Cara Membuat Nasi Tim untuk Bayi 9-12 Bulan
Panduan dan Tutorial Cara Membuat Nasi Tim untuk Bayi 9-12 Bulan

Cara Membuat Nasi Tim untuk Bayi 9-12 Bulan

Alkisahnews.com – Cara membuat nasi tim untuk bayi 9-12 bulan terbilang sebagai hal penting. Ingat proses pembuatannya tidak boleh dilakukan secara asal. Nasi tim tersebut perlu dibuat dengan gizi tinggi dan menghindari penambahan zat berbahaya.

Selain itu, proses pembuatannya juga perlu diperhatikan agar gizi di dalam nasi tim tidak menghilang. Perlu diingat, akan sangat berbahaya jika keberadaan gizi ini tidak dijadikan fokus utama. Karena bayi usia 9 sampai 12 bulan masih dalam tahap pertumbuhan.

Jika pertumbuhan tersebut tidak dibarengi dengan gizi yang cukup, bukan tidak mungkin akan ada hambatan ke depannya. Hambatan tersebut tentu akan berpengaruh terhadap kondisi bayi ketika sudah semakin besar.

Cara Membuat Nasi Tim untuk Bayi 9-12 Bulan

Jika Anda belum mengetahui cara membuat nasi tim untuk bayi 9 bulan, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini, kami akan ulas lebih lanjut beberapa tahapan yang bisa dilalui. Berikut beberapa tahapannya.

1. Cek Bahan

Tahapan pertama ketika ingin membuat nasi tim adalah mengecek bahan. Pastikan semua bahannya sudah siap. Perlu diketahui, bahan-bahannya sendiri tidak sulit ditemukan. Bahan pertama yang perlu disiapkan adalah 1 cup beras putih.

Selain itu jangan lupa juga untuk menyiapkan bayam merah. Jumlahnya tidak banyak karena cukup dengan 1 ikat. Selanjutnya adalah potong wortel setengah saja. Perlu diingat, wortel yang disiapkan harus diserut terlebih dahulu.

Jangan lupa juga menyiapkan 1 tahu yang sudah dipotong kecil-kecil. Perhatikan juga keberadaan dada ayam. Dada ayam yang harus disiapkan sebanyak setengah dengan dipotong kecil-kecil.

Kaldu ayam yang perlu disiapkan sendiri sebanyak 100 sampai 200 ml. Terakhir adalah keju yang harus ada sebagai penyedap rasa.

2. Rebus Kaldu

Selanjutnya adalah merebus air kaldu di dalam panci. Setelah air kaldu direbus, tambahkan juga beras putih yang sebelumnya disiapkan. Normalnya, akan lebih tepat jika beras putih ditambahkan saat kaldu sudah mendidih.

Sedang Trending :  Cara Membuat Wajik Ketan

Nantinya Anda bisa langsung mengaduk pencampuran keduanya hingga merata sempurna. Jika sudah terlihat merata, langsung saja berpindah ke tahap berikutnya.

3. Masukkan Bahan

Tahapan selanjutnya dalam cara membuat nasi tim untuk bayi 11 bulan adalah memasukkan bahan. Bahannya sendiri seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama yaitu ayam, tahu, wortel, dan bayam.

Perlu diingat, perhatian utama saat memasukkan bahan terletak pada teksturnya. Pastikan bahan tersebut sudah dipotong hingga berukuran kecil.

Jika bentuknya masih besar, bayi berusia 9 sampai 12 bulan akan kesulitan mengonsumsinya. Namun ingat, jangan menggunakan blender ketika menghaluskan bahan tersebut.

4. Tunggu

Ketika pencampuran sudah dilakukan, Anda tinggal menunggu hingga nasi menjadi lembek. Ingat jangan langsung diangkat ketika nasi sudah lembek. Lihat apakah bahan-bahannya sudah tercampur secara sempurna. Jika sudah tercampur, baru lanjut ke tahap berikutnya.

5. Tambahkan Keju

Di sini Anda tinggal memasukkan keju yang sebelumnya sudah disiapkan. Perlu diingat, keju ini tidak ditambahkan ketika mencampur bahan karena rasanya berpotensi hilang. namun dengan dimasukkan pada tahap akhir, rasa kejunya akan lebih menonjol.

6. Angkat

Jika tambahan rasa kejunya dirasa sudah selesai, Anda bisa langsung mengangkat bubur tersebut. Ketika mengangkatnya, pastikan untuk memberikan pada bayi dalam kondisi yang benar-benar dingin. Sedikit hangat memang boleh tetapi jangan sampai lidah bayi panas.

Kunci utama dari pembuatan nasi tim ini terletak pada pencampuran bahan. Selain itu, perhatikan juga proses masaknya supaya semua bahan sudah tercampur sempurna. Jika bahannya belum tercampur, hasilnya pasti tidak maksimal. (SA)

Tinggalkan Balasan