Cara Membuat Empek-Empek dari Tepung Kanji
Tutorial Cara Membuat Empek-Empek dari Tepung Kanji

Cara Membuat Empek-Empek dari Tepung Kanji, Wajib Coba

Makanan khas Palembang ini banyak digemari banyak orang di Indonesia, cara membuat empek-empek dari tepung kanji seringkali membutuhkan bahan utama seperti ikan tenggiri. Namun ternyata empek-empek dapat dibuat hanya dari tepung kanji.

Bagi Anda penggemar makanan ini, tidak perlu khawatir lagi mencari ikan ternggiri. Karena dengan tepung kanji Anda sudah bisa membuat serta menyajikan empek-empek dengan rasa yang tidak kalah enak.

Saat ini tak sedikit warung makan sampai restoran mempunyai menu empek-empek, namun Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Cara membuat empek-empek dari tepung kanji tanpa ikan tidak lah sulit dan sangat sederhana, Anda dapat membuatnya kapanpun.

Baca Juga : Cara Membuat Tempe Bacem Yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Empek-empek Dari Tepung Kanji

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sajian ini adalah bahan-bahan utama seperti ikan tenggiri dan tepung kanji. Namun jika tidak ada ikan tenggiri Anda bisa hanya menggunakan tepung kanji atau bisa juga mengganti ikannya dengan ikan gabus, lele, atau tongkol.

Namun, rasa pempek akan berbeda jika dimasak menggunakan ikan tenggiri. Berikut merupakan berbagai variant pempek dan cara memasaknya.

1. Pempek Panggang

Variant ini masih sulit ditemukan di berbagai restaurant, hanya di beberapa tempat saja yang menyediakan menu tersebut, Anda bisa mencoba membuat sendiri dirumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung kanji, ikan(jika ada).

Tepung terigu, garam, cabai rawit, ebi, kecap manis, dan air hangat. Cara membuatnya dimulai menyiapkan adonan dengan mencampurkan tepung, air dan garam menggunakan sebuah baskom.

Campurkan dengan tepung sagu agar adonan tidak menempel, bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih, lalu siapkan pemanggang, panggang adonan pempek sampai bewarna kecoklatan.

Sembari memanggang, buat saosnya menggunakan cabai rawit, kecap manis, ebi dan air hangat, campur bahan menjadi satu. Jika pempek sudah bewarna kecoklatan, angkat dan sajikan.

Sedang Trending :  Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening, Mudah dan Mantap

Simak Juga : Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening

2. Variant Putih Telur

Variant yang satu ini adalah cara membuat empek-empek sederhana menggunakan tepung kanji serta putih telur. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah putih telur, tepung terigu, kaldu bubuk, minyak goreng, bawang putih.

Cara pembuataanya cukup mudah dimulai dari membuat adonan menggunakan putih telur, tepung, kaldu bubuk serta bawang putih, blender seluruh adonan agar menjadi halus dan mudah dibentuk.

Berikin sedikit minyak agar adonan tidak lengket. Tuang adonan kedalam wadah tambahkan daun bawang lalu kukus adonan selama 20 menit hingga matang. Setelah itu angkat dan dinginkan, potong pempek lalu goreng sebentar dan sajikan.

Cara membuat saos cukonya, siapkan air, gula merah, asam jawa, serta haluskan bumbu seperti bawang putih, cabai rawit, garam, kaldu ayam, dan ebi. Rebut air dan gula merah terlebih dahulu lalu masukkan bahan-bahan yang sudah tertulis diatas.

3. Pempek Isi Keju

Variant ini banyak digemari oleh banyak orang terutama anak-anak, cara pembuatannya juga cukup mudah, sebelum itu persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya air, tepung terigu, garam gula, telur, bawang putih, tepung tapioka atau sagu.

Cara membuat empek-empek ini dimulai dengan masukkan seluruh bahan ke dalam panci anti lengket kemudian nyalakan api, masak dengan api kecil hingga adonan matang. Setelah itu balurkan dengan tepung sagu dan bentuk adonan sesuai selera.

Jangan lupa untuk menambahkan keju didalam adonannya, goreng pempek yang sudah terbentuk, kemudian sajikan. Bisa disajikan kering bisa juga menggunakan saos cuko yang bahan dan pembuatannya sama seperti nomer dua.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perhatikan bahan-bahannya. Cukup simple dan mudah bukan cara membuat pempek tanpa ikan yang sudah dijabarkan di atas. (SA)

Baca Juga : Cara Membuat Martabak Mini Manis Sederhana di Rumah

Tinggalkan Balasan