Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan EM4
Panduan Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan EM4

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan EM4

Alkisahnews.com – Cara membuat pakan kambing fermentasi dengan EM4 sebenarnya sangat mudah. keberadaannya sendiri bisa dikatakan sangat berguna. Itu karena pakan tersebut mengandung banyak gizi yang bermanfaat dalam pertumbuhan kambing.

Perlu diingat, EM4 sendiri adalah bahan yang mengandung banyak hal positif. Dengan mengonsumsinya, daya tahan tubuh dari kambing akan menjadi maksimal. Namun ingat, perlu diperhatikan agar proses pembuatannya dilakukan dengan baik.

Jika cara membuat pakan ternak fermentasi dilakukan secara asal, bukan tidak mungkin kandungan yang didapat kambing tidak maksimal. Terdapat banyak masalah di mana pemilik kambing kecewa karena gizi yang didapat hewan peliharaannya tidak maksimal.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan EM4

Jika anda sedang mencari cara membuat pakan kambing fermentasi dengan EM4 secara manual, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, akan diulas lebih lanjut mengenai beberapa tahapan yang perlu dilewati.

Perlu diingat, perhatikan setiap tahapan tersebut dengan baik. jangan sampai berakhir kecewa hanya karena sembarangan dalam melewati setiap tahapannya. Oleh sebab itu, berikut cara membuatnya.

1. Siapkan EM4

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan EM4nya. Menyiapkan EM4 sendiri sangat mudah karena keberadaannya tidak sulit ditemukan. Untuk mendapatkannya, langsung saja datang ke toko pertanian atau toko peternakan.

Mintalah EM4 dan langsung saja beli ketika diberikan. Jangan sampai terkejut ketika melihat bentuknya secara langsung. Itu karena EM4 ini berbentuk layaknya prebiotik normal.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Persiapan akan peralatan dan bahan juga perlu dilakukan. alat dan bahannya sendiri sangat mudah ditemukan. Anda hanya perlu menyiapkan jerami, gedebog pisang, dan rumput hijau. Perlu diketahui, jangan lupakan juga persiapan tempat.

Tempat yang perlu disiapkan sebaiknya berukuran besar. Nantinya tempat tersebut akan berguna saat pencampuran bahan dan fermentasi.

Sedang Trending :  Cara Membuat Akun Gmail (Email Google)

3. Potong Semuanya

Tahapan selanjutnya adalah memotong semua bahan hijau yang sudah disiapkan. Sebenarnya ada beberapa orang yang tidak memotong bahan tersebut terlebih dahulu. Perlu diingat, itu merupakan kesalahan.

Jika tidak dipotong terlebih dahulu, prosesnya akan menjadi semakin lambat. Oleh sebab itu, potonglah semuanya hingga ukurannya kecil dan seragam.

4. Larutkan Tetes Tebu

Selanjutnya adalah melarutkan tetes tebu dan EM4 hingga berbentuk menjadi satu. Jika tidak ada tetes tebu, anda juga bisa memakai air gula. Untuk melihat takarannya, gunakan saja yang dijelaskan pada wadah EM4.

5. Siapkan Terpal

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan terpal. Terpal sendiri digunakan untuk mengaduk semua bahan tersebut. Nantinya akan lebih baik jika cairan prebiotik dicampur di atas terpal. Hal tersebut membuat pencampurannya menjadi lebih leluasa.

6. Masukkan ke Wadah

Jika sudah tercampur secara merata, masukkan semua bahan tersebut ke dalam wadah. Perlu diingat kalau bahan perlu dimasukkan ke wadah sambil diinjak-injak. Ini diperlukan untuk memastikan kalau bahan tersebut masuk dengan padat.

Itu karena kondisi bahannya secara tekstur memang kurang padat. Akan merugi jika penyimpanan yang dilakukan tidak maksimal.

7. Tutup Rapat

Ketika bahan dimasukkan ke wadah, proses fermentasi akan dimulai. Di sini anda perlu memastikan kalau wadah tersebut tertutup sempurna. Jika ada tempat masuk udara, proses fermentasi pasti tidak sempurna.

8. Perhatikan Waktunya

Tahapan terakhir tinggal menunggu hingga proses fermentasi pakan kambing sederhana selesai. Waktu tunggunya sendiri adalah sekitar 2 minggu. Jika waktu tunggunya sudah sampai, buka wadah tersebut dan berikan pakannya pada ternak.

Beberapa orang sering tidak sabaran saat membuat pakan ini. Ingat jangan sampai waktu tunggunya dipangkas tanpa ada alasan jelas. Jika itu dilakukan, pros (SA)

Tinggalkan Balasan