Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana
Panduan Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana

Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana

Alkisahnews.com – Cara membuat pola baju anak perempuan sederhana merupakan sesuatu yang sangat berguna. Dengan membuat pola, pakaian yang dihasilkan pasti memuaskan. Masalah pakaian yang tidak memuaskan sendiri memang sering dirasakan masyarakat.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya hal ini. Salah satunya terletak pada produsen yang hanya mengikuti kondisi pasar. Biasanya produsen akan memproduksi pakaian yang laku dalam jumlah banyak. Nantinya Anda sebagai konsumen akan merasa bosan.

Sebenarnya di kondisi tersebut, Anda masih bisa mencari ke tempat lain. Karena jenis pakaian seperti yang diinginkan pasti didapat jika ketelitian dimiliki. Namun jika malas mencarinya, membuat pola sendiri adalah pilihan yang lebih tepat.

Cara Membuat Pola Baju Anak Perempuan Sederhana

Dalam cara membuat pola baju anak untuk pemula, semua tambahan bisa disesuaikan dengan keinginan. Namun ada beberapa patokan yang tidak boleh terlupakan.

Patokan ini sendiri berhubungan dengan ukuran dari pakaian tersebut. Jika patokan ini tidak diikuti, hasilnya pasti terkesan aneh. Anda pasti akan kecewa dengan kondisi tersebut.

Oleh karena itu, berikut ulasan lengkap mengenai ukuran pola baju anak perempuan yang perlu diperhatikan.

1. Lingkar

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pola lingkar. Dalam pola lingkar, ada empat hal utama yang perlu diperhatikan. Keempat hal tersebut antara lain lingkar badan, pinggang, lengan bawah, dan kerung lengan.

Tentu angkanya sendiri berbeda-beda. Untuk lingkar badan, angka yang perlu disiapkan adalah 56 cm. Untuk lingkar pinggang, angkanya sedikit lebih kecil di 54 cm. Lingkar lengan bawah sendiri adalah 17 cm dan lingkar kerung lengan adalah 24 cm.

2. Panjang

Selain bagian lingkar, bagian panjang juga wajib diperhatikan. Lebih sedikit dari bagian lingkar, hanya ada tiga poin pada bagian panjang yang perlu diperhatikan. Ketiga poin tersebut antara lain panjang punggung, gaun, dan lengan.

Sedang Trending :  Cara Membuat Martabak Manis Teflon Rumahan Sederhana

Untuk panjang punggung, pastikan angkanya mencapai 22 cm. Lalu untuk panjang gaun, angkanya sendiri adalah 42 cm. Terakhir adalah panjang lengan karena angkanya jauh lebih pendek yaitu 10 cm.

3. Lebar

Terakhir adalah bagian lebar. Sama seperti bagian panjang, bagian lebar yang perlu disiapkan sendiri adalah tiga hal. Ketiga hal tersebut antara lain lebar punggung, bahu, dan dada.

Untuk angkanya, lebar punggung dan dada cukup mirip. Angka lebar punggung adalah 23 cm dan angka lebar dada adalah 22 cm. Sedangkan untuk lebar bahu, angkanya jauh lebih kecil karena hanya 8 cm.

Keunggulan Membuat Pola Baju Sendiri

Perlu diketahui, membuat pola baju sendiri sangat menguntungkan. Itu karena ada beberapa keunggulan yang akan terasa dibandingkan dengan membeli pakaian atau pola orang lain. Untuk lebih lengkap, berikut beberapa keunggulan tersebut.

1. Bisa Disesuaikan

Keunggulan pertama terletak pada penyesuaian. Ketika membuat pola sendiri, Anda bisa menyesuaikan pola tersebut dengan kondisi badan anak. Ini membuat ukuran pakaian yang dihasilkan sesuai keinginan.

2. Skill

Keunggulan selanjutnya yang akan terasa berhubungan dengan skill. Nantinya skill Anda terkait hal ini akan terasah. Tentu skill tersebut akan sangat berguna di masa depan. Perlu diingat, tidak semua orang memahami teknik pembuatan pola tersebut.

3. Bebas

Saat menciptakan sebuah pakaian, Anda pasti memiliki mimpi untuk membuat pakaian sendiri. Ketika membeli dari orang lain, mimpi tersebut pasti akan kurang. Kondisi berbeda akan terasa ketika membuat pola sendiri karena kebebasan akan sepenuhnya didapat.

Perlu diingat, pembuatan pola perlu dilakukan secara detail. Jika ada satu poin saja yang terlewat, hasilnya pasti tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, jangan sampai ada kesalahan dalam pembuatan pola walaupun angkanya hanya 1 atau 2 cm. (SA)

Tinggalkan Balasan