Cara Membuat Ayam Kecap yang Enak dan Simple
Tutorial Cara Membuat Ayam Kecap yang Enak dan Simple

Cara Membuat Ayam Kecap yang Enak dan Simple Berikut Ini

Cara membuat ayam kecap yang enak dan simple merupakan incaran banyak keluarga mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Karena rasanya yang manis dan gurih memberikan kesan tersendiri. Menu ini bisa disajikan menggunakan nasi hangat dan bisa di santap bersama keluarga.

Olahan ayam kecap ini merupakan salah satu resep kuliner Indonesia karena dimasak dengan rempah-rempah pilihan yang membuat rasanya menjadi special. Proses memasaknya juga sangat simple dan sederhana, jadi bisa dilakukan oleh siapa saja.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu yang enak cukup mudah ditemui di pasar atau supermarket, jadi Anda dapat membuatnya kapan saja. Daripada membeli makanan siap saji diluar terus lebih baik Anda mencoba memasaknya sendiri.

Baca Juga : Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening

Cara Membuat Ayam Kecap yang Enak dan Simple

Olahan ayam bisa dijadikan beberapa variasi. Jadi bisa juga menghasilkan rasa lebih enak dan terjamin karena campuran bumbu-bumbunya akan membuat cita rasa kuahnya semakin lebih terasa di lidah.

Berikut merupakan beberapa variant menu yang enak beserta bumbu ayam kecap kampung sederhana yang bisa langsung Anda praktikkan dirumah.

1. Variant Suir

Jika Anda tidak suka memakan ayam karena gangguan tulang-tulangnya, Anda bisa mencoba membuat yang versi suir, hal ini akan membantu memakan Anda jadi lebih mudah dicerna.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut; daging bagian dada, 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 buah cabe merah(sesuaikan dengan selera), 2 buah cabe rawit, 1 buah kemiri, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk.

Garam, gula pasir, kecap manis, lada, kaldu bubuk dan air secukupnya. Untuk cara memasaknya; pertama rebus terlebih dahulu ayamnya sampai empuk, kemudian suwir-suwir menjadi bagian-bagian tertentu.

Jika sudah lanjut pada tahapan bumbu, haluskan rempah-rempah yang sudah disebutkan diatas menggunakan blender atau diulek. Jika sudah ongsen rempah-rempah tersebut di wajan menggunakan sedikit air.

Sedang Trending :  Cara Membuat Batagor Sederhana dari Tepung Terigu

Lalu, masukkan ayam yang telah disuir, dan masak hingga mateng, setelah itu menu siap untuk disajikan.

2. Variant Mentega

Variant ini yang membuat menu ini menjadi popular, resepnya juga sangat sederhana. Untuk bahan-bahannya sendiri Anda membutuhkan daging, tomat, daun bawang, mentega, air secukupnya, bawang putih, bawang merah.

Bawang Bombay, kecap manis, saus tiram, saus tomat, minyak wijen, lada bubuk, kecap manis atau lebih disarankan menggunakan jenis inggris. Untuk cara membuatnya Anda memerlukan wajan yang diisi air secukupnya dan dicampurkan dengan beberapa bahan.

Seperti kecap manis, saus tiram, minyak wijen, mentega secukupnya, kemudian masukkan daging tersebut, sembari menunggu air mendidih siapkan bumbu yang harus dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, tomat serta bawang Bombay.

Masukkan bumbu halus ke dalam wajan, dan masak ayam sampai air rebusannya menjadi mengentai, setelah itu siap untuk disajikan dengan nasi hangat.

3. Variant Saus Tiram

Untuk membuat ayam kecap yang enak Anda bisa menambahkannya dengan saus tiram agar rasanya menjadi lebih unik, bahan-bahan yang harus disiapkan adalah ayam, jeruk nipis, minyak goreng, bawang bombai, saus tiram, kecap manis, air secukupnya.

Cara masaknya sangat mudah yaitu dengan memulai mencuci bersih serta menggoreng ayam tersebut, setelah itu tumis bumbu yang lainnya seperti bawang bombai, saus tiram, kecap manis serta jeruk nipis. Lalu, masak hingga semua bumbu meresap, kemudian sajikan.

Anda dapat mencoba resep ayam kecap manis, untuk menghasilkan menu yang enak Anda perlu memperhatikan bumbu-bumbunya dan cara memasaknya. (SA)

Tinggalkan Balasan