anak. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara membuat rekening BRI untuk anak dibawah 17 tahun.

1. Anak 0-12 Tahun

Cara pertama adalah untuk anak usia 0 sampai 12 tahun. Ketika ingin membuatnya, perlu dipastikan jika orang tua juga memiliki rekening BRI. Rekeningnya sendiri bisa BRI BRItama atau Simpedes. Jika orang tua belum memilikinya, pembuatan bisa dilakukan terlebih dulu.

Jika orang tua sudah memiliki tabungan BRI, langsung saja datang ke cabang BRI terdekat untuk pembuatan rekening anak. Caranya cukup mudah karena Anda tidak mengutarakan pada satpam mengenai tujuan pembuatan rekening anak.

Nantinya satpam akan memberikan form aplikasi pembukaan rekeningnya. Isilah form tersebut dengan data yang sebenar-benarnya. Sebagai catatan, jangan lupa membawa kartu keluarga atau akta kelahiran ketika pembuatan rekening dilakukan.

Sedang Trending :  Cara Membuat Miss V Keset Saat Berhubungan Agar Selalu Harmonis

Nantinya setelah mengisi form, ada uang yang perlu dibayarkan. Uangnya sendiri adalah 100 ribu rupiah dan akan masuk sebagai setoran awal. Pada tahap ini, orang tua akan ditanya apakah memiliki NPWP atau tidak. Jika punya, fotocopy NPWP tersebut akan diminta.

Pada tahap ini, Anda tinggal menunggu hingga proses tersebut selesai. Nantinya jika sudah selesai, tabungan khusus anak akan langsung diberikan. Tabungan itu bisa digunakan untuk belajar menabung atau aktivitas anak lain.

Sebenarnya tabungan tersebut bisa juga tetap digunakan oleh orang tua. Hanya saja keberadaannya bisa dipakai untuk menyimpan uang khusus untuk anak.

2. Anak 12-17 Tahun

Jika anak berusia 12 sampai 17 tahun, cara membuat rekening BRI untuk anak dibawah 17 tahun sedikit berbeda. Di sini orang tua tidak perlu datang untuk membuat rekening. Anak bisa langsung datang sendiri namun dengan membawa beberapa persyaratan.

Persyaratannya sendiri antara lain fotokopi KTP orang tua dan surat pernyataan orang tua. Jika sudah sampai ke kantor BRI dengan membawa persyaratan tersebut, langsung saja ambil nomor antrean di customer service.

Jika Anda sedikit kebingungan, bisa juga dengan mengutarakan ke satpam terkait tujuan pembuatan rekening tersebut. nantinya anak akan diminta mengisi form pembuatan rekening. Selain itu, anak juga akan diminta untuk menunjukkan kartu pelajar.

Jika semua form sudah selesai, anak tinggal membayar sebesar 150 ribu rupiah sebagai setoran awal. Jika setoran awal sudah diberikan, pembuatan rekening sudah selesai dan menabung bisa mulai dilakukan.

Menyuruh anak untuk menabung sendiri adalah keputusan tepat. dengan cara ini, kemandirian anak akan terbangun dan hal tersebut akan berguna di masa depan. Perlu diingat kalau kebiasaan menabung ini sangat kurang bagi warga Indonesia. (SA)

Tinggalkan Balasan