Cara Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih Praktis
Tutorial Cara Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih Praktis

Cara Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih Praktis

Alkisahnews.com – Cara membuat tempe bacem yang enak dan gurih tidaklah sulit, karena olahan tempe ini dapat dibuat dengan semua orang menggunakan resep yang ada. Tempe bacem banyak menjadi makanan favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan gurih.

Masakan khas Yogyakarta ini memberikan rasa lezat serta ramah di kantong, memberikan banyak protein dan bisa dioleh kembali menjadi beberapa alasan seperti bacem, orek dan masih banyak lagi.

Banyak orang masih saja bingung mengenai cara membuat bacem tempe yang enak. Padahal proses pembuatannya sangat sederhana seperti menggunakan bumbu putih, gula merah serta kecap manis.

Terdapat banyak resep serta video proses pembuatan, namun tempe bacem yang memiliki rasa unik hanya bisa dimasak dengan orang-orang tertentu. Oleh karena itu Anda harus benar-benar memahami bumbu dapur agar bisa menciptakan rasa yang unik.

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Krispi Dengan Tepung Biasa

Bahan Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih

Walaupun pernah menjadi symbol kemiskinan, saat ini masakan baceman menjadi favorit banyak orang, bukan hanya karena harga yang murah, namun juga dapat memenuhi protein yang diperlukan oleh tubuh.

Membuat tempe bacem yang enak dan gurih harus mengikuti resep dan proses pembuatan yang benar, termasuk juga dalam memperhatikan beberapa hal terpenting, agar tidak gagal dalam proses pembuatannya.

Siapkan bahan yang dibutuhkan, hal ini merupakan step pertama cara membuat tempe bacem. 1 tempe, potong dengan ketebalan normal, kira-kira 2cm, 2cm lengkuas, haluskan, 2 lembar daun salam, 1 Sendok makan gula merah, 3 Sdm kecap.

100ml minyak sayur,1 sendok the garam, 500ml air kelapa, dan Cabai rawit merah(optinal), persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, jika sudah kita akan lanjut pada bumbu halusnya.

Simak Juga : Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Sajiku

Sedang Trending :  Cara Membuat Miss V Keset Saat Berhubungan Agar Selalu Harmonis

Berikut Ini Bumbu Halus dan Cara Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih

Yang harus disiapkan, 4 siung bawah putih, 6 siung bawang merah, 2 butir kemiri, ½ sendok the ketumbar. Seluruh bumbu diatas dihaluskan, bisa dengan belender, tapi jika tidak memiliki blender bisa menguleknya saja. Berikut merupakan proses cara membuat serta resep tempe bacem spesial :

  1. Potong dengan sesuai selera.
  2. Haluskan semua bumbu terlebih dahulu, disarankan menggunakan blender.
  3. Siapkan air rendaman, seperti air kelapa, lengkuas, daun salam serta gula merah.
  4. Panaskan air di panci dan masukkan gula merah, garam, serta kecap manis
  5. kemudian masukkan ke air yang sudah panas tersebut, sembari mencampurkan kecap manis didalamnya.
  6. Setelah dimasak beberapa waktu, siapkan minyak panas untuk menggorengnya.
  7. Goreng sampai bewarna kecoklatan, setelah digoreng siap untuk sajikan.

Meski terlihat sangat sederhana dan mudah, cara membuat tempe bacem membutuhkan trik khusus agar rasa lebih enak dan gurih, salah satu triknya adalah jangan berpatokkan pada takaran yang diminta pada resep.

Rasa manis yang diberikan tidak boleh berlebihan, serta proses masak juga bergantung pada ketebalan tempe, cenderung memiliki ukuran yang tebal, kurang lebih 3cm, membuat sajian ini harus dimasak sedikit lama agar bumbu nya dapat meresap dengan baik.

Usahakan buat rasa unik yang Anda ciptakan sendiri dengan mengurangi atau menambahkan bumbu-bumbu tertentu. Anda bisa langsung mempraktekkannya dirumah, jangan takut untuk gagal. Karena masakan yang enak datang dari berbagai percobaan.

Anda bisa sajikan hidangan tersebut menggunakan nasi panas dan bisa juga dengan tambahan sayur kangkung atau sayur campur. Cara membuat tempe bacem pedas manis di atas merupakan proses yang paling mudah untuk ditiru dan di praktikkan untuk Anda. (SA)

Tinggalkan Balasan